Home / Hardware / Keyboard / Fungsi Tombol ESC Pada Keyboard Pada Mac OS dan Windows

Fungsi Tombol ESC Pada Keyboard Pada Mac OS dan Windows

Setiap keyboard komputer bisa dipastikan memiliki tombol atau sering dikenal dengan istilah ESCAPE. Istilah ESCAPE tersebut tentunya diambil Dari standar internasional iso/iec 9995. Tombol ESCAPE tersebut dimanfaatkan sebagai sebuah karakter ESCAPE yang mana pada komputer tentunya memiliki sejumlah fungsi. Secara umum letak dari tombol ESCAPE atau ESC adalah pada sisi kiri atas. Posisinya satu baris dengan tombol fungsi dari F1 sampai dengan F12. Lalu, Apa saja fungsi tombol ESC pada keyboard? Silahkan anda simak terus ulasan pada artikel berikut ini untuk mendapatkan jawabannya.

Fungsi Tombol ESC Pada Keyboard Pada Mac OS dan Windows

Sejarah pembuatan tombol ESCAPE atau ESC

Seseorang yang mengawali pembuatan tombol adalah bob bemer. Beliau adalah salah seorang program komputer yang berkantor di IBM. Tombol ESC tersebut dibuat di tahun 1960 supaya setiap programmer yang membuat kode-kode bahasa pemrograman pada waktu itu dapat beralih antar kode dengan mudah saat bekerja.

Tombol ESC pada keyboard mulai sedikit mengalami perubahan fungsi ketika setiap pemakai komputer tidak terlalu fokus pada proses penggunaan sejumlah perangkat yang digunakannya. Tombol ESC oleh setiap programmer software dirancang untuk bisa digunakan di dalam memberikan perintah stop.Salah satu contohnya, Pada saat kita menggunakan komputer bersistem operasi Windows, tombol ESCAPE atau dipakai sebagai salah satu shortcut pada jendela yang memberikan perintah quit, No ataupun abort.

Popularitas tombol ESCAPE sering digunakan dan dimanfaatkan pada pemakaian software browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Safari, Opera di dalam memberikan perintah stop supaya software browser  menghentikan proses loading halaman website yang sedang dikunjunginya.

Pada laptop ataupun PC yang memakai sistem operasi Windows, Ternyata tombol ESC dapat dikombinasikan dengan tombol CTRL yang bisa dimanfaatkan untuk membuka Start menu. Langkahnya adalah dengan cara menekan serta menahan tombol CTRL diikuti dengan menekan tombol ESC. Pemakaian tombol CTRL + ESC masih dapat dimanfaatkan sampai sekarang ini, termasuk pada sistem operasi Windows terbaru yaitu Windows 10. Pihak Microsoft membuat tombol ESC  bisa berfungsi untuk mewakili beberapa shortcut yang tentunya di kombinasikan dengan tombol yang lainnya. Tombol ESC tersebut tentunya sudah difungsikan oleh pihak Microsoft mulai munculnya sistem operasi Windows 3 sampai dengan Windows 10.

Baca Juga:   Fungsi Tombol Tab Pada Keyboard

Fungsi tombol ESC pada Mac OS

Pada sistem operasi buatan Apple ini, tombol ESC dipakai untuk memberikan perintah cancel dan close pada sebuah sheet atau sebuah jendela dialog. Dengan memanfaatkan kombinasi sejumlah tombol, yaitu Command+Option+ESC akan memiliki kegunaan untuk menampilkan jendela dialog force quit yang dimanfaatkan untuk menstop dengan paksa program yang mengalami not responding atau tidak merespon pada saat sedang digunakan. Istilah yang sering digunakan untuk saat ini adalah hang.

Selain itu, tombol ESC juga memiliki fungsi guna beralih ke menu front row apabila menu tersebut telah terinstal. Untuk memanfaatkan menu tersebut digunakan kombinasi tombol ESC+ command. Apakah anda senang bermain game pada komputer mac OS? Apabila Iya, maka anda bisa mencoba untuk menggunakan tombol ESC sebagai ganti Untuk menghentikan atau pause dari game yang sedang dimainkan. Selain itu, tombol ESC juga bisa digunakan untuk menampilkan option atau menu pada sebuah game, salah satunya adalah dipakai untuk menampilkan menu Keluar atau Exit dari game.

Baca Juga:   Fungsi Tombol Page Up Pada Keyboard

Fungsi tombol ESC pada Windows

Rata-rata, tombol ESC pada sistem operasi Windows memiliki fungsi apabila di kombinasikan dengan tombol yang lainnya. Berikut ini adalah sejumlah fungsi dari tombol pada komputer yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows.

  1. Tombol ESC secara mandiri memiliki fungsi Untuk membatalkan sebuah perintah atau dialog. Sebagai contoh, Ketika anda hendak membuka sebuah file di microsof Word dengan cara menekan CTRL + O, kemudian ternyata Anda baru ingat bahwa dokumen yang sedang anda kerjakan sebelumnya belum disimpan, maka tentunya anda bisa membatalkan perintah atau dialog dari jendela Open tersebut. Caranya adalah dengan menekan tombol ESC. Disamping itu, tombol ESC juga bisa dimanfaatkan untuk menstop proses loading pada sejumlah software Browser. Tidak ketinggalan pula Ketika anda bekerja di Windows Explorer, maka anda bisa menstop proses pencarian data dengan cara menekan tombol ESC.
  2. Tombol CTRL + ESC digunakan untuk membuka Start menu Windows. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kombinasi untuk tombol CTRL + ESC sudah bisa dimanfaatkan pada sistem operasi Windows XP sampai dengan sistem operasi Windows 10. Dengan hanya menekan kombinasi tombol CTRL + ESC, maka secara otomatis Start menu Windows akan terbuka, anda dapat melakukan pemilihan program aplikasi yang hendak dibuka dengan menggunakan tombol panah ke atas atau ke bawah dan ke samping atau ke kanan, lalu mengeksekusinya dengan menekan tombol enter.
  3. Tombol ALT + ESC digunakan untuk membuka kembali kotak dialog atau program yang sebelumnya telah dibuka satu tahap. Sebagai contoh, ketika Anda menyalakan komputer, dilanjutkan dengan membuka aplikasi notepad, kemudian Microsoft Office Word, lalu dilanjutkan dengan membuka software browser. Ketika software browser telah terbuka dan anda ingin membuka software yang anda buka sebelum membuka software browser, yaitu Microsoft Office Word, maka anda bisa melakukannya dengan hanya menekan tombol ALT + ESC. Untuk selanjutnya, anda juga bisa beralih lagi ke software yang sebelumnya sudah dibuka, yaitu software not bad dengan cara menekan kombinasi tombol ALT + ESC sekali lagi.
  4. Tombol CTRL + shift + ESC digunakan untuk memanggil Task Manager. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa aplikasi Task Manager adalah sebuah aplikasi pada sistem operasi Windows yang memiliki fungsi untuk melakukan control service dan juga program yang sedang berjalan. Dengan memanfaatkan aplikasi Task Manager, maka tentunya Anda bisa menghentikan serta membuka sebuah service ataupun program. Pada sistem operasi Windows 10 ataupun Windows 8, anda ternyata juga diberikan keleluasaan guna melakukan pengaturan pada bagian start up program serta melakukan monitoring secara Real Time pada bagian Hardisk, RAM serta performa. Untuk membuka Task Manager, anda cukup menekan kombinasi tombol CTRL + SHIFT + ESC.
Baca Juga:   Fungsi Tombol Insert Pada Keyboard

Demikianlah penjelasan secara singkat tentang fungsi tombol ESC pada keyboard yang berlaku pada Mac OS dan Windows.Diharapkan, setelah anda mengetahui sejumlah fungsi dari tombol ESC pada keyboard, maka pengetahuan anda di dalam dunia komputer semakin bertambah dan tentunya Anda bisa lebih Mahir di dalam mengoperasikan komputer dengan memanfaatkan sejumlah shortcut yang menggunakan tombol ESC tersebut. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Fungsi Tombol Insert Pada Keyboard

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas mengenai fungsi tombol Insert pada keyboard. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *