Home / Umum / Kode Etik / Inilah Beberapa Kode Etik Humas Yang Perlu Anda Pahami

Inilah Beberapa Kode Etik Humas Yang Perlu Anda Pahami

Unit humas bisa dikatakan sebagai salah satu bagian inti dari sebuah tempat kerja maupun organisasi. Hal tersebut dikarenakan humas bertindak sebagai pusat pengendali komunikasi baik eksternal maupun internal dan juga memiliki fungsi guna mengatasi sejumlah krisis di dalam sebuah tempat kerja maupun organisasi.

Inilah Beberapa Kode Etik Humas Yang Perlu Anda Pahami

Akan tetapi, banyak diantara masyarakat yang memiliki anggapan bahwa bagian humas merupakan profesi yang orang terhormat lantaran Humas dapat menjadikan sesuatu yang keliru menjadi benar. Banyak di antara kita yang memiliki anggapan bahwa humas terlalu sering mengurusi kebenaran daripada menyampaikan sesuatu yang benar.

Sebuah ungkapan tersebut lah Yang mendorong untuk dibuat sejumlah kode etik humas yang mana kode etik tersebut bisa meningkatkan kejujuran diatas segala-galanya. Ketika terdapat kode etik humas, maka pekerjaan humas akan menjadi lebih terbuka dan tentunya bisa dinilai oleh khalayak ramai, termasuk adalah masyarakat yang nantinya setiap profesi Humas dapat mempertanggungjawabkan segala macam hal yang dilakukannya.

Beberapa Kode Etik Humas

Artikel kali ini akan mengajak kita semuanya untuk memahami sejumlah isu etika humas yang tentunya melengkapi dunia humas dan nantinya akan disajikan sejumlah kode etik profesi humas.

Baca Juga:   Sanksi Terhadap Pelanggaran Kode Etik PNS

Pengertian Etika

Secara umumnya Etika memiliki perbedaan dengan moral. Pada tahun 1995, Ruslan menyampaikan bahwa etika merupakan sebuah sistem nilai mengenai Bagaimana masyarakat menjalankan hidup dengan cara membedakan antara yang buruk dengan yang baik berdasarkan anggota masyarakat dan individu.

Sejumlah sistem nilai moral tersebut memiliki acuan di mana Terdapat nilai umum atau universal yang menghendaki buruk dan baik di mana rata-rata dikaitkan dengan nilai tradisi, nilai kebaikan atau kesusilaan, nilai agama, nilai adat-istiadat, nilai kependidikan dan sejumlah nilai lainnya.

Sementara itu, pada tahun 1991, Kraft mengartikan bahwa moralitas merupakan salah satu tradisi kepercayaan yang ada pada kebudayaan atau agama mengenai perilaku yang buruk dan yang baik. Moralitas akan mampu memberikan sebuah petunjuk dengan bentuk bagaimana seharusnya seseorang bertindak.

Rata-rata, etika memang lebih cenderung menyinggung norma-norma atau nilai-nilai moral yang memiliki sifat untuk menentukan maupun sebagai sebuah panduan dan pedoman untuk bisa bersikap dan bertindak dan juga merupakan sebuah perilaku di dalam mewujudkan sesuatu yang lebih konkret.

Baca Juga:   Macam Macam Kode Etik Guru

Jenis-jenis etika

Menurut Ruslan di tahun 1995 etika dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Etika deskriptif

Etika deskriptif adalah etika yang menolak secara rasional dan kritis mengenai pola perilaku dan sikap manusia beserta apa yang menjadi target dari setiap masyarakat di dalam kehidupannya sebagai sebuah yang bernilai. Maksud dari Etika deskriptif tersebut yaitu menjabarkan tentang fakta secara riil, yaitu Berkaitan dengan pola perilaku dan nilai manusia sebagai sebuah fakta yang saling berkaitan dengan realitas konflik dan situasi yang sudah membudaya. Bisa diambil kesimpulan bahwa mengenai kenyataan di dalam proses penghayatan baik tanpa nilai maupun nilai pada sebuah masyarakat Yang dihubungkan dengan situasi khusus di mana dimungkinkan setiap manusia bisa bertindak secara etis.

2. Etika normatif

Etika Normatif adalah sebuah etika yang mampu menetapkan sejumlah pola perilaku dan sikap yang ideal dimana seharusnya dimiliki oleh setiap masyarakat serta mengetahui apa kewajiban yang harus dijalankan oleh masyarakat dan tindakan-tindakan apa yang memiliki nilai di dalam kehidupan. Oleh sebab itulah maka etika Normatif adalah norma-norma yang bisa menghimbau dan menuntun manusia supaya memiliki tindakan yang baik serta bisa menghindarkan sesuatu yang buruk berdasarkan dengan norma dan kaidah yang berlaku di lingkungan masyarakat tersebut

Baca Juga:   Kode Etik Kesehatan Masyarakat Secara Umum

Demikianlah penjabaran singkat mengenai beberapa kode etik humas yang perlu dipahami bersama Sehingga nantinya setiap etika yang dimiliki oleh humas bisa membawa kebaikan di dalam organisasi maupun institusi yang ada di lingkungannya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sanksi pelanggaran kode etik wajib untuk diperlakukan manakala terjadi pelanggaran kode etik. Hal tersebut memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *