Home / Hardware / Keyboard / Fungsi Tombol HOME Pada Keyboard

Fungsi Tombol HOME Pada Keyboard

Apakah anda sudah mengenal sejumlah fungsi tombol HOME pada keyboard? Bisa dikatakan, tombol HOME adalah salah satu tombol kunci yang bisa dipastikan ada pada setiap keyboard, baik keyboard PC maupun keyboard laptop. Fungsi tombol HOME adalah kebalikan dari tombol. Akan tetapi pada sejumlah keyboard yang memiliki ukuran kecil dan Mini kadangkala tombol HOME juga tidak ada. Fungsi dari tombol HOME digantikan dengan memakai kombinasi dari tombol FN + ←.

Fungsi Tombol HOME Pada Keyboard

Fungsi tombol HOME pada keyboard

Sebelum kita membahas fungsi tombol HOME pada keyboard, kita pastikan dulu letak dari tombol HOME tersebut pada keyboard standar yang sering digunakan PC. Tombol HOME pada keyboard standar berada di bagian antara Blok alfabet dengan blok numerik. Artinya, tombol HOME berada pada tengah-tengah blog tersebut. Tepatnya lagi adalah bahwa tombol HOME berada di atas tombol navigasi panah ke atas.

Fungsi tombol HOME pada keyboard bisa digunakan di sejumlah sistem operasi, mulai dari Microsoft Windows Khususnya pada aplikasi Microsoft Office word, Mac OS X, serta Linux dan juga aplikasi non grafikal. Artinya, masing-masing sistem operasi memperlakukan fungsi tombol HOME yang berbeda-beda. Berikut ini adalah ulasan fungsi tombol HOME pada keyboard untuk masing-masing sistem operasi.

Baca Juga:   Fungsi Tombol Backspace Ternyata Tidak Hanya Untuk Mengapus

1. Fungsi tombol HOME pada keyboard di Microsoft Office Word

Fungsi tombol HOME pada aplikasi Microsoft Word adalah dipakai guna mengembalikan posisi kursor ke bagian awal baris dari cursor itu berada. Pada saat sebuah teks sudah tidak bisa diedit, maka tombol HOME bisa dipakai guna mengembalikan di posisi awal dokumen. Kondisi tersebut juga bisa diaplikasikan pada teks yang sedang diedit apabila tombol HOME di kombinasikan dengan tombol ctrl.

2. Fungsi tombol HOME pada keyboard di Mac OS X

Tombol HOME yang berada pada komputer buatan Apple ini hanyalah terdapat pada keyboard Apple yang memiliki ukuran penuh saja. Pada sejumlah aplikasi yang di-instal di Mac OS X, tombol HOME berfungsi seperti yang ada pada unix, Dimana bagian form akan bergerak ke bagian awal dari dokumen. Pada saat tombol HOME ditekan, maka jendela akan menggulung ke bagian atas, sementara itu posisi pada tanda sisipan tidak akan mengalami perubahan sama sekali.

Dengan kata lain, tombol HOME akan terkunci di jendela pada waktu itu, bukan di bagian kotak teks yang sedang diedit. Sementara itu, pada keyboard buatan Apple yang tidak mempunyai fasilitas tombol HOME dapat memanfaatkan shortcut dengan menekan kombinasi tombol fn + ←, di mana Kombinasi tombol tersebut memiliki fungsi yang sama dengan tombol HOME. Guna memperoleh hal yang sama pada sistem operasi Windows yaitu berguna untuk meletakkan kursor di bagian awal baris teks, maka pengguna komputer Mac OS bisa menekan kombinasi tombol Command + ←.

Baca Juga:   Fungsi Tombol F5 Pada Keyboard

3. Fungsi tombol HOME pada keyboard di Linux

Fungsi dari tombol HOME di Linux secara umum adalah sama dengan fungsi tombol HOME yang ada di windos. Tombol HOME pada Linux berfungsi untuk memposisikan kursor kebagian awal baris di teks yang sedang diedit. Disamping itu juga digunakan untuk menggulung dokumen ke bagian awal. Tombol HOME di Linux juga bisa dipakai guna melakukan penandaan pada semua karakter yang berada disebelah kiri kursor pada baris tertentu ketika tombol HOME tersebut ditekan terus sambil dilakukan pergeseran teks yang bisa diedit.

4. Fungsi tombol HOME pada keyboard di aplikasi non GUI

Pada aplikasi non GUI dimana aplikasi tersebut berjalan menggunakan teks, maka pada setiap pemakai komputer yang sering melakukan pengaksesan layar, maka tombol HOME bisa digunakan untuk membawa mereka ke bagian atas pada menu layar. Dengan demikian, pekerjaan mereka akan Berjalan dengan lebih cepat.

Itulah sejumlah fungsi tombol HOME pada keyboard yang bisa diaplikasikan pada sejumlah aplikasi dan sistem operasi komputer, mulai dari sistem operasi berbasis Windows khususnya adalah Microsoft Office Word, sistem operasi Mac OS X dan juga sistem operasi Linux serta sistem operasi berbasis text. Mudah-mudahan, setelah anda memahami fungsi dari tombol HOME pada masing-masing sistem operasi, maka anda bisa mendapatkan ilmu pengetahuan baru serta bisa menerapkan pada kegiatan komputer Anda sehari-hari sehingga fungsi dari tombol keyboard secara keseluruhan bisa lebih efektif. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Baca Juga:   Fungsi Tombol Windows Pada Keyboard

Artikel menarik lainnya

Fungsi Tombol Insert Pada Keyboard

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas mengenai fungsi tombol Insert pada keyboard. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *