Home / Hardware / Keyboard / Fungsi Tombol SHIFT Pada Keyboard Komputer

Fungsi Tombol SHIFT Pada Keyboard Komputer

Walaupun tidak memiliki fungsi secara mandiri, tombol SHIFT ternyata memiliki banyak sekali fungsi apabila dikombinasikan dengan tombol yang lainnya. Tombol SHIFT yang berjumlah 2 pada keyboard PC contohnya memiliki peranan yang sangat penting. Oleh sebab itu, ketika tombol SHIFT pada keyboard mengalami kerusakan, maka kegiatan berkomputer anda akan menjadi sangat terganggu.

Fungsi Tombol SHIFT Pada Keyboard Komputer

Fungsi tombol SHIFT pada keyboard komputer perlu kita pelajari bersama supaya kita bisa memaksimalkan penggunaan tombol SHIFT tersebut. Tentunya, dengan memanfaatkan tombol SHIFT pada keyboard, pekerjaan kita akan menjadi lebih cepat selesai dan lebih ringan. Lalu, Apa saja fungsi tombol SHIFT pada keyboard apabila dikombinasikan dengan tombol yang lainnya? Silahkan anda Simak terus alasan berikut ini.

Fungsi tombol SHIFT pada keyboard komputer

Karena sifatnya yang universal, maka tombol SHIFT juga bisa digunakan pada sejumlah software. Pada bahasan kali ini, saya juga akan mengulas mengenai fungsi SHIFT yang ada pada sejumlah software sehingga penerapannya jauh lebih luas.

1. Tombol SHIFT yang dikombinasikan dengan tombol DEL

Apabila anda hendak menghapus file maupun folder dan tidak menginginkan masuk ke Recycle Bin alias penghapusan secara permanen, maka silahkan anda tekan Tombol SHIFT + DEL. Dengan menggunakan kombinasi tombol tersebut maka secara otomatis File atau folder yang anda hapus akan hilang secara permanen.

2. Mempercepat komputer booting

Komputer lelet pada saat booting? Silahkan anda tekan tombol SHIFT dan merasakan tambahan kecepatan booting pada komputer anda.

Baca Juga:   Fungsi Tombol Page Up Pada Keyboard

3. Cegah autorun virus

Komputer anda sering kemasukan virus melalui flashdisk? Pada saat Anda hendak menancapkan USB flashdisk ke laptop atau komputer, silakan Anda tekan dan tahan tombol SHIFT guna mencegah fasilitas autorun berjalan sehingga virus tidak mudah masuk ke dalam komputer maupun laptop.

4. Mengubah file menjadi tanpa nama

Cara untuk mengubah file supaya tidak memiliki nama adalah dengan cara menekan dan menahan tombol SHIFT Ketika anda hendak membuka file melalui Windows Explorer. Lakukan hal tersebut apabila anda benar-benar membutuhkannya.

5. Tekan SHIFT berulang kali untuk memunculkan Menu stickykeys

Untuk memunculkan Menu stickykeys, silahkan anda tekan berulang kali tombol SHIFT. Rata-rata penekanan tombol SHIFT sampai dengan 4 kali. Lakukan sampai terdengar bunyi tiiiiit pada CPU. Fasilitas stickykeys dipakai guna mempermudah proses pengkombinasian dua tombol atau lebih. Jadi, kita dapat tetap menjalankan perintah-perintah tanpa harus Menekan tombol sebelumnya.

6. Meniadakan Splash Screen atau loading screen

Apakah anda selalu melihat Splash Screen atau loading screen pada saat mengaktifkan microsof Word? Untuk menghilangkan tampilan tersebut, maka silahkan anda tekan dan tahan tombol SHIFT sebelum menjalankan aplikasi Microsoft Word ataupun aplikasi apapun. Setelah itu, maka splashscreen akan hilang.

7. Memilih opsi “No At All” atau pilihan opsi “tidak” untuk seluruh pertanyaan

Pada saat anda sedang mengkopi banyak file pada sebuah folder dan ternyata pada folder yang dituju sudah ditemukan adanya nama file atau folder yang sama, maka Windows akan memunculkan sebuah pilihan overwrite yaitu “Yes”, “Yes To All”, “No” dan “Cancel”. Apabila anda menekan dan menahan tombol SHIFT lalu diikuti dengan mengklik pilihan “No”, maka hal tersebut akan memilih opsi “No At All”.

Baca Juga:   Fungsi Tombol ESC Pada Keyboard Pada Mac OS dan Windows

8. Membuka halaman web yang telah ditutup

Gunakan kombinasi tombol SHIFT + CTRL + T untuk membuka kembali halaman website yang sebelumnya sudah ditutup atau tertutup dengan tidak sengaja. Silakan Anda gunakan kombinasi tombol tersebut untuk mempermudah Membuka halaman website yang sebelumnya sudah tertutup.

9. Fitur tab mundur

Secara umum fitur tab yang dimiliki oleh microsoft word adalah maju. Namun dengan menggunakan kombinasi tombol SHIFT + TAB, maka pergerakan tabulasi pada Microsoft Word adalah mundur ke belakang.

10. Fitur change case

Apakah anda ingin mengubah change case dari teks secara cepat? Silakan Anda gunakan kombinasi tombol SHIFT + F3 untuk memilih jenis cangkas yang diinginkan mulai dari Lower Case, Upper Case, Sentence Case, dan Sejumlah Case yang lainnya. Fitur ini bisa bekerja pada software Microsoft Word.

11. Membuat komputer merespon kembali

Komputer anda mengalami error atau hang? Silahkan Anda coba gunakan kombinasi tombol CTRL + SHIFT + ESC, mudah-mudahan komputer yang hang tersebut bisa respon kembali.

12. Membuka link pada Windows baru

Apabila Anda ingin membuka Link yang anda klik pada Windows baru, maka silahkan anda tekan dan tahan tombol SHIFT sambil mengklik Link yang diinginkan untuk dibuka pada Windows yang baru.

Baca Juga:   Fungsi Tombol CTRL Pada Software Browser, MS Word dan Photoshop

13. Klik Kanan

Ternyata, kombinasi tombol SHIFT + F10 sama dengan Klik Kanan pada mouse

14. Fitur Group

Gunakan tombol kombinasi ctrl + SHIFT + n untuk membuat tab yang ter group supaya kita lebih mudah di dalam mencari tab. Fitur ini bisa bekerja pada software browser Mozilla Firefox versi 4 keatas.

15. Mencari kata atau kalimat

Ingin lebih cepat menemukan kata atau kalimat pada sebuah dokumen Microsoft Word? Gunakan kombinasi tombol SHIFT + F3 atau CTRL + F

16. Mendownload file yang tidak bisa di download di IDM

Anda menemukan link pada IDM yang tidak bisa di download? Silakan Anda coba gunakan tombol SHIFT. Caranya adalah dengan tekan dan tahan tombol SHIFT, lalu klik link dari download tersebut.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai fungsi tombol SHIFT pada keyboard komputer yang jarang diketahui oleh pengguna komputer. Ternyata cukup banyak kombinasi tombol SHIFT yang bisa kita gunakan sehingga bisa memaksimalkan sejumlah pekerjaan di komputer sehingga bisa lebih cepat. Mudah-mudahan, artikel sederhana pada posting kali ini bisa menambah ilmu pengetahuan dan wawasan anda. Terimakasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Fungsi Tombol Insert Pada Keyboard

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas mengenai fungsi tombol Insert pada keyboard. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *