Home / Hardware / Keyboard / Fungsi Tombol Tab Pada Keyboard

Fungsi Tombol Tab Pada Keyboard

Pada sebuah laptop atau komputer desktop, keberadaan tombol Tab adalah hal yang sangat penting karena memiliki fungsi yang cukup spesial. Tombol Tab adalah salah satu tombol pada keyboard yang memiliki manfaat sangat unik dan juga menarik serta sangat dibutuhkan pada kegiatan mengetik dan juga kegiatan Berselancar Di Internet. Lalu, Apa saja fungsi tombol pada keyboard yang perlu Anda ketahui?

Fungsi Tombol Tab Pada Keyboard

Silakan Anda Baca terus alasan berikut supaya anak benar-benar memahami sejumlah fungsi tombol tahu yang mana Bisa anda aplikasikan pada setiap kegiatan berkomputer baik mengetik ataupun berinternet. Intinya, Ketika anda memahami sekaligus mempraktekkan fungsi dari tombol Tab pada keyboard tersebut, maka sejumlah pekerjaan Anda akan berjalan lebih cepat dan lebih nyaman.

Fungsi tombol Tab pada keyboard

Pada bahasan kali ini, penulis akan mengangkat tiga fungsi tombol Tab pada keyboard yang perlu Anda ketahui secara umum. Tombol Tab pada keyboard terletak di bagian Kolom paling kiri. Anda tentunya bisa dengan mudah menemukan tombol Tab pada keyboard sekaligus mudah pula di dalam menjangkaunya dengan menggunakan tangan kiri.

Baca Juga:   Fungsi Kombinasi Tombol Pada Keyboard

Berikut ini adalah sejumlah fungsi tombol Tab pada keyboard:

1. Mengatur bagian awal paragraf

Apakah anda sering menemukan sebuah paragraf di mana baris pertama dari masing-masing paragraf sedikit menjorok ke dalam? Dengan adanya bagian di mana baris pertama sedikit menjorok kedalam menandakan bahwa kita sudah memasuki paragraf baru. Apakah anda tahu bagaimana membuat baris pertama pada sebuah paragraf menjorok kedalam dengan hanya menggunakan satu tombol saja? Jawabannya adalah dengan menggunakan tombol Tab.

Cukup menekan tombol Tab satu kali pada baris pertama di masing-masing paragraf maka secara otomatis baris pertama tersebut akan bergeser ke dalam. Kita tidak perlu menggunakan tombol spasi berulang kali untuk mengatur supaya baris pertama lebih menjorok ke dalam.

2. Mempermudah proses login

Mungkin di dalam pikiran anda bertanya-tanya apakah ada hubungannya antara login dengan tombol Tab? Ketika anda sedang mengunjungi sebuah situs yang membutuhkan proses login, sebut saja Misalnya adalah Facebook, email, dan sejumlah situs lainnya, maka untuk mempermudah Anda didalam berpindah dari 1 edit Box atau isian yang satu ke isian yang lain, maka anda bisa menggunakan tombol. Cukup menekan tombol Tab, maka secara otomatis kursor Akan berpindah dari kolom yang satu ke kolom yang lainnya.

Baca Juga:   Fungsi Tombol ENTER Pada Keyboard

Anda tidak perlu lagi repot-repot menggunakan Mouse untuk berpindah ke kolom username Dan kolom password. Artinya, setelah anda selesai mengisi username, maka silahkan anda tekan tombol Tab untuk berpindah ke kolom password. Setelah itu akhiri dengan menekan tombol enter.

3. Mempermudah proses pengisian data secara online

Fungsi ini mirip dengan mempermudah proses login di atas. Pada pengisian data login di atas, kita hanya perlu mengisi dua kolom, sementara itu pada saat kita hendak mengisi data online, maka kita memerlukan pengisian pada banyak kolom. Prosesnya adalah sama, dimana untuk berpindah tempat dari kolom yang satu ke kolom yang lainnya Anda cukup menekan tombol Tab saja. Proses tersebut tentunya akan lebih cepat dan menghemat waktu dibandingkan dengan menggunakan Mouse untuk menempatkan kursor di masing-masing kolom yang dibutuhkan.

Sebenarnya, masih ada lagi fungsi dari tombol tapi yang lain apabila dikombinasikan dengan tombol yang lainnya bola. Sebagai contoh, apabila tombol Alt di kombinasikan dengan tombol Tab, maka akan memiliki fungsi untuk berpindah satu arah ke depan software yang sedang dibuka. Artinya, tanpa menggunakan Mouse untuk mengklik software yang sedang aktif di taksbar Windows, maka anda bisa menggunakan kombinasi tombol Alt + Tab untuk berpindah antar software yang sedang aktif atau terbuka.

Baca Juga:   Fungsi Tombol CTRL ALT DEL Pada OS Windows

Demikianlah tutorial singkat mengenai fungsi tombol Tab pada keyboard yang perlu Anda ketahui bersama supaya tombol keyboard yang satu ini bisa anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya dan tentunya sejumlah pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan cepat menggunakan bantuan tombol ini bisa terealisasikan. Akhir kata, Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Fungsi Tombol Insert Pada Keyboard

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas mengenai fungsi tombol Insert pada keyboard. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *