Home / Software / Fungsi Utama Dari Sistem Operasi Yang Belum Banyak Diketahui

Fungsi Utama Dari Sistem Operasi Yang Belum Banyak Diketahui

Di bangku sekolah, mungkin anda pernah mendapatkan pertanyaan ” jelaskan fungsi utama dari sistem operasi?” pada mata pelajaran TIK atau KKPI. Tentunya, untuk bisa menjawab pertanyaan di atas Anda harus memahami fungsi utama sistem operasi. Apabila anda belum memahami mengenai fungsi-fungsi dari sistem operasi, maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulasnya khusus untuk anda.

Fungsi Utama Dari Sistem Operasi

Sebagai software atau perangkat lunak didalam sebuah komputer, sistem operasi atau operating system pada komputer tentu memiliki berbagai macam fungsi yang cukup penting dimana tanpa adanya sistem operasi tersebut, maka sebuah komputer tidak akan bisa menjalankan program serta fungsinya.

Fungsi utama dari sistem operasi

Fungsi utama dari sistem operasi tentunya cukup banyak jumlahnya, kadang ada yang menyebutkan bahwa sistem operasi memiliki 3 fungsi, ada pula yang menyebutkan bahwa sistem operasi memiliki 7 fungsi. Lantas, apa sajakah fungsi dari sistem operasi tersebut? Silakan disimak penjabarannya di bawah ini

1. Fungsi utama sistem operasi Yang pertama adalah menjalankan operasi dasar

Fungsi yang pertama dari sistem operasi adalah menjalankan operasi operasi dasar pada sebuah komputer. Sistem ini Tentunya dinilai sebagai salah satu komponen yang cukup vital di mana mendasari sistem kerja dari software atau perangkat lunak yang lainnya

Tentunya, sebelum software aplikasi berjalan serta bisa berfungsi pada sebuah komputer, maka sistem operasi lah yang nantinya memungkinkan software aplikasi tersebut bisa berjalan serta ditampilkan kepada seluruh pemakai yang menggunakan komputer tersebut.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Operasi Komputer

2. Fungsi utama sistem operasi yang kedua adalah mengatur kinerja dari software dan hardware

Dapat dikatakan bahwasanya sistem operasi merupakan resource Manager pada suatu komputer. Artinya adalah sistem operasi di komputer memiliki fungsi untuk mengontrol peranan dari hardware yang ada di komputer, mulai dari hardisk, prosesor, memori, dan sejumlah perangkat keras yang lainnya serta mengatur fungsi dari software aplikasi supaya bisa berkomunikasi dengan hardware komputer tersebut.

3. Fungsi utama sistem operasi yang ketiga yaitu sebagai tempat aplikasi atau program

Berbagai macam aplikasi yang terpasang pada komputer tersimpan dengan baik di perangkat penyimpanan namun sebenarnya program atau aplikasi tersebut ada di dalam sebuah tempat yang disebut dengan sistem operasi itu sendiri.

Sejumlah aplikasi tersebut melekat dengan baik pada sistem operasi serta tidak dapat berfungsi ketika tidak ada sistem operasi. Apabila dianalogikan, sistem operasi layaknya sebuah lantai dimana berbagai macam barang diletakkan di atasnya Supaya masing-masing barang bisa dimanfaatkan, contohnya adalah meja yang di taruh di atas lantai, meja tentu tidak akan bisa berfungsi apabila tidak Terdapat lantai yang mendasarinya.

4. Fungsi utama sistem operasi yang keempat adalah menyajikan tampilan

Tampilan atau interface yang anda lihat pada layar monitor maupun gadget adalah hasil dari proses pengoperasian sistem operasi. Dengan bahasa lain, sistem operasi yang ada pada komputer akan memberikan kemudahan sebuah aplikasi untuk berjalan serta menampilkan hasilnya pada layar monitor komputer serta menterjemahkan bahasa pemrograman yang asalnya dari prosesor untuk ditampilkan di dalam bentuk grafik, teks serta tampilan lainnya yang cukup mudah untuk dipahami.Peranan lain dari sistem operasi yang ada di komputer yang di sebagai Suatu tatap muka atau interface di antara perangkat keras komputer yang dipakai dengan pengguna.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan File

5. Fungsi utama sistem operasi yang kelima adalah mengkoordinasikan kinerja pada masing-masing perangkat komputer

Disamping berguna untuk mengatur perangkat keras pada komputer dan perangkat lunak pada komputer supaya bisa saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya, sistem operasi pada komputer juga memiliki fungsi untuk mengkoordinasikan berbagai macam hal yang ada pada komputer, utamanya adalah menyusun program yang sifatnya cukup Kompleks menjadi jauh lebih sederhana dan berurutan. Sistem operasi pada komputer tentunya akan memberikan kemudahan pada sebuah aplikasi supaya bisa bekerja jauh lebih efisien.

6. Fungsi utama sistem operasi yang keenam adalah memaksimalkan fungsi dari perangkat komputer

Peranan lain dari sistem operasi pada komputer adalah memaksimalkan pemakaian perangkat keras dan juga perangkat lunak pada komputer. Contohnya di dalam mengatur waktu berfungsinya prosesor, pemanggilan sebuah data yang masih tersimpan di dalam flash disk maupun memori, maupun mengatur waktu yang dipakai pada koneksi di dalam Terminal.

7. Fungsi utama sistem operasi yang ketujuh yaitu melindungi dan mengawasi jalannya sebuah fungsi dari program

Sebuah sistem operasi pada komputer memberikan kemungkinan kepada pemakai yang memiliki hak guna mengakses komputer untuk menjalankan sebuah program serta mengendalikan Siapa yang dapat mengakses pada program tersebut maupun yang dikenal dengan istilah fungsi gate keeper. Tentunya, sistem operasi tidak hanya berfungsi untuk mengendalikan pemakaian di dalam mengakses program maupun sistem, namun sistem operasi di komputer tentunya akan mengawasi berbagai macam hal yang dikerjakan oleh pengguna di dalam mengakses sebuah sistem program pada komputer.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan File Attachment

Seluruh file yang masih tersimpan di dalam komputer tentunya dilindungi oleh sistem operasi yang ada pada komputer dan hanya dapat diakses oleh pengguna yang memiliki hak untuk mengaksesnya maupun memiliki kendali pada sebuah perangkat komputer.

Demikianlah ulasan singkat tentang fungsi utama dari sistem operasi yang patut untuk diketahui bersama sebagai salah satu media pembelajaran sehingga Sebagai pengguna komputer yang baik kita juga memahami Salah satu bagian penting yang menjadikan sebuah komputer bisa berfungsi dengan selayaknya. Terima kasih dan selamat beraktifitas, semoga hari hari Anda menyenangkan.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Fungsi Utama Software

Fungsi Utama Software Pada Peralatan Teknologi

Apakah anda telah memahami fungsi utama software pada berbagai macam peralatan teknologi sekarang ini? Seandainya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *