Home / Umum / Usaha / Fungsi Utama Pasar Secara Umum

Fungsi Utama Pasar Secara Umum

Kata pasar bukanlah kata yang asing bagi Anda semuanya. Seluruh masyarakat Indonesia tentunya sudah mengetahui apa itu pasar. Hanya saja, belum tentu seluruh masyarakat Indonesia memahami fungsi utama pasar secara umum. Bisa dikatakan bahwa pasar adalah salah satu tempat utama pada proses perputaran perekonomian di sebuah negara. Pasar adalah tempat terjadinya aktivitas maupun kegiatan perekonomian, seperti distribusi, konsumsi dan juga produksi.

fungsi utama pasar

Disamping itu, pasar juga dapat dijadikan sebagai tempat manusia berkumpul guna mencari keperluan, mengerjakan ego serta pengertian dari motif ekonomi yang telah mereka punya. Disamping itu, bagian yang paling penting di dalam aktivitas ekonomi adalah karena pasar dijadikan sebagai pusat aktivitas ekonomi pada sebuah negara. Tanpa berdirinya pasar, maka aktivitas perekonomian sebuah negara bisa dipastikan akan terganggu, bahkan tidak akan dapat berkembang. Kondisi tersebut dapat terjadi sebab pasar adalah suatu benda yang mati, akan tetapi hidup. Hidup dengan berbagai macam aktivitas dan kegiatan di dalamnya dimana pasar memiliki kemampuan untuk menghadirkan atau mendatangkan berbagai macam kemudahan, kebaikan serta keuntungan untuk seluruh pihak.

Pada umumnya, pasar adalah suatu tempat terjadinya suatu interaksi minimal antara dua orang atau bahkan lebih dengan mempunyai tujuan yang sama. Dengan bahasa lain, tentunya pasar mempunyai fungsi, sama dengan tempat-tempat yang lainnya, misalnya adalah sebuah taman rekreasi yang mempunyai manfaat sebagai tempat hiburan, bandara yang mempunyai manfaat guna melayani penerbangan masyarakat umum, dan tempat-tempat yang lainnya.

Fungsi utama pasar Secara umum

Ada sejumlah fungsi penting yang dimiliki oleh pasar secara umum, di antaranya adalah:

1. Sebagai tempat terjadinya proses distribusi

Fungsi utama pasar yang pertama yaitu sebagai tempat terjadinya proses distribusi, baik itu proses distribusi untuk konsumen maupun produsen. Ketika ada pasar, maka masing-masing produsen dapat melakukan pemasaran serta menjual berbagai macam barang yang sudah diproduksi nya, serta pihak konsumen dapat memperoleh keperluan lewat barang-barang yang sudah Dijual di Pasar.

Intinya adalah pasar bisa dijadikan sebagai jembatan untuk menghubungkan antara pihak konsumen dengan pihak produsen, di mana pihak produsen sudah memproduksi berbagai macam barang yang dapat dijual Serta menawarkannya kepada pihak konsumen. Sementara itu pihak konsumen yang mempunyai keperluan dapat terbantu dengan sejumlah barang yang dimiliki oleh produsen tersebut.

Disamping itu, dengan adanya pasar, mata konsumen dan produsen akan begitu terbantu, tentunya untuk produsen yang hendak memperoleh nilai keuntungan dari kegiatan penjualan produk serta tidak perlu lagi untuk susah payah mencari konsumen, karena hanya perlu untuk menuju ke pasar dan pihak Konsumen akan mendatanginya. Demikian pula dengan pihak konsumen yang hendak memperoleh keperluannya, maka dia hanya perlu untuk pergi ke pasar serta membelinya

2. Sebagai tempat penentu nilai dan pembentuk harga

Harga sebuah produk adalah salah satu bagian yang sangat penting pada aktivitas perekonomian, di mana seluruh pihak yang berkaitan di dalam aktivitas ekonomi wajib untuk mempunyai harga yang sudah disepakati dan disetujui secara bersama dan memiliki tujuan untuk kemaslahatan seluruh pihak. Hal tersebutlah yang mewajibkan sebuah harga pada masing-masing produk maupun masing-masing pihak yang mempunyai produk yang sama, tentunya wajib mempunyai harga yang sama, boleh saja berbeda namun selisihnya hanyalah sedikit.

Jika ada suatu pelanggaran maupun penyelewengan peraturan, maka nantinya akan terjadi suatu kendala pada perkembangan ekonomi. Dimulai dari masalah ketidakpastian tersebutlah, Maka pasar ada guna memberikan suatu pemecahan masalah.

Pasar juga memiliki fungsi guna menetapkan serta membentuk harga yang memiliki tujuan Pada seluruh tempat serta kalangan, di mana harga tersebut sama dan tentunya berlaku Beberapa syarat, misalnya harga telah disesuaikan dengan kondisi masyarakat, geografis, kondisi perekonomian yang rata-rata berupa penawaran dan permintaan dan beberapa bagian lainnya. Kondisi tersebut tentunya berada dalam ruang lingkup yang cukup besar.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Hotel

Sementara itu, di dalam ruang lingkup yang kecil maka fungsi pasar yang bertindak sebagai pembentuk harga bisa dilihat pada saat terjadi proses tawar-menawar di antara penjual dan pembeli yang nantinya akan menghasilkan harga paling rendah, akan tetapi masih tetap memberikan keuntungan untuk penjual maupun produsen nya.

3. Sebagai sarana atau tempat untuk promosi

Pasar bisa dijadikan sebagai salah satu tempat yang cukup efektif untuk dipakai sebagai sarana promosi. Sebab, di dalam pasar terdapat cukup banyak orang serta kerumunan yang sedang mencari keperluannya. Kondisi tersebut lah yang akan dimanfaatkan oleh produsen sebagai suatu ajang guna memperkenalkan berbagai macam produk yang dia punya, harapannya adalah cukup banyak konsumen yang merasa tertarik terhadap produk yang sudah diproduksinya tersebut.

Ketika ada pasar, maka produsen akan memperoleh bantuan serta kemudahan dari sisi promosi, yang rata-rata promosi akan membutuhkan biaya cukup banyak guna memasukkannya produk tersebut dalam iklan baik itu pada Media elektronik maupun media cetak. Akan tetapi, Apabila ada di pasar, maka sejumlah produsen tentu tidak membutuhkan lagi untuk mengeluarkan biaya yang cukup banyak, akan tetapi hanya perlu untuk menuju ke pasar serta mengenalkan dan juga menjual produk yang telah mereka buat. Itulah fungsi dari pasar yang digunakan sebagai tempat promosi yang dapat dimanfaatkan oleh produsen guna memperkenalkan produk yang dimilikinya tanpa harus kesulitan serta syarat yang sangat banyak dan rumit.

4. Sebagai tempat untuk mencari untung

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwasanya rata-rata orang akan melaksanakan berbagai macam kegiatan ekonomi serta berkecimpung pada pasar guna mencari suatu keuntungan. Pasar dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan utama untuk mereka Para produsen guna mendapatkan suatu keuntungan. Tentunya, keuntungan yang bisa didapat bukanlah Didapat dari hasil kekurangan, Sebab di dalam pasar selalu dijunjung nilai keadilan dan kejujuran. Oleh sebab itu, siapa saja yang mau bekerja keras, maka dialah yang nantinya akan memperoleh keuntungan yang lebih banyak dibandingkan pihak-pihak yang tidak terlalu aktif di dalam mempromosikan barang produksinya.

Dengan Tersedianya pasar, maka pihak produsen dapat menjual berbagai macam barang dagangannya yang nantinya akan memberikan pemasukan untuk mereka pihak produsen. Posisi pasar di sini tentunya amat membantu, sebab seluruh pihak tidak akan perlu lagi membangun dari awal jaringan-jaringan konsumsi maupun kesulitan di dalam mencari konsumen, akan tetapi di dalam pasar masalah seperti itu akan hilang, Sebab di dalam pasar telah tersedia sebuah kesatuan di antara konsumen dan produsen, di mana seluruhnya akan saling mencari keuntungan, baik dari sisi material maupun dari sisi moral.

5. Sebagai tempat pembentukan kreativitas

Munculnya pasar dapat membentuk sebuah kreativitas yang tinggi untuk konsumen maupun produsen. Untuk produsen, Inovasi dan kreativitas wajib dikerjakan guna bisa selalu menarik konsumen untuk mau membeli produk yang dimilikinya. Di samping itu, kreatifitas wajib tetap dikerjakan dalam hal yang baru supaya tetap dapat bersaing dan bisa bertahan di pasar. Sementara itu, bagi pihak konsumen, kreativitas yang mereka miliki akan berlatih maupun dilatih pada sisi kepekaan di dalam memilih serta memutuskan barang maupun hasil produksi yang telah sesuai dengan apa yang mereka perlukan.

Baca Juga:   Perhitungan Gaji Karyawan Swasta

Di samping itu, pihak Konsumen juga tentunya akan lebih mudah di dalam mengembangkan pola pikir sehingga akan lebih selektif didalam memilih barang. Tidak sampai di situ saja, berbagai macam permasalahan yang ada di pasar akan mampu untuk membentuk kreativitas dari konsumen dan produsen, hal tersebut bisa dilihat pada saat mereka mampu untuk menyikapi serta mengatasi berbagai macam permasalahan.

6. Mampu mempererat tali silaturahmi

Di pasar, bisa dipastikan akan terjadi suatu komunikasi maupun interaksi pada beberapa pihak yang berkaitan, dapat di antara produsen dengan produsen, dapat pula di antara konsumen dengan produsen ketika bertransaksi. Secara tidak disadari, situasi sederhana seperti itu dapat membuahkan hal yang cukup manis, yaitu silaturahmi atau persaudaraan di antara individu semakin meningkat.

Intinya, di samping berbagai macam kegiatan maupun kebutuhan ekonomi bisa terpenuhi, keperluan sosial pun akan terpenuhi juga. Perlu untuk diingat bahwasanya setiap manusia memang dilahirkan di dunia guna menjadi makhluk sosial yang bisa dipastikan memerlukan orang lain untuk bisa tetap hidup. Selain itu, dengan adanya pasar, maka dapat dijadikan sebagai fasilitas untuk bisa bertemu minimal dua belah pihak yang saling mempunyai tujuan untuk bertemu guna membuat sebuah kesepakatan secara bersama yang terjadi pada proses jual beli serta tawar-menawar.

7. Melatih daya saing dan Daya juang

Bisa jadi, kita bertanya di dalam hati, apa kaitan antara Daya juang serta daya saing di dalam pasar. Tentu saja ada keterkaitannya. Dengan masuknya seseorang ke dunia pasar, maka tentunya dia harus selalu siap untuk bersaing dan berjuang dalam kondisi serta situasi yang berada di sekitar mereka, dengan tidak memandang golongan maupun statusnya.

Pada sebuah pasar, seluruh manusia yang ada di dalamnya adalah sama, tergantung atas apa yang dikerjakannya. Untuk yang menginginkan bisa sukses, maka tentunya mereka akan giat bekerja keras serta mengerjakan seluruh yang bisa mereka kerjakan untuk bisa bersaing, akan tetapi tetap dalam koridor yang lurus. Sementara itu, untuk pihak yang pasif dan malas tentunya mereka tidak akan memperoleh apapun juga. Untuk pihak yang terbiasa dan juga terlatih pada kegiatan bersaing dan berjuang, maka pada saat mereka keluar dari lingkungan pasar, maka mereka akan menjadi sosok yang lebih mampu dan lebih kuat untuk memecahkan berbagai macam permasalahan yang dihadapi.

8. Sebagai sarana pembangunan sosial

Di sebuah negara, wajib terdapat suatu perbaikan, yakni berupa pembangunan. Dengan adanya pembangunan, maka sebuah negara akan dapat berkembang, di samping itu juga dapat meningkatkan kesejahteraan untuk semua masyarakat yang ada di wilayah daerah tersebut. Tentunya sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pembangunan memang sangat dibutuhkan untuk seluruh negara. Dapat dibayangkan pada saat sebuah negara tidak pernah melakukan pembangunan, maka dengan otomatis negara tersebut akan mengalami ketertinggalan.

Suatu pasar tentu mempunyai hubungan erat dengan proses pembangunan nasional, Sebab di dalam pasar Akan terdapat alat, bahan serta sumber daya yang lainnya yang dapat dipakai sebagai suatu bahan dasar pada pembangunan. Di samping itu, pasar juga tentunya dijadikan salah satu bagian pemasok dana untuk pembangunan yang ada, yaitu dari sisi pajak yang dibayarkan. Kondisi itulah yang mendasari sebuah fungsi pasar sebagai suatu sarana pembangunan nasional.

9. Meningkatkan pemasukan ke negara

Devisa negara atau pemasukan negara adalah suatu aset yang memiliki peranan sangat penting. Dana yang tersedia dapat dipakai guna meningkatkan pembangunan, melakukan pembayaran hutang apabila negara mempunyai nya, serta dipakai untuk menunjang kerjasama dengan pihak lain. Terdapat sejumlah pemasukan yang bisa diterima oleh negara, di antaranya adalah omset, sanksi pelanggaran, denda pajak, pajak dan lain sebagainya. Pasar tentunya dijadikan sebagai salah satu pihak yang menyumbangkan dana cukup besar untuk negara, sebab pada pasar hampir seluruhnya berhubungan dengan keuntungan dan uang.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Profit

Sebuah aktivitas produksi tentu akan menghasilkan uang yang mana wajib dibayarkan separuhnya untuk pajak. Suatu kegiatan konsumsi juga tentunya bisa menghasilkan uang yang pada akhirnya wajib untuk disisihkan guna membayar sewa tempat atau sewa lokasi, dan masih ada beberapa hal yang lainnya. Dapat disimpulkan bahwa pemasukan negara akan lebih membaik apabila suatu kondisi pasar juga membaik. Jadi, secara umum bisa disimpulkan bahwa kehadiran sebuah pasar dapat membantu pihak pemerintah pada saat melaksanakan tugasnya guna mendapatkan tujuan, yaitu kesejahteraan masyarakat. Dalam kondisi tersebut, maka situasi perekonomian dan juga situasi sebuah negara akan lebih terkendali dan lebih stabil.

10. Mengontrol aktivitas ekonomi

Aktivitas ekonomi adalah salah suatu aspek yang sangat penting dalam sebuah negara. Oleh karena itu, bisa dipastikan bahwa di setiap bagian di dunia ini, seluruh negara akan melaksanakan aktivitas ekonomi dengan memiliki tujuan untuk memperoleh kesejahteraan hidup. Hampir pasti sejumlah besar aktivitas ekonomi akan difokuskan serta akan dipusatkan pada sebuah wadah atau tempat yaitu pasar. Di dalam pasar itulah nantinya berbagai macam aktivitas yang berhubungan dengan perekonomian akan dikerjakan, dimulai dari distribusi konsumsi, produksi dan lain sebagainya. Disamping itu, dilakukan pula berbagai macam aktivitas yang berkaitan dengan perekonomian Yang masuk didalamnya.

Dengan terdapatnya suatu pasar, maka hal tersebut akan cukup membantu pihak negara maupun pemerintah di dalam melakukan pengontrolan berbagai macam aktivitas serta alur perekonomian pada suatu negara. Tentunya dapat anda bayangkan pada saat tidak terdapat nya pasar, maka konsentrasi dari pihak pemerintah akan terpecah dan kondisi tersebut justru akan mempersulit bagi mereka guna melakukan pengontrolan serta mengatasi sejumlah permasalahan yang terjadi. Dengan adanya pasar, maka dapat membantu pihak pemerintah untuk lebih fokus di dalam menjalankan alur perekonomian dengan cara melakukan Pengawasan yang difokuskan pada sebuah titik.

Dapat disimpulkan bahwa adanya pasar akan memberikan sumbangan yang sangat besar untuk kehidupan serta keberlangsungan sebuah negara. Dengan adanya sejumlah fungsi yang dimiliki oleh pasar tentu akan membuat pihak pemerintah maupun masyarakat lebih mudah di dalam melaksanakan aktivitas maupun kegiatannya yang berkaitan dengan perekonomian.

Tentunya dapat anda bayangkan pada saat pasar tidak tersedia, maka suatu perekonomian di sebuah negara akan menjadi sepi atau hening, tidak ada hiruk pikuk aktivitas dari sekumpulan orang yang saling tawar-menawar harga barang, tidak akan ada suatu pihak yang rame untuk berjual beli dan tentunya tidak akan tersedia pihak yang mampu untuk membantu pihak pemerintah di dalam mencapai tujuannya guna memberikan kesejahteraan untuk semua warga masyarakat.

Demikianlah penjabaran tentang fungsi utama pasar secara umum yang bisa saya sharing pada kesempatan yang baik ini. Mudah-mudahan, setelah anda memahami sejumlah fungsi utama pasar di atas, maka akan membuat anda lebih sadar begitu pentingnya manfaat pasar bagi kehidupan sehari-hari yang tentunya akan berpengaruh pula terhadap berbagai macam pihak. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung GDP

Cara Menghitung GDP Paling Baru

Apakah anda sudah benar-benar memahami cara menghitung GDP? Apabila belum, maka Mari kita bahas bersama-sama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *