Home / Software / Android / Inilah 7 Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi

Inilah 7 Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi

Tidak bisa dipungkiri lagi, cara mengatasi android lemot tanpa aplikasi banyak dicari oleh para pengguna smartphone atau tablet android, lantaran semakin hari, penggunaan android akan semakin lemot. Rasa jengkel tentunya akan muncul manakala smartphone atau tablet android yang anda gunakan lemot dan lama ketika sedang digunakan. Apalagi jika dalam kondisi darurat, kondisi smartphone atau tablet yang lemot akan sangat menjengkelkan.

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi

Sebenarnya ada banyak faktor penyebab smartphone atau tablet android menjadi lemot. Untuk itulah pada kesempatan yang baik ini, inanesia.com akan mencoba untuk membahas mengenai cara mengatasi android lemot tanpa bantuan software apapun pada smartphone atau tablet.

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi

Berikut ini adalah beberapa cara mengetasi android lemot tanpa software yang bisa anda coba terapkan supaya smartphone atau tablet anda bisa ngebut kembali.

1. Matikan atau non aktifkan fitur Live Wallpaper

Fitur live wallpaper pada smartphone atau tablet berbasis android menjadi salah satu faktor penyebab menjadi lemot. Bahkan tidak hanya itu saja, live wallpaper juga akan dengan cepat menguras daya baterai. Untuk itulah ada baiknya anda nonaktifkan fitur live wallpaper supaya smartphone atau tablet android anda bisa “ngacir” dan baterai gadget anda juga bisa tahan lebih lama. Untuk menonaktifkan fitur live wallpaper, silahkan akses menu “Setting” lalu masuk ke menu “Display” lalu gantilah dengan gambar standart yang disediakan oleh smartphone.

Baca Juga:   Cara Menjalankan PS3 di Smartphone Android

2. Nonaktifkan atau mematikan Animasi pada perpindahan menu

Fitur animasi pada perpindahan menu memang sangat bagus untuk memperindah visualisasi dari smartphone. Namun siapa sangka fitur tersebut justru bisa membuat smartphone android anda menjadi lemot. Untuk mematikan fitur animasi pada perpindahan menu, silahkan anda akses menu “Setting” lalu pilih menu “Develop Option”. Setelah itu, silahkan anda pilih “Off” pada bagian pilihan animasi, meliputi bagian “Windows animation scale”, lalu “Animator duration scale” serta “Transition Animation Scale”.

3. Pilih Aplikasi yang Paling Sering Digunakan

Memang diakui, google play store menyediakan jutaan aplikasi yang bisa didownload secara bebas dan gratis. Karena jumlahnya yang banyak membuat para pengguna smartphone juga dengan mudah mendapatkan aplikasi yang diinginkan serta menginstallnya. Mereka tidak sadar bahwa semakin banyak aplikasi yang terinstall pada smartphone android akan membuat kinerjanya semakin lemot. Untuk itulah sekarang saatnya memilih dan memilah aplikasi apa saja yang penting dan perlu diinstall pada android yang anda miliki. Kurangi jumlah aplikasi seminimal mungkin, supaya memori didalam smartphone tidak terbebani kerjanya.

4. Kurangi Widget Yang Berlebih Pada Layar

Fungsi dari widget adalah untuk mempercepat kita didalam memperoleh sebuah informasi di home screen pada smartphone android. Wigdet dalam menampilkan informasi secara langsung atau istilahnya realtime. Hanya saja, ketika widget yang ada pada home screen tambah banyak akan menyebabkan smartphone android tambah lemot dan kapasitas penyimpanan daya baterai akan semakin cepat habis. Untuk itulah akan sangat baik jika anda mengurangi jumlah widget yang ada pada home screen atau bahkan membuang semuannya.

Baca Juga:   Cara Menjalankan Game PC Di Android

5. Gunakan kartu memori jenis MicroSD yang memiliki kecepatan Tinggi

Secara umum, smartphone android sudah dibekali dengan memory internal dimana biasanya sudah memiliki kapasitas yang lumayan besar. Walaupun demikian, seiring dengan penggunaan smartphone android dan kegiatan menyimpan file menjadikan kapasitas dan memori internal smartphone bertambah sempit. Guna memperluas kapasitas penyimpanan, anda bisa menambahkan media penyimpanan tambahan, yaitu MicroSD. Untuk mendapatkan kecepatan tulis dan baca yang maksimal pada MicroSD, gunakanlah yang memiliki kecepatan paling tinggi dan kapasitas yang besar pula.

6. Clear Cache Data pada android

Dengan adanya fitur cache data pada android, proses memanggil aplikasi bisa berjalan lebih cepat. Hanya saja, apabila anda sering membuka aplikasi dalam jumlah yang banyak, maka cache data justru akan menumpuk dan mengakibatkan smartphone android menjadi lemot. Fungsi dasar dari cache data adalah untuk menyimpan data secara temporary atau sementara pada software aplikasi yang sedang digunakan atau yang sudah pernah anda gunakan. Untuk melakukan clear cache data pada android, silahkan anda lakukan melalui menu “Setting” lalu pilih “Application”.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Android

7. Kurangi Beban pada RAM

Multitasking atau membuka beberapa aplikasi android sekaligus banyak dilakukan pengguna smartphone android. Hal tersebut memang sah-sah saja lantaran salah satu kelebihan dari OS android adalah fitur multitasking. Hanya saja, terlalu banyak melakukan multitasking akan membuat RAM smartphone menjadi penuh dan pada akhirnya akan lemot. Alangkah baiknya, anda membuka aplikasi pada android sesuai dengan kebutuhan saja dan menutup seluruh aplikasi yang sudah tidak digunakan untuk memperingan kerja RAM. Untuk mengosongkan RAM supaya lebih “lega” bisa dilakukan dengan cara menggunakan perintah “Clear Memory”

Demikianlah 7 Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi yang bisa saya ulas pada kesempatan kali ini. Semoga tutorial ini bisa anda praktekan dengan maksimal dan smartphone atau tablet anda yang berbasis android bisa bekerja dengan lebih cepat dan tentunya anda lebih nyaman didalam menggunakannya. Jika pada penerapan 7 langkah diatas hasilnya tidak maksimal, maka anda bisa menggunakan sebuah aplikasi untuk memaksimalkan kinerja dari smartphone atau tablet android seperti “Cleaner Master” atau software setipe lainnya. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Apk Atau Aplikasi Untuk Edit Foto Berbingkai

5 Apk Atau Aplikasi Untuk Edit Foto Berbingkai Membuat Anda Lebih Cantik

Menjadikan tampilan diri Anda berbeda dari yang lain dan tentunya berbeda pada foto merupakan salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *