Home / Hardware / Fungsi Tombol Mouse Yang Jarang Diketahui

Fungsi Tombol Mouse Yang Jarang Diketahui

Pada bahasan kali ini, penulis akan mengangkat tema mengenai fungsi tombol mouse yang jarang diketahui oleh pengguna komputer. Tentunya, seperti yang kita ketahui bersama bahwa Mouse merupakan salah satu bagian penting pada perangkat komputer yang berfungsi untuk menggeser ataupun menggerakan posisi kursor. Sebenarnya, untuk menggerakan kursor kita bisa memakai keyboard, namun tentunya pergerakan dari Mouse akan sangat terbatas. Selain itu, menggerakan kursor menggunakan keyboard tentunya akan cukup sulit sehingga mau tidak mau, maka tentunya kita tetap harus menggunakan Mouse supaya pekerjaan kita bisa selesai lebih mudah dan cepat.

Fungsi Tombol Mouse Yang Jarang Diketahui

Kadangkala, tidak semua pengguna komputer memahami fungsi tombol mouse yang setiap hari digunakan. Secara umum, Mouse terdiri dari 3 bagian penting, yaitu tombol sebelah kiri, tombol sebelah kanan dan bagian punggung yang ada di tengah-tengah. Bagian yang paling sering digunakan adalah bagian tombol sebelah kiri. Hal tersebut dikarenakan hampir seluruh eksekusi pada software aplikasi di komputer menggunakan klik tombol sebelah kiri pada mouse.

Fungsi tombol mouse yang jarang diketahui

Untuk membantu anda di dalam memahami fungsi tombol mouse secara keseluruhan, makan pada ulasan kali ini saya akan mencoba menjaga sejumlah penggunaan dari tombol mouse yang tentunya Bisa Anda praktekan setiap hari sehingga sejumlah pekerjaan Anda bisa selesai lebih mudah dan tepat pada waktunya. Berikut ini adalah sejumlah fungsi yang dimiliki oleh tombol mouse Yang bisa anda praktekkan di dalam bekerja menggunakan komputer sehingga setiap pekerjaan Bisa selesai lebih cepat dan lebih lancar.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Prosesor MediaTek

1. Tombol mouse digunakan untuk membesarkan tampilan dokumen ataupun halaman website

Secara umum, tombol yang biasanya digunakan untuk Membesarkan tampilan dokumen atau halaman website adalah dengan menggunakan kombinasi tombol ctrl + dan juga ctrl -. Ternyata, dengan menggunakan Mouse kita bisa membesarkan ataupun mengecilkan tampilan dari dokumen maupun halaman website.

Caranya juga cukup mudah, silakan Anda tekan dan tahan tombol ctrl pada keyboard, selalu diikuti dengan menggulung scrolling Mouse untuk membesarkan ataupun mengecilkan tampilan dokumen. Apabila Anda ingin memperbesar tampilan, maka silahkan scroll scrolling pada mouse ke arah depan. Sementara itu, untuk mengecilkan tampilan dokumen atau halaman website maka silahkan anda Scroll Mouse ke belakang sambil tetap menekan dan menahan tombol ctrl. Fungsi ini bisa anda aplikasikan dan praktekkan pada software Microsoft Office dan juga software browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, opera dan software browser lainnya.

2. Tombol mouse digunakan untuk menampilkan Tab baru pada software Browser

Secara umum, shortcut yang digunakan untuk Membuka halaman baru atau tab baru pada software browser adalah dengan menggunakan kombinasi tombol ctrl + T.Sementara itu, Kita juga bisa memanfaatkan tombol mouse dengan cara menekan tombol tengah yang digunakan untuk menggulung pada bagian tab yang kosong. Anda juga Tentunya bisa membuka tab baru dengan cukup mudah.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Canon E500

Tombol mouse dipakai guna membuka sejumlah Link yang berada pada folder bookmark secara langsung

Tujuan dari melakukan bookmark pada salah satu halaman website adalah untuk mempermudah kunjungan kembali suatu saat apabila dibutuhkan. Bookmark sama saja dengan menyimpan halaman website di komputer sehingga kapan pun bisa kita kunjungi kembali. Dengan memanfaatkan tombol tengah pada mouse atau scrolling, maka anda bisa membuka sejumlah Link dalam satu kali waktu hanya dengan satu klik saja sehingga tentu bisa menghemat waktu apabila didalamnya terdapat banyak link.

3. Tombol mouse digunakan untuk membuka link di tab yang baru

Secara umum, ketika anda melakukan klik pada sebuah link di halaman website, maka halaman baru akan menutup halaman yang lama. Dengan kondisi seperti itu, maka tentunya anda akan kehilangan informasi pada halaman web sebelumnya. Untuk mengakali hal tersebut supaya halaman website yang anda buka bisa muncul pada tab yang baru, maka anda bisa melakukan klik pada Link dengan menggunakan tombol tengah atau tombol yang ada pada scrolling. Anda juga tentunya bisa menggunakan opsi Klik Kanan pada Link yang ada, kemudian pilih menu Open Link in new tab. Namun, dari sisi kecepatan melakukan klik menggunakan tombol scrolling lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan menu Klik Kanan.

4. Tombol mouse digunakan untuk Scroll pada dokumen

Fungsi scrolling pada dokumen yang dimiliki oleh tombol scrolling tengah Mouse merupakan fungsi standar. Anda bisa melakukan scrolling pada sejumlah halaman di dokumen PDF, dokumen word, serta Windows Explorer dan sejumlah software browser. Tentunya, fasilitas ini akan sangat berguna untuk melihat dokumen yang memiliki jumlah halaman cukup banyak. Akan sangat menghemat waktu dibandingkan dengan menggunakan scrolling bar Yang biasanya ada di sebelah kanan aplikasi.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer HP 2135

5. Tombol mouse digunakan untuk menutup bab Browser

Anda ingin lebih cepat menutup satu tab Browser? Fungsi ini Tentunya berkebalikan dengan fungsi yang dimiliki oleh tombol scrolling. Ketika anda melakukan klik pada salah satu tab pada software browser, maka seketika itu juga tersebut akan tertutup. Untuk menutup salah satu tab pada software browser secara umum adalah dengan melakukan klik pada tanda x. Namun, dengan melakukan satu kali klik menggunakan tombol Scroll yang ada pada mouse, maka seketika itu juga satu tab pada software browser akan ditutup.

Demikianlah Uraian singkat mengenai fungsi tombol mouse yang mungkin saja belum Anda ketahui sepenuhnya. Mudah-mudahan, setelah anda mengetahui sejumlah fungsi tombol mouse yang lainnya, maka anda bisa mencoba untuk langsung mempraktekkan pada kegiatan Anda sehari-hari menggunakan komputer sehingga sejumlah pekerjaan yang anda lakukan bisa berjalan lebih cepat. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Istilah storage device merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer, terutama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *