Home / Hardware / Keyboard / Fungsi Tombol F5 Pada Keyboard

Fungsi Tombol F5 Pada Keyboard

Rata-rata, Para pemilik komputer yang memakai sistem operasi buatan dari microsof, yaitu Windows tentunya sering atau minimal pernah melakukan Klik Kanan pada desktop, kemudian pilih menu refresh. Selain itu, Para pemilik komputer juga kadangkala memakai shortcut dari menu refresh yang disediakan pada keyboard melalui tombol fungsinya, yaitu menekan tombol F5.

Fungsi Tombol F5 Pada Keyboard

Salah satu tujuan yang diharapkan oleh pengguna komputer adalah supaya komputer tersebut bisa bekerja lebih cepat, sehingga pada akhirnya hal tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan untuk dilakukan pada komputer milik siapapun dan dimanapun berada.

Tentunya ada hal yang cukup mengkhawatirkan pada mereka, karena ada kemungkinan mereka benar-benar tidak mengerti fungsi tombol F5 pada keyboard secara khusus. Namun demikian, kebiasaan menekan tombol F5 berulang kali tetap saja dilakukan. Yang menjadi permasalahan lain adalah Mengapa tombol fungsi F5 berulang kali mereka tekan, padahal fungsi sebagai tombol refresh masih lah menjadi mitos belakang.

Fungsi tombol F5 pada keyboard

Perlu kita ketahui bersama bahwa fitur refresh pada desktop tentunya berbeda jauh dengan fitur refresh halaman atau sering dikenal dengan istilah reload pada software browser. Secara umum, bisa terjadi di mana halaman web yang sedang diakses tidak bisa ditampilkan secara penuh karena adanya lalu lintas data internet yang cukup padat.

Baca Juga:   Fungsi Tombol HOME Pada Keyboard

Apabila kita menekan tombol F5 pada kondisi tersebut, makan tombol fungsi F5 memiliki kegunaan untuk merefresh halaman website sehingga software Browser akan melakukan reload kembali pada halaman website yang sebelumnya gagal dimuat. Sementara itu, fasilitas refresh yang berada di desktop tentunya mempunyai kegunaan yang cukup berbeda dengan tombol refresh yang difungsikan pada software browser.

Rata-rata, setiap pemilih komputer yang masih awam dan baru, seperti yang penulis pikirkan bahwa dahulu memang sangat yakin bahwa tombol refresh F5 mempunyai fungsi guna melakukan update ataupun pembaharuan pada komputer yang berada di kondisi siaga. Update tersebut dikerjakan setelah adanya sebuah perubahan dan juga penghapusan pada sejumlah perintah yang sebelumnya dilakukan pada Ram. Dengan teori seperti itu, maka diyakini bahwa komputer yang kita pakai bisa berjalan lebih cepat dan juga lebih lancar. Akan tetapi, seperti yang sudah dibahas di depan bahwa hal tersebut ternyata hanyalah mitos belaka.

Fungsi tombol F5 pada keyboard yang dilakukan di desktop komputer sesungguhnya adalah dipakai guna melakukan pembaharuan tampilan serta memuat Kembali sejumlah tampilan yang berada pada desktop dimana sebelumnya telah terjadi perubahan. Tentunya, tombol refresh F5 di desktop tidak akan memiliki manfaat guna memperbaharui isi dari RAM serta tidak akan bisa melakukan penyegaran dan juga pembersihan pada komputer yang Anda gunakan. Dengan kata lain, maka fasilitas dari fungsi tombol F5 pada keyboard yang digunakan untuk refresh tidak akan terlalu banyak menyumbangkan peningkatan kecepatan dan juga performa pada komputer.

Baca Juga:   Fungsi Tombol CTRL Pada Software Browser, MS Word dan Photoshop

Bisa jadi, ketika anda melakukan sebuah perubahan pada shortcut di desktop komputer, maka sejumlah perubahan tersebut tidak bisa dimunculkan secara Real Time atau instan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka anda bisa memanfaatkan fasilitas refresh di desktop yang nantinya akan mampu memunculkan sejumlah perubahan yang sudah anda lakukan sebelumnya pada desktop.

Sebagai contoh, Misalnya Anda sudah melakukan pengaturan shortcut pada desktop supaya bisa urut berdasarkan abjad. Akan tetapi, Ketika anda mencoba untuk meletakkan shortcut baru di desktop, ternyata shortcut baru tersebut tidak otomatis secara langsung tertata berdasarkan urutan abjad. Shortcut terakhir tersebut ternyata tampil pada bagian terbawah di desktop.

Ketika anda merefresh desktop dengan cara menekan tombol F5, maka tentunya keseluruhan shortcut pada desktop akan diatur ulang dan tentunya shortcut-shortcut yang ada berada desktop akan tertata berurutan sesuai dengan abjad. Dengan demikian, maka susunan shortcut pada desktop anda akan terlihat lebih rapi walaupun jumlahnya cukup banyak.

Itulah sejumlah fungsi tombol F5 pada keyboard yang bisa saya ulas Pada kesempatan kali ini. Dengan memahami ulasan diatas, maka tentunya Anda bisa lebih mengefektifkan penggunaan tombol F5 di dalam bekerja menggunakan komputer. Tentunya, anda tidak perlu lagi melakukan refresh secara berulang-ulang menggunakan tombol F5 di desktop karena hal tersebut hanya akan mubasir saja. Demikian juga pada Windows Explorer, kita cukup menekan tombol refresh F5 pada keyboard ketika ada tampilan folder atau file yang sudah berantakan. Terima kasih dan selamat beraktivitas, Salam sukses untuk anda.

Baca Juga:   Fungsi Tombol ENTER Pada Keyboard

Artikel menarik lainnya

Fungsi Tombol Insert Pada Keyboard

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas mengenai fungsi tombol Insert pada keyboard. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *