Home / Hardware / Keyboard / Fungsi Tombol Windows Pada Keyboard

Fungsi Tombol Windows Pada Keyboard

Tombol pintas bukanlah tombol asing di mana tombol yang memiliki logo gambar jendela tersebut bisa dipastikan ada pada seluruh keyboard. Namun tentunya keyboard-keyboard yang memiliki tombol Windows adalah keyboard standar, bukan keyboard khusus yang dibuat oleh produsen seperti Apple. Termasuk adalah dari sisi pengguna, tombol Windows pada keyboard tentunya sudah cukup familiar. Hanya saja, Apakah setiap pengguna sudah memahami apa saja fungsi tombol Windows pada keyboard? Apakah mereka sudah bisa memaksimalkan kegunaan dari tombol Windows tersebut?

Fungsi Tombol Windows Pada Keyboard

Apabila anda masih mencoba untuk memahami secara detail fungsi tombol Windows pada keyboard, maka silakan Anda Baca terus ulasan Pada kesempatan kali ini karena akan membahas sejumlah fungsi tombol Windows pada keyboard secara umum apabila dikombinasikan dengan tombol-tombol yang lainnya. Mungkin saja, diantara Anda ada yang mengetahui bahwa fungsi tombol Windows pada keyboard adalah untuk membuka Start menu. Hal tersebut memang benar, namun diluar fungsi tersebut masih ada sejumlah fungsi yang lainnya.

Fungsi tombol Windows pada keyboard

Seperti yang sudah diulas pada bagian depan bahwa tombol Windows pada keyboard memiliki sejumlah fungsi apabila di kombinasikan dengan tombol yang lainnya. Fungsi tersebut nantinya akan sangat berguna bagi anda pada saat bekerja di komputer sehingga pekerjaan anda akan selesai dengan lebih cepat dan efisien. Letak dari tombol Windows pada keyboard adalah pada baris paling bawah, 1 Blok dengan tombol alfabet.

Baca Juga:   Fungsi Tombol F5 Pada Keyboard
  1. Fungsi tombol Windows secara mandiri digunakan untuk membuka ataupun menampilkan Start menu Windows.
  2. Fungsi tombol Windows + D adalah untuk menampilkan desktop serta meminum seluruh program yang terbuka. Bisa juga digunakan untuk restore atau mengembalikan seluruh program Windows yang sudah terbuka.
  3. Fungsi tombol Windows + E digunakan untuk menampilkan jendela Windows Explorer
  4. Fungsi tombol Windows + F digunakan untuk menampilkan search result atau menu pencarian file dan folder
  5. Fungsi tombol Windows + CTRL + F digunakan untuk menampilkan search results pada komputer
  6. Fungsi tombol Windows + F1 digunakan untuk menampilkan menu bantuan atau sering disebut dengan istilah help and support Center
  7. Fungsi tombol Windows + R digunakan untuk menampilkan jendela dialog Run
  8. Fungsi tombol Windows + Break digunakan untuk menampilkan jendela dialog system properties
  9. Fungsi tombol Windows + M digunakan untuk melakukan manipulasi pada semua program Windows yang masih terbuka, atau bisa juga disebut dengan mengembalikan ke posisi desktop
  10. Fungsi tombol Windows + SHIFT + M digunakan untuk mengembalikan seluruh jendela Windows yang sudah di minimize. Kombinasi tombol ini merupakan kebalikan dari kombinasi tombol Windows + M.
  11. Fungsi tombol Windows + L Digunakan untuk mengunci atau lock komputer
  12. Fungsi tombol Windows + U digunakan untuk menampilkan jendela utility Manager
  13. Fungsi tombol Windows + Tab digunakan untuk mengubah tampilan layar komputer menjadi tampilan 3D
  14. Fungsi tombol Windows + R, lalu mengetik perintah PSR.exe yang nantinya akan berfungsi untuk memulai proses perekaman
  15. Tekan dan tahan tombol Windows + R, lalu masukkan OSK, maka secara otomatis pada layar monitor akan ditampilkan keyboard virtual
  16. Fungsi dari tombol Windows dikombinasikan dengan + ataupun – adalah untuk melakukan zoom in ataupun zoom out pada layar monitor.
Baca Juga:   Fungsi Tombol HOME Pada Keyboard

Demikianlah penjabaran singkat mengenai sejumlah fungsi tombol pintas pada keyboard yang perlu Anda ketahui bersama. Ternyata selain digunakan untuk membuka Start menu, tombol Windows pada keyboard juga memiliki banyak fungsi yang lain dimana fungsi-fungsi tersebut akan sangat membantu mempercepat dan mengefisiensikan waktu pada saat bekerja di komputer. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan bisa menambah ilmu pengetahuan di bidang komputer. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Fungsi Tombol Insert Pada Keyboard

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas mengenai fungsi tombol Insert pada keyboard. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *