Home / Gadget / Fungsi Tombol Power Pada Smartphone Android

Fungsi Tombol Power Pada Smartphone Android

Bisa dikatakan, tombol power memegang peranan yang sangat penting pada semua perangkat smartphone berbasis Android. Bahkan, smartphone yang menggunakan sistem operasi Windows Phone dan juga iphone tetap membutuhkan tombol power untuk melakukan berbagai macam keperluan. Secara Dasar fungsi tombol power pada smartphone Android adalah mematikan dan menyalakan perangkat. Tentunya, anda bisa membayangkan betapa repotnya mengoperasikan smartphone Android apabila tidak ada tombol power tersebut.

Fungsi Tombol Power Pada Smartphone Android

Selain digunakan untuk menghidupkan serta mematikan smartphone Android, Apakah anda mengetahui fungsi tombol power pada smartphone Android yang lain? Ternyata, tombol power pada smartphone Android memiliki sejumlah fungsi yang akan sangat membantu setiap penggunanya di dalam mengoperasikan smartphone tersebut.

Fungsi tombol power pada smartphone Android

Untuk mengenalkan kepada anda sejumlah fungsi tombol power pada smartphone Android, maka pada artikel kali ini saya akan mencoba mengulas 8 fungsi dari tombol power pada smartphone Android yang wajib diketahui oleh setiap pengguna smartphone, sehingga Anda bisa lebih memaksimalkan fungsi dari tombol power tersebut.

1. Mematikan dan menyalakan layar smartphone

Fungsi tombol power pada smartphone Android yang pertama ini Tentunya sudah tidak asing lagi dan pastinya sudah banyak diketahui oleh setiap pengguna smartphone. Cukup dengan menekan serta menahan tombol power Kurang lebih 3 detik, anda bisa menghidupkan dan mematikan layar smartphone anda. Selain itu, Selain digunakan untuk mematikan dan menyalakan layar smartphone Android, tombol power ini juga tentunya bisa digunakan untuk mematikan dan menyalakan perangkat.

Coba anda bayangkan ketika tombol power pada smartphone tidak ada, maka anda harus melepas baterai ketika hendak mematikan smartphone, lalu memasangnya lagi ketika hendak menyalakannya. Lalu bagaimana Jika Anda menggunakan Smartphone yang memakai baterai Non removable?

2. Mengunci atau lock layar Android

Untuk menghindari tangan-tangan jahil dan iseng yang akan memakai smartphone Android Anda, maka silahkan dipastikan bahwa anda selalu mengunci layar Android ketika sudah tidak digunakan lagi. Ketika anda sudah mengaktifkan fitur lock screen pada Android, maka ketika smartphone sudah tidak digunakan dalam beberapa detik, maka secara otomatis layar akan terkunci. Untuk mempercepat proses penguncian layar, maka anda juga bisa memanfaatkan tombol power pada smartphone Android.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Gadget dan Contoh-contohnya

Selain memanfaatkan tombol power, anda juga bisa menggunakan sebuah APK yang bernama screen off Pro. Fungsi dari apk ini adalah untuk mematikan layar ke posisi stand by sehingga posisi layar akan terkunci.

3. Melakukan capture atau screenshot

Kegiatan screenshot atau mengambil tampilan yang ada pada layar smartphone Android disebut dengan istilah screenshot. Kegiatan tersebut bisa memakai sebuah kombinasi antara tombol power + tombol yang lainnya pada smartphone. Secara umum, untuk mengambil screenshot pada layar Android yang tidak memiliki tombol home secara fisik adalah dengan memakai kombinasi antara tombol power dan tombol volume. Lain halnya ketika smartphone mempunyai tombol home fisik seperti Samsung, maka digunakan kombinasi antara tombol power dengan tombol home.

Sementara itu, Apabila Anda ingin mengambil screenshot menggunakan APK maka bisa mencoba aplikasi yang bernama screenshot easy. Dengan memakai aplikasi yang bernama screenshot easy tersebut, anda dapat mengambil screenshot tanpa perlu menekan sejumlah kombinasi tombol pada smartphone.

4. Mengaktifkan airplane mode

Selain digunakan untuk mematikan smartphone atau menyalakannya, Ketika anda menekan serta menahan tombol power sekitar 3 detik, maka anda juga akan diberikan pilihan untuk bisa masuk ke airplane mode. Sementara itu, apabila anda tidak ingin memakai fungsi dari tombol power guna masuk ke airplane mode, maka anda dapat mengakses melalui Quick Setting.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan IPad Air 2

Fitur airplane mode diperuntukan untuk anda yang ingin tetap memakai smartphone tanpa harus mengganggu sebuah sistem komunikasi yang ada pada pesawat terbang. Sebagai contoh, misalnya pada saat anda sedang menempuh perjalanan menggunakan pesawat terbang, namun anda tetap ingin memakai Smartphone untuk bisa menonton video ataupun mendengarkan musik.

5. Mengaktifkan fungsi recovery mode

Fungsi dari recovery mode ini memang disediakan untuk Anda yang gemar melakukan oprek pada Android. Recovery mode merupakan salah satu modal yang cukup spesial dimana muda tersebut memberikan sejumlah pilihan yang tidak diketahui oleh banyak pengguna. Untuk bisa mengakses recovery mode, anda bisa melakukannya dengan menekan kombinasi tombol power dan tombol volume keatas. Ada juga yang memanfaatkan kombinasi tombol power dan tombol volume ke atas serta tombol home. Lalu, kombinasi tombol mana yang bisa dipakai, hal tersebut tentunya kembali ke perangkat yang digunakan.

Apabila anda sudah berhasil masuk ke recovery mode, maka akan ditampilkan sejumlah pilihan yang sangat bermanfaat, misalnya adalah fasilitas untuk eraser atau menghapus seluruh data, membersihkan file-file cache, melakukan update software Android melalui Android debug Bridge. Apabila anda hendak melakukan penginstalan custom ROM, maka anda wajib untuk mengganti recovery mode standar dengan custom recovery.

6. Masuk ke safe mode

Salah satu fasilitas yang disediakan oleh safe mode pada smartphone Android adalah agar smartphone bisa berjalan dengan lebih lancar dan lebih ringan. Fasilitas safe mode dapat dipakai guna melakukan pembersihan serta penghapusan sejumlah file virus pada smartphone Android.

Rata-rata, untuk bisa masuk ke safe mode di smartphone Android bisa dilakukan dengan cara menekan tombol power di mana smartphone dalam kondisi mati, kemudian diikuti dengan penekanan tombol volume ke atas serta ke bawah secara bergantian. Akan tetapi, langkah diatas bisa saja berbeda tergantung dari merek dan perangkat yang digunakan.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Handphone

7. Masuk ke download mode

Fasilitas download mode ini merupakan fasilitas yang banyak dimiliki smartphone bermerek Samsung yang bisa diakses melalui tombol power. Fitur ini memang bisa dipakai untuk anda di dalam mendapatkan sejumlah layanan berkaitan dengan sejumlah software dan aplikasi yang bisa dipasang pada smartphone Android. Apabila pada smartphone terjadi sebuah kekeliruan atau kerusakan yang diakibatkan oleh software, maka download mode juga bisa dipakai untuk merestor nya.

Langkah masuk download mode yang bisa anda praktekan pada smartphone Samsung yaitu dengan cara menekan kombinasi tombol power dan tombol home serta tombol volume atas secara bersamaan pada kondisi smartphone mati. Apabila setelah itu muncul icon robot Android yang terdapat banyak menu, artinya anda sudah berhasil masuk ke dalam download mode.

8. Untuk mengakhiri panggilan

Tombol power juga bisa dimanfaatkan untuk mengakhiri panggilan dari telepon yang Anda lakukan. Namun tentunya Anda harus melakukan konfigurasi terlebih dahulu pada smartphone Android. Langkahnya adalah dengan masuk ke menu setting, kemudian silakan Anda pilih menu accesibility. Selanjutnya, silakan Anda cari pada bagian opsi power button to end call.

Itulah 8 fungsi tombol power pada smartphone Android yang bisa saya bahas pada posting kali ini. Ternyata, selain bisa digunakan untuk mematikan dan menyalakan smartphone Android serta mengunci layar, ternyata tombol power juga memiliki beragam fungsi dan manfaat yang tidak kalah pentingnya di dalam pengoperasian smartphone Android sehari-hari. Mudah-mudahan, anda bisa memaksimalkan tombol power smartphone Android sebaik mungkin sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat yang lebih banyak dari tombol power tersebut

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan SMS

Apa Yang Dimaksud Dengan SMS

Popularitas dari penggunaan SMS atau Short Message Service sekarang ini memang sudah mulai memudar. Hal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *