Home / Hardware / Fungsi Tombol Power Pada Komputer

Fungsi Tombol Power Pada Komputer

Secara umum, tombol power pada komputer terdapat di dua bagian, yaitu pada bagian CPU dan pada bagian keyboard. Pada bagian cpu, tombol power biasanya berada di bagian depan. Sementara itu pada keyboard, tombol power secara umum ada di baris atas, sejajar dengan tombol fungsi. Namun, tidak seluruh keyboard memiliki tombol power. Lalu Apa fungsi tombol power pada komputer tersebut secara umum?

Fungsi Tombol Power Pada Komputer

Untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan di atas, maka pada kesempatan yang baik ini saya akan membahas mengenai fungsi tombol power pada komputer, khususnya tombol power yang ada pada CPU dan tombol power yang ada pada keyboard. Secara umum, fungsi dari tombol power pada komputer adalah untuk menyalakan komputer. Hanya saja, pernyataan tombol power pada komputer tidak mempunyai fungsi tunggal, namun ternyata memiliki fungsi yang lainnya. Fungsi yang lainnya tersebutlah yang kadangkala belum dipahami dan belum diketahui oleh banyak pengguna komputer sehingga masih banyak yang belum memanfaatkan kelebihan dari fungsi tombol power pada komputer tersebut.

Fungsi Tombol Power Pada Komputer

Seperti yang sudah disampaikan di bagian atas bahwa pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas fungsi tombol power yang ada pada CPU dan fungsi tombol power yang ada pada keyboard. Secara umum, fungsi tombol power pada komputer bisa anda Simak di bagian berikut ini

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer HP 2135

1. Fungsi tombol power yang berada pada CPU

Fungsi tombol power yang utama pada komputer yang terletak di CPU adalah untuk menyalakan komputer. Seluruh komputer yang ada di dunia bisa dihilangkan dengan cara menekan tombol power yang ada di CPU. Namun, apakah ada fungsi lain dari tombol power yang ada pada CPU tersebut? Jawabannya adalah ada.

Fungsi tombol power yang lainnya adalah untuk mematikan paksa ketika komputer mengalami Crash atau hang. Ketika anda menggunakan komputer dan komputer mengalami hang di mana anda sudah tidak bisa lagi untuk melakukan shutdown secara software, maka anda bisa memaksa untuk mematikan komputer dengan cara menekan tombol power. Langkah untuk mematikan komputer secara paksa menggunakan tombol power adalah dengan menekan tombol power dan menahan nya beberapa saat hingga komputer mati.

Selain digunakan untuk mematikan paksa komputer, ada lagi fungsi dari tombol power yaitu menggantikan fungsi shutdown secara software. Jadi, tanpa harus mengklik menu power yang ada pada sistem operasi, anda juga bisa mematikan komputer secara halus menggunakan tombol power. Caranya adalah dengan menekan tombol power 1 kali, maka secara otomatis komputer akan bisa dan secara software. Hanya saja, fungsi shutdown tersebut Tergantung dari settingan aksi apa yang akan dijalankan ketika tombol power ditekan. Namun, rata-rata settingan default nya adalah fitur shutdown.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Media Penyimpanan

2. Fungsi tombol power yang berada pada keyboard

Fungsi tombol power pada komputer yang ada di keyboard adalah sama dengan fungsi tombol power yang ada pada CPU komputer. Letak perbedaannya hanyalah pada ketidakmampuan untuk mematikan paksa komputer. Jadi, ketika komputer mengalami Crash atau hang maka tombol power yang ada pada keyboard tidak akan bisa digunakan untuk mematikan paksa komputer.

Selain itu, tombol power yang ada pada keyboard juga kadang kala tidak bisa digunakan untuk menyalakan komputer. Hal tersebut sangat tergantung pada jenis motherboard dan jenis bios yang digunakan. Ada beberapa bios yang tidak mendukung opsi Power on lewat keyboard sehingga tombol power pada keyboard tersebut tentunya tidak bisa digunakan untuk menyalakan komputer.

Fungsi tombol power pada keyboard yang digunakan untuk shutdown komputer tentunya sangat mudah dikerjakan. Cukup dengan menekan tombol power sekali pada keyboard, maka secara otomatis komputer akan shutdown.

Demikianlah ulasan singkat mengenai fungsi tombol power pada komputer baik yang terdapat di CPU ataupun yang terdapat pada keyboard. Karena tombol power memiliki peranan yang sangat penting untuk mengatur hidup dan matinya komputer, maka tentunya tombol power tersebut harus diketahui oleh setiap pengguna komputer. Setelah setiap pengguna memahami fungsi dari tombol power tersebut, maka sebisa mungkin untuk selalu memanfaatkan fungsi-fungsi yang diberikan oleh tombol power pada komputer baik yang terletak di CPU ataupun yang terletak pada keyboard. Terima kasih.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Epson

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Istilah storage device merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer, terutama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *