Home / Elektronika / Fungsi Tombol Kalkulator Untuk MC, MR, MS, M+ dan M-

Fungsi Tombol Kalkulator Untuk MC, MR, MS, M+ dan M-

Pada sebuah kalkulator, besar kemungkinan Anda menemukan sejumlah tombol yang bernama MC, plus, MS dan sejumlah tombol yang lainnya. Secara umum, kalkulator dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu kalkulator ilmiah dan kalkulator biasa. Untuk jenis kalkulator biasa merupakan sebuah kalkulator yang dipakai atau dimanfaatkan untuk melakukan perhitungan standar. Sementara itu, untuk kalkulator ilmiah tentunya digunakan sebagai alat hitung yang cukup rumit sehingga kalkulator ilmiah dibutuhkan.

Fungsi Tombol Kalkulator Untuk MC, MR, MS, M+ dan M-

Secara umum, kalkulator adalah salah satu alat hitung elektronik yang sangat membantu kita ketika hendak melakukan penghitungan angka yang cukup banyak. Banyak pedagang yang menggunakan alat bantu kalkulator ini untuk mempercepat proses menghitung sekaligus menjaga supaya hasil perhitungan tetap valid. Pada kalkulator, ditemukan banyak tombol angka, baik itu tombol angka yang sudah familier maupun tombol angka yang belum familiar seperti tombol MC, tombol MS, tombol MR, tombol M-, dan tombol M+.

Fungsi tombol kalkulator

Bagi sejumlah pengguna kalkulator, maka fungsi dari tombol angka atau tombol numerik yang ada pada kalkulator sudah tidak asing lagi. Begitu juga sejumlah tombol untuk keperluan perhitungan seperti tombol -, tombol +, tombol :dan tombol kali serta tombol =. Seluruh tombol pada kalkulator tersebut pastinya sudah diketahui fungsinya dengan jelas. Namun, Apakah anda mengetahui fungsi dari tombol MC, msh PMR, gplus dan sejumlah tombol lainnya? Apabila belum maka silakan Anda simak terus ulasan berikut ini dan anda akan mendapat Jawaban dari pertanyaan tersebut.

Baca Juga:   Kekurangan Dan Kelebihan Lampu LED

1. Fungsi tombol M+ atau memory plus

Dilihat dari namanya, tombol M+ Memiliki kegunaan untuk menyimpan hasil perhitungan ke dalam memori. Ketika anda menekan tombol M+, maka secara otomatis hasil perhitungan yang anda lakukan terakhir di kalkulator akan tersimpan pada memori kalkulator. Contohnya adalah 10+10=20, Kemudian Anda menekan tombol M+, maka nantinya angka 20 tersebut akan tersimpan pada memory kalkulator.

2. Fungsi tombol MR atau MRC ( memory recall)

Kegunaan dari tombol MR dan MRC pada kalkulator adalah sama, itu digunakan untuk memanggil angka-angka yang sebelumnya telah tersimpan pada memori kalkulator. Lalu, Dimana letak perbedaannya? Letak perbedaannya hanyalah pada proses pabrikan para pembuat kalkulator. Apabila kita tengok contoh perhitungan diatas, maka angka 20 tersimpan pada memory kalkulator. Untuk menampilkannya, anda cukup dengan menekan tombol MRC atau MC saja.

3. Fungsi tombol M- dan MC atau memory clear

Sesuai dengan namanya, tombol ini mempunyai kegunaan untuk mengclear atau menghapus angka yang masih tersimpan pada memori kalkulator. Dengan menekan tombol M- dan MC, maka secara otomatis angka 20 pada memory kalkulator akan dihapus. Istilah lainnya adalah mereset memori Kalkulator supaya bisa kembali.

Baca Juga:   Cara Hidupkan Genset Dan Mematikannya Sesuai Prosedur

4. Fungsi tombol C dan CE atau clear entry

Ketika kita melakukan penghitungan pada angka yang jumlahnya cukup banyak, maka hal tersebut akan Cukup melelahkan bagi kita. Rasa lelah yang terjadi bisa berpotensi menyebabkan kesalahan di dalam input angka pada kalkulator. Tentunya, apabila kita harus mengulang proses penghitungan dari awal maka hal tersebut akan jauh membuat kita menjadi lebih lelah. Oleh sebab itu, kita bisa memanfaatkan tombol C dan CE pada kalkulator yang mana tombol tersebut berfungsi untuk menghapus angka yang diinput terakhir.

5. Fungsi tombol Min

Apabila anda termasuk orang yang cukup sulit di dalam menghitung kumpulan angka-angka, maka tombol Min ini akan sangat membantu pekerjaan Anda di dalam menggunakan komputer. Tombol Min memiliki kemiripan fungsi dengan tombol M+. Letak perbedaannya adalah tombol Min memiliki kemampuan menyimpan seluruh angka yang dimunculkan pada layar kalkulator.

6. Fungsi tombol GT atau Grand total

Dengan menggunakan tombol GT pada kalkulator, maka akan dimunculkan keseluruhan hitungan dalam memori. Tombol GT dipakai untuk mengerjakan perhitungan secara beruntun. Sebagai contoh, untuk menghitung angka 2+2+(3×2) = 10, maka prosesnya adalah 2+2=4 dan simpan angka 4 dengan tombol M+. Lalu hitung lagi 3×2 = 6 kemudian tekan tombol GT, maka hasilnya akan muncul 10.

Baca Juga:   Cara Membuat Antena TV Sederhana Memakai Pipa Paralon

7. Fungsi tombol AC atau all clear

Sesuai dengan namanya, tombol AC pada kalkulator berfungsi guna melakukan penghapusan keseluruhan dari hasil perhitungan yang ada pada layar kalkulator. Disamping itu, tombol AC juga digunakan untuk meriset keseluruhan fungsi yang sudah dimasukkan sebelumnya. Akan tetapi, akan tetapi seluruh angka yang sebelumnya sudah tersimpan pada memori kalkulator tidak akan terhapus Ketika anda menekan tombol AC tersebut.

Perlu kita pahami bersama bahwa tidak seluruh kalkulator memiliki tombol-tombol di atas. Namun, secara umum tombol-tombol spesial di atas sudah ada dan banyak ditemukan pada kalkulator sekarang ini. Asalkan bukan kalkulator yang sangat sederhana, maka tombol-tombol yang berkaitan dengan memori pada kalkulator bisa anda temukan. Demikianlah ulasan singkat mengenai fungsi tombol kalkulator untuk sejumlah tombol spesial seperti tombol MS, tombol MR, tombol MC dan sejumlah tombol yang lainnya. Mudah-mudahan, setelah anda memahami ulasan ini, maka anda sudah tidak Bingung lagi mengenai tombol khusus pada kalkulator, bahkan anda bisa mencoba untuk memanfaatkannya. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Di dunia elektronika, istilah elektromagnet bukanlah merupakan hal baru. Akan tetapi, bagi masyarakat umum tentunya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *