Home / Pertanian / Budidaya / Inilah Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Hanya Dengan Air Saja

Inilah Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Hanya Dengan Air Saja

Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Hanya Dengan Air Saja sangat cocok diterapkan bagi anda yang menyukai kegiatan bertani bercocok tanam namun memiliki keterbatasan pada luas lahan yang digunakan. Dengan menggunakan model bercocok tanam memakai teknik hidroponik media air, maka lahan yang diperlukan tidaklah terlalu luas. Termasuk pada bagian bahan dan alat yang dibutuhkan untuk proses budidaya tanaman hidroponik juga mudah untuk didapatkan disekitar kita. Metode bercocok tanam menggunakan teknik hidroponik dengan memanfaatkan air ini sudah cukup populer dimasyarakat kita, terutama pada wilayah perkotaan yang pada penduduk.

Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Hanya Dengan Air

Contoh teknik dan Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Hanya Dengan Air yaitu dengan menggunakan metode sistem perakitan model apung. Model tanam rakit apung pada budidaya tanaman hidroponik merupakan metode yang mengacu pada proses penanaman yang diapungkan pada bagian atas cairan atau larutan yang didalamnya berisi beberapa nutrisi yang berguna untuk tanaman diatasnya. Media yang paling efektif untuk dibuat media apung adalah styrofoam. Styrofoam tersebut dikasih lubang dengan besar kurang lebih sebesar netpot yang nantinya hendak digunakan.

Teknik yang diterapkan ini sangat mudah dikerjakan dan sangat sederhana untuk diaplikasikan walaupun bagi pemula sekalipun. Jumlah tanaman yang hendak dibudaya juga tentunya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Pada model penanaman ini bisa dikatakan cukup mirip dengan menggunakan teknik wick. Hanya saja pada metode ini dalam prakteknya tidak adanya keterlibatan bagian sumbu dan proses pertumbuhan tanaman yang dibudidaya lebih tinggi.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Palawija Jagung Manis

Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Hanya Dengan Air yang akan dilakukan pada praktek kali ini bisa dikatakan tidak cocok untuk lahan yang berada diluar ruangan. Jadi apabila anda hendak praktek mengenai Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Hanya Dengan Air, maka anda harus memastikan anda memiliki lahan yang terlindungi, terutama dari air hujan. Apabila pada prakteknya media taman hidroponik bercampur dengan air hujan, maka akan berakibat nutrisi bisa bercampur dengan air hujan sehingga media tanam sudah tidak subur lagi.

Disamping itu, apabila kondisi bagian akar mengalami kekurangan kadar oksigen akan mengalami proses pembusukan yang cukup cepat. Namun, dibalik kekurangan tersebut, metode ini tentunya memiliki kelebihan, diantaranya adalah lebih toleransi ketika bagian listrik maupun aerator mengalami masalah, misalnya mati. Disamping itu, Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Hanya Dengan Air bisa dilakukan dengan sangat mudah dan membutuhkan biaya yang cukup murah.

Beberapa contoh tanaman yang bisa dibudidaya menggunakan metode hidroponik air adalah tanaman bayam, sawi, selada dan beberapa tanaman daun lainnya. Untuk kali ini saya akan memberikan contoh Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Hanya Dengan Air menggunakan tanaman sawi.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Seledri Sendiri Di Kebun

Prinsip dasar dari proses budidaya tanaman hidroponik menggunakan air adalah membuat akar langsung terendam air yang mengandung larutan nutrisi sehari full 24 jam. Dalam waktu 24 jam tersebut tanaman akan selalu mendapatkan nutrisi dan hara dari dalam larutan air tersebut. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan oksigen yang harus selalu terjaga, karena memang akar tanaman selalu terendam didalam air. Untuk membantu hal tersebut, maka digunakan aerator.

Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Hanya Dengan Air  membutuhkan bahan bahan sebagai berikut:

  1. Sebuah kontainer maupun wadah yang cukup dalam, dengan ukuran kedalaman sekitar 20 sampai dengan 70 centimeter. Untuk menjaga supaya kontainer atau wadah tersebut tidak mudah ditumbuhi oleh lumut, anda bisa menyeleksi wadah dengan warna yang cukup gelap.
  2. Papan apung yang bisa menggunakan bahan Styrofoam. Carilah Styrofoam yang memiliki ketebalan minimal 3 cm. Akan lebih baik lagi jika anda bisa menemukan Styrofoam yang memiliki ketebalan 5 cm.
  3. Air stone adalah bahan yang harus disediakan berikutnya. Carilah air stone dengan panjang minimal 20 cm. Akan lebih maksimal jika menggunakan air stone dengan panjang 30 cm. Apabila anda membeli aerator, maka biasanya anda juga dikasih air stone.
  4. Jangan lupa sediakan aerator yang nantinya digunakan untuk menambah kadar oksgen dalam air. Anda bisa mencari aerator yang memiliki daya sekitar 2 watt. Anda bisa melihat gambar dibawah ini untuk lebih detailnya:
    Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Hanya Dengan Air
    Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Hanya Dengan Air
Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Obat Secara Umum

Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Hanya Dengan Air

Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Hanya Dengan Air Saja bisa anda kerjakan pada saat benih sudah melewati masa penyemaian. Pada proses perkecambahan akan menghabiskan waktu kurang lebih 3 harian. Setelah bibit tanaman berkecambah, maka kita bisa melakukan pemindahan pada panel taman. Pada proses perawatan dan pemeliharaan, anda bisa melakukan proses penyemprotan dengan memakai pupuk daun sekitar 4 hari sekali.

Pada tahap selanjutnya anda bisa mulai mengisi bagian wadah menggunakan air yang sudah dicampurkan dengan larutan nutrisi, lalu dilanjutkan dengan proses pengapungan panel atau media tanam. Untuk bagian air yang mengandung nutrisi bisa anda lakukan proses penggantian dalam kurun waktu 1 minggu sekali. Pada saat melakukan penggantian air, lakukan dengan bersih dan tuntas, jangan sampai ada air nutrisi yang masih tertinggal didalam wadah tanam tersebut. Diperkirakan, umur tanaman sawi sampai masa panen kurang lebih sekitar 4 sampai dengan 6 minggu.

Sekian penjabaran mengenai Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Hanya Dengan Air Saja yang bisa saya bahas. Mudah-mudahan artikel tersebut bisa berguna untuk memajukan ilmu pengetahuan dibidang pertanian, terutama pada bidang hidroponik yang menggunakan media air. Selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Cara budidaya tanaman hidroponik sawi

Cara budidaya tanaman hidroponik sawi menggunakan botol bekas

Bagi anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan sayuran sawi ini, terlebih bagi para pecinta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *