Home / Umum / Usaha / Fungsi Utama Akuntansi Pada Organisasi Maupun Perusahaan

Fungsi Utama Akuntansi Pada Organisasi Maupun Perusahaan

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang fungsi utama akuntansi, marilah kita membahas tentang pengertian, tujuan dan juga fungsi dari akuntansi itu sendiri. Adapun pengertian dari akuntansi merupakan sebuah pengukuran yang dilanjutkan dengan proses penjabaran maupun pemberian kepastian tentang data dan informasi yang akan bertindak membantu manajer, para investor, serta otoritas pajak dan para pembuat kebijakan lainnya guna membuat sebuah alokasi sumber daya keputusan pada perusahaan, organisasi maupun lembaga pemerintahan.

Fungsi Utama Akuntansi

Bisa dikatakan bahwa akuntansi merupakan salah satu seni di dalam melakukan pengukuran, berkomunikasi serta menginterpretasikan sebuah aktivitas keuangan. Apabila dilihat secara luas, akuntansi juga kerap dikenal dengan sebagai bahasa bisnis.

1. Tujuan akuntansi

Guna menyiapkan berbagai macam laporan mengenai keuangan yang lebih akurat supaya bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh setiap manajer, para pengambil kebijakan serta pihak yang memiliki kepentingan lainnya, contohnya adalah kreditor, para pemegang saham maupun pemilik. Kegiatan pencatatan harian yang terlibat pada proses tersebut dikenal dengan istilah pembukuan.

Baca Juga:   Cara Menghitung Gaji Karyawan Paling Baru

Akuntansi keuangan merupakan sebuah cabang dari bidang akuntansi, yang mana berbagai macam informasi keuangan pada sebuah bisnis akan dicatat, diringkas, diklasifikasikan, diinterpretasikan dan selanjutnya akan dikomunikasikan.

Proses auditing, merupakan satu buah disiplin ilmu yang sangat erat hubungannya, namun sejatinya tetap terpisah dari bidang akuntansi, yakni sebuah proses dimana terjadi pemeriksaan secara independen guna memeriksa berbagai macam laporan keuangan pada sebuah organisasi guna memberikan sebuah pendapat maupun opini, yang tentunya masuk akal namun tidak dijamin keseluruhannya, tentang kewajaran serta kesesuaian dengan berbagai macam prinsip akuntansi yang bisa diterima secara umum.

2. Fungsi utama akuntansi

Adapun fungsi utama akuntansi yaitu sebagai bagian informasi keuangan pada sebuah organisasi maupun perusahaan. Bersumber dari laporan akuntansi tersebut, maka kita dapat melihat posisi keuangan pada sebuah organisasi atau perusahaan lengkap dengan perubahan yang ada didalamnya. Akuntansi tentunya dibuat cukup kualitatif dengan bagian satuan ukuran uang.

Berbagai macam data dan informasi tentang keuangan tentu sangat diperlukan, khususnya adalah pada pihak manajemen maupun manajer guna membantu di dalam membuat sebuah keputusan pada suatu organisasi maupun perusahaan.

Baca Juga:   Fungsi Utama Perbankan Indonesia Secara Umum

3. Laporan dasar akuntansi

Secara umum, proses akuntansi nantinya akan menghasilkan output atau keluaran laporan laba rugi, laporan mengenai perubahan modal, serta laporan neraca pada sebuah organisasi maupun perusahaan yang lainnya. Pada sebuah laporan akuntansi wajib tercantum nama laporan, nama perusahaan, tanggal pembuatan maupun jangka waktu laporan tersebut guna mempermudah pihak lain untuk memahaminya. Laporan tersebut bisa memiliki sifat periodik dan tentunya bisa pula yang memiliki sifat pada periode waktu tertentu saja.

Demikianlah penjabaran singkat tentang fungsi utama akuntansi yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Walaupun cukup ringkas pembahasannya, namun penulis memiliki harapan tulisan sederhana diatas mampu untuk memberikan gambaran gambaran umum kepada anda tentang beberapa bagian dasar dari akuntansi. Terima kasih dan selamat beraktifitas, salam sukses untuk anda.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Nilai Emas

Cara Menghitung Nilai Emas Dengan Benar Dan Cepat

Apakah anda sudah memahami Bagaimana cara menghitung nilai emas? Sebenarnya, proses untuk menghitung nilai emas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *