Home / Hardware / Keyboard / Fungsi Tombol Insert Pada Keyboard

Fungsi Tombol Insert Pada Keyboard

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas mengenai fungsi tombol Insert pada keyboard. Tombol Insert pada keyboard berada pada posisi di tengah-tengah antara blok tombol alfabet dan blok tombol numerik. Selain itu, posisi dari tombol Insert di keyboard juga tidak terlalu strategis sehingga jarang sekali digunakan.

Fungsi Tombol Insert Pada Keyboard

Walaupun jarang digunakan, tentunya sebagai pengguna komputer kita harus memahami secara benar Apa fungsi tombol Insert pada keyboard tersebut. Dengan memahami secara benar fungsi tombol Insert, maka tentunya kita bisa memanfaatkan tombol tersebut semaksimal mungkin sehingga pekerjaan-pekerjaan kita yang menggunakan komputer, terutama yang berkutat di pengolahan kata bisa diselesaikan dengan cepat dan sempurna.

Fungsi tombol Insert pada keyboard

Seperti yang sudah di singgung diatas bahwa tombol Insert merupakan tombol pada keyboard yang jarang sekali digunakan. Rata-rata, para pengguna tombol Insert ini adalah mereka yang bekerja menggunakan software pengolah kata, misalnya adalah Microsoft Office Word. Namun, dengan melihat fungsi tombol Insert pada keyboard, sebenarnya tombol tersebut bisa dimanfaatkan pada software aplikasi yang lain dengan catatan software-software tersebut masih berkutat di pengolah kata.

Baca Juga:   Fungsi Tombol ENTER Pada Keyboard

Lalu, apa sebenarnya fungsi tombol Insert pada keyboard? Fungsi tombol insert adalah untuk menyisipkan karakter di posisi kursor yang sedang aktif. Hal tersebut tentunya mengacu pada nama tombol tersebut, yaitu Insert. Arti dari kata insert adalah menyisipkan. Pada proses penggunaannya, ketika tombol Insert diaktifkan di tengah-tengah kalimat atau kata, maka secara otomatis huruf huruf yang berada di samping kanan kursor akan secara otomatis diganti dengan huruf baru yang diketik.

Secara umum, Ketika anda meletakkan sebuah kursor di tengah-tengah kalimat atau kata, maka ketika Anda mengetik, efek yang terjadi adalah kalimat atau kata yang berada pada sebelah kanan kursor akan bergeser seiring dengan kata yang anda ketikkan. Hal berbeda akan terjadi ketika anda mengaktifkan tombol insert di mana kata demi kata yang ada disebelah kanan kursor akan berganti seiring dengan Anda mengetik kata atau kalimat baru di keyboard.

Dengan model seperti itu, maka fungsi tombol Insert pada keyboard juga bisa diartikan sebagai jalan pintas untuk mengganti secara langsung kata atau kalimat yang berada pada samping kanan kursor yang sedang aktif. Dengan menerapkan teknik tersebut, maka tentunya anda tidak perlu repot-repot menghapus kata atau kalimat yang hendak dihilangkan atau diganti. Cukup menempatkan kursor pada bagian awal kata atau kalimat yang diinginkan, maka secara otomatis kata atau kalimat tersebut akan diganti dengan ketikan yang baru.

Baca Juga:   Fungsi Tombol Page Up Pada Keyboard

Anda juga harus hati-hati di dalam menggunakan tombol Insert pada keyboard. Pastikan bahwa Anda memang benar-benar membutuhkan fasilitas Insert ketika sudah meletakkan kursor di tengah-tengah kata atau kalimat. Jangan sampai Anda salah tekan tombol Insert tersebut, sementara anda belum membutuhkan fasilitas tersebut. Sering terjadi sebuah kasus dimana tombol Insert tidak sengaja tertekan, sementara posisi kursor ada di tengah-tengah kalimat. Apabila hal tersebut terjadi, maka secara otomatis kalimat yang berada disebelah kanan kursor akan hilang dan digantikan dengan kalimat yang baru.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai fungsi tombol Insert pada keyboard. Mudah-mudahan, apabila sebelumnya Anda belum mengetahui secara pasti fungsi dari tombol Insert, maka setelah anda membaca ulasan ini maka anda mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru mengenai fungsi tombol Insert pada keyboard tersebut. Terima kasih atas kunjungan anda selamat beraktivitas dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Fungsi Tombol Tab Pada Keyboard

Fungsi Tombol Tab Pada Keyboard

Pada sebuah laptop atau komputer desktop, keberadaan tombol Tab adalah hal yang sangat penting karena …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *