Home / Umum / Kesehatan / Fungsi Utama Protein Bagi Tubuh Manusia

Fungsi Utama Protein Bagi Tubuh Manusia

Membicarakan tentang fungsi utama protein, tentunya hal tersebut adalah merupakan sesuatu yang amat penting. Layaknya air, protein merupakan suatu zat yang sangat melimpah dan ada di masing-masing sel tubuh manusia. Tubuh manusia membuat protein dalam bentuk yang cukup beraneka ragam dengan memanfaatkan segala macam sumber makanan yang mengandung protein di dalamnya pada saat manusia mengkonsumsinya.

Fungsi Utama Protein

Adapun fungsi utama protein hampir selalu berkaitan dengan berbagai macam aktivitas yang manusia kerjakan di setiap harinya. Protein menjadi salah satu bagian penting dari struktur tubuh serta memiliki fungsi yang amat penting, contohnya adalah membuat kita tetap dapat bergerak dengan leluasa, membantu pendistribusian oksigen ke seluruh bagian tubuh, membantu proses pembekuan darah pada saat kita mengalami luka, membuat proteksi dan perlawanan terhadap infeksi, mengangkut berbagai macam zat yang keluar dan masuk dari sel, mengendalikan adanya reaksi kimia, serta membawa pesan dari suatu bagian tubuh ke bagian tubuh yang lainnya.

Bagian molekul protein itu sendiri terdiri dari rantai asam amino. Adapun proses dari pembentukan asam amino yakni tubuh kita mencerna protein yang kita peroleh dari makanan, kemudian mengubah menjadi asam amino, lalu diserap ke bagian aliran darah. Lalu, Sel kita memakai asam amino tersebut guna menghasilkan protein yang lebih spesifik yang tentunya kita perlukan berdasarkan peranannya masing-masing.

Membentuk Hormon, Misalnya Adalah Insulin Merupakan Salah Satu Fungsi Protein

Adapun sumber protein terdapat pada sejumlah jenis makanan, misalnya adalah kacang lentil, kacang polong, telur, Produk susu, ikan, dan daging termasuk di dalamnya adalah daging unggas. Sejumlah ahli gizi sangat menganjurkan supaya kita mengkonsumsi daging tanpa lemak dan tentunya susu rendah kadar lemak.

Fungsi Utama Protein

Di bawah ini adalah beberapa fungsi protein bagi tubuh manusia

1. Perawatan dan perbaikan

Protein kerapkali disebut sebagai pondasi dari sebuah bangunan yang bernama manusia. Kondisi tersebut disebabkan peranan dari protein yang sangat vital di dalam proses pemeliharaan jaringan tubuh, termasuk didalamnya adalah perbaikan dan pengembangan. Misalnya adalah bagian otot, mata, kulit, rambut dan sejumlah organ tubuh yang lainnya memerlukan protein.

Baca Juga:   Fungsi Utama Darah Pada Tubuh Manusia

Situasi tersebut juga yang menyebabkan anak-anak memerlukan cukup banyak protein Apabila dibandingkan dengan orang yang telah dewasa. Sebab, anak-anak tentunya masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan sehingga kehadiran dari protein merupakan hal yang sangat diperlukan bagi tubuh, supaya perkembangan dan pertumbuhan berjalan dengan cukup baik.

Demikian pula pada wanita hamil, tentunya mereka membutuhkan peningkatan asupan dari protein guna membantu pertumbuhan si janin serta menjaga kesehatan ibu.

2. Sebagai sumber energi

Energi merupakan bagian utama yang diperlukan supaya manusia bisa terus beraktivitas dan bergerak menjalankan berbagai macam kebutuhan dan kewajibannya sehari-hari. Tentunya, fungsi protein sebagai energi mirip dengan fungsi lemak dan juga karbohidrat.

Ketika protein terlalu berlebih pada saat dikonsumsi, maka sifatnya adalah mirip dengan karbohidrat. Apabila anda mengkonsumsi terlalu banyak protein dari yang diperlukan di dalam tubuh apa ya maka tubuh tersebut akan mengalirkan kelebihan dari protein tersebut di dalam bentuk lemak agar bisa dijadikan sebagai salah satu sumber cadangan jika suatu saat diperlukan.

3. Pembentukan hormon

Adapun fungsi utama protein yang berikutnya adalah terlibat pada pembentukan sejumlah hormon di dalam tubuh. Zat tersebut tentunya bisa membantu tubuh untuk mengendalikan berbagai macam fungsi tubuh yang didalamnya melibatkan interaksi pada sejumlah organ. Insulin, adalah salah satu bentuk lain dari protein, merupakan contoh dari hormon yang akan mengatur kadar gula darah. Di dalam prosesnya, zat insulin akan melibatkan proses interaksi diantara hati dan organ pankreas.

Sekretin, merupakan contoh yang lain dari hormon yang bisa Terbentuk dari protein. Zat tersebut berguna untuk membantu proses pencernaan dengan cara merangsang bagian pankreas serta khusus guna memproduksi cairan yang dibutuhkan selama kegiatan pencernaan berlangsung.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Digital Dibandingkan Termometer Analog

Adapun sejumlah contoh yang lainnya dari hormon Dimana merupakan molekul protein adalah HCG dan eritropoietin. Eritropoietin merupakan salah satu hormon protein yang diproduksi oleh bagian ginjal guna merangsang proses pembentukan sel darah merah di bagian sumsum tulang. Sementara itu human chorionic gonadotropin atau HCG adalah salah satu hormon yang dibuat oleh bagian embrio serta plasenta selama masa permulaan kehamilan.

Adapun peranan dari HCG adalah guna mempertahankan kondisi kadar progesteron dan estrogen pada wanita yang sedang hamil. Pada saat tes kehamilan dikerjakan, tentunya akan dilakukan pemeriksaan Apakah terhadap zat HCG pada urine maupun darah. Apabila HCG terlihat, maka wanita tersebut sedang hamil, sebab tanpa adanya plasenta dan embrio, maka hormon HCG tidak akan bisa dibentuk.

4. Pembentuk enzim

Fungsi utama protein yang berikutnya yaitu pada proses pembentukan enzim. Enzim adalah salah satu jenis protein yang bisa meningkatkan suatu laju reaksi kimia pada tubuh. Faktanya adalah sejumlah besar dari reaksi kimia pada tubuh manusia tidak akan bisa terlaksana tanpa adanya enzim. Contohnya adalah sebuah enzim akan memiliki fungsi guna membantu pencernaan karbohidrat, pencernaan lemak, serta pencernaan lemak dari sejumlah molekul yang besar ke molekul yang lebih kecil lagi. Disamping itu, enzim yang lainnya tentu bisa membantu proses pembentukan DNA.

Contohnya adalah pada jenis enzim pencernaan. Enzim tersebut akan bertugas memecah makanan yang kita makan tersebut kemudian akan memproduksi Partikel kecil yang bisa diserap lewat lapisan di usus halus. Partikel tersebut nantinya akan memasuki aliran darah, lalu selanjutnya akan diangkut ke semua bagian tubuh serta sel-sel di dalam tubuh. Selanjutnya, sel-sel tersebut akan memakai partikel Makanan yang dicerna oleh manusia tadi sebagai nutrisinya.

5. Berperan sebagai penyimpanan molekul toko dan alat transportasi

Protein merupakan zat utama pada proses pengangkutan molekul tertentu. Contohnya adalah hemoglobin adalah salah satu jenis protein pengangkut oksigen ke semua bagian tubuh. Hemoglobin tersebut akan mengambil oksigen yang berasal dari paru-paru, lalu ketika sel darah merah akan bergerak mengelilingi tubuh, maka hemoglobin akan melepaskan oksigen ke sel jaringan tubuh.

Baca Juga:   Sistem Kerja Otak Lengkap Dengan Anatomi Dan Fungsinya

Protein juga kerap kali dipakai guna penyimpanan molekul khusus, misalnya adalah ferritin. Feritin adalah salah satu jenis protein yang sudah dikombinasikan dengan zat besi, kemudian zat tersebut akan disimpan di dalam liver atau hati yang memiliki fungsi sebagai buffer Apabila tubuh mengalami kelebihan atau kekurangan zat besi.

6. Sebagai pembentuk antibodi

Protein berguna untuk membentuk antibodi guna membantu pencegahan serangan terhadap infeksi maupun penyakit di dalam tubuh. Protein tersebut nantinya akan mengidentifikasikan serta membantu untuk menghancurkan antigen, misalnya adalah virus dan bakteri. Antibodi kerapkali akan bekerja sama dengan sel sistem pada kekebalan tubuh yang lainnya. Contohnya adalah, antibodi nantinya akan mengidentifikasi, lalu akan mengelilingi antigen supaya tetap terkurung sampai bisa dihancurkan oleh bagian sel darah putih.

Adapun salah satu contoh peranan yang cukup penting dari antibodi yaitu pada darah. Darah mengandung antibodi, yakni protein yang sudah diproduksi oleh sel darah putih yang disebut dengan sel B atau limfosit B. Antibodi tersebut berperan untuk melawan serangan virus dan bakteri yang memiliki potensi mengancam kesehatan tubuh manusia. Disebabkan fungsi protein yang amat penting untuk kesehatan tubuh, maka tentunya amat disarankan untuk bisa memenuhi kebutuhan kadar protein setiap harinya.

Demikianlah ulasan singkat tentang fungsi utama protein bagi tubuh manusia yang perlu Anda ketahui dan anda pelajari sehingga Anda bisa berusaha untuk memenuhi asupan kebutuhan protein setiap harinya agar kesehatan tubuh anda tetap terjaga. Terima kasih dan semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Fungsi Utama DNA

Fungsi Utama DNA Pada Makhluk Hidup

Pada dasarnya, fungsi utama DNA dibedakan menjadi dua berdasarkan fungsi biologis. Pada fungsi yang pertama, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *