Home / Hardware / Keyboard / Fungsi Tombol F1 Sampai F12 Pada Microsoft Word

Fungsi Tombol F1 Sampai F12 Pada Microsoft Word

Software microsof Word merupakan salah satu software yang paling populer digunakan oleh setiap pengguna komputer di dalam mengolah kata. Terdapat banyak sekali kemudahan yang diberikan oleh software microsof Word di dalam memanipulasi kata sehingga tentu berbagai macam pekerjaan yang berkaitan dengan kata bisa diselesaikan dengan cepat dan tepat dengan menggunakan software Microsoft Word. Untuk mendukung kecepatan anda di dalam menyelesaikan sejumlah pekerjaan di microsof Word, maka tentunya kita perlu memanfaatkan sejumlah tombol fungsi pada keyboard, yaitu F1 sampai dengan F12. Lalu, Apa saja fungsi tombol F1 sampai F12 pada Microsoft Word? Apabila anda belum mengetahuinya silahkan simak terus ulasan artikel kali ini.

Fungsi Tombol F1 Sampai F12 Pada Microsoft Word

Memang, tombol F1 sampai F12 pada keyboard jarang sekali digunakan. Rata-rata, tombol fungsi yang sering dimanfaatkan adalah tombol F2 dan F5. Selebihnya, tombol fungsi yang lain tidak pernah dimanfaatkan untuk mempercepat pekerjaan. Padahal, dengan memanfaatkan fungsi tombol F1 sampai F12 pada microsof Word, maka kita akan mendapatkan sejumlah fitur bisa diakses dengan cepat.

Mungkin saja, selama ini tombol fungsi yang sering digunakan dan diketahui manfaatnya adalah tombol fungsi F2. Tombol F2 bisa digunakan oleh pengguna untuk masuk ke bios. Selain F2, tombol fungsi yang lain yang mungkin sering digunakan adalah tombol F5 dimana tombol tersebut digunakan untuk melihat atau merefresh halaman website pada browser. Namun, pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas fungsi tombol F1 sampai F12 khusus pada microsof Word sehingga Anda bisa mendalami sekaligus mempraktekkan sejumlah fungsi tombol F1 sampai F12 tersebut Ketika anda sedang bekerja di microsof Word.

Baca Juga:   Fungsi Tombol Edit Pada Keyboard Komputer

Fungsi tombol F1 sampai F12 pada Microsoft Word

Baiklah, tanpa perlu perpanjang lebar dibawah ini adalah rangkuman dari fungsi tombol F1 sampai F12 pada microsof Word yang berhasil saya rangkum dari sejumlah sumber di internet.

  1. Fungsi tombol F1 adalah untuk menampilkan ataupun Membuka menu help pada software Microsoft Word
  2. Fungsi tombol F2 adalah untuk memindahkan gambar maupun teks. Cara yang bisa digunakan untuk menggunakan tombol F2 pada microsof Word adalah dengan cara menyorot atau memilih terlebih dahulu teks ataupun gambar yang hendak dipindahkan. Setelah itu, silakan Anda tekan tombol F2, kemudian silahkan anda klik di posisi kemana teks atau gambar yang sudah dipilih tersebut hendak di pindahkan. Setelah itu, silahkan anda lanjutkan dengan menekan tombol enter.
  3. Fungsi tombol F3 adalah digunakan untuk menyisipkan autotext pada Microsoft Word
  4. Fungsi tombol F4 adalah untuk mengurangi atau repeat pengetikan dan juga proses yang sudah dilakukan pada tahap terakhir
  5. Fungsi tombol F5 adalah untuk menampilkan jendela atau dialog pencarian, di mana langkah tersebut merupakan langkah yang singkat di dalam masuk ke bagian tertentu pada dokumen
  6. Fungsi tombol F6 adalah untuk masuk ke panel ataupun ke frame selanjutnya
  7. Fungsi tombol F7 adalah untuk menampilkan jendela ataupun kotak dialog spelling and grammar
  8. Fungsi tombol F8 adalah untuk menyalakan mode seleksi atau blog, Dimana kita bisa melakukan seleksi pada teks tanpa memakai tombol SHIFT. Untuk mempraktekkannya, silahkan anda tekan tombol F8 1 kali, kemudian silakan Anda tekan pada tombol anak panah, sesuaikan ke arah mana anda ingin melakukan penyeleksian pada teks. Untuk mengakhiri proses seleksi tersebut, anda bisa menekan tombol ESC atau ESCAPE. Untuk menyeleksi secara otomatis satu kata, anda bisa melakukannya dengan cara menekan tombol f8 dua kali berturut-turut. Selanjutnya, Apabila Anda ingin menyeleksi langsung satu kalimat, maka anda bisa menekan tombol F8 tiga kali berturut-turut sekaligus. Soalnya itu, guna mengurangi Bagian yang terseleksi, anda bisa menekan tombol SHIFT + F8. Harap selalu diingat bahwa untuk mengakhiri proses seleksi maka anda bisa menekan tombol ESC.
  9. Fungsi tombol F9 adalah untuk melakukan update pada bagian field yang sudah disorot atau dipilih
  10. Fungsi tombol F10 adalah untuk membuat aktif menu bar supaya bisa diakses menggunakan keyboard
  11. Fungsi tombol F11 adalah untuk masuk ke bagian field selanjutnya
  12. Fungsi tombol F12 adalah untuk melakukan save as atau melakukan penyimpanan ulang dokumen dengan memakai nama yang baru. Fungsi dari tombol F12 adalah sama dengan fasilitas Save As pada Microsoft Word.
Baca Juga:   Fungsi Tombol Insert Pada Keyboard

Itulah penjabaran singkat mengenai fungsi tombol F1 sampai F12 pada Microsoft Word yang bisa saya ulas pada kesempatan yang baik ini. Mudah-mudahan, setelah anda memahami seluruh fungsi tombol F1 sampai F12 pada Microsoft Word tersebut, maka anda bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya pada saat anda sedang bekerja menggunakan software Microsoft Word sehingga pekerjaan Anda lebih efektif dan tentunya bisa selesai lebih cepat. Akhir kata, Selamat mencoba dan semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Fungsi Tombol Insert Pada Keyboard

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas mengenai fungsi tombol Insert pada keyboard. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *