Home / Elektronika / Inilah Cara Membuat Rangkaian Flip Flop Sederhana

Inilah Cara Membuat Rangkaian Flip Flop Sederhana

Yang dimasud dengan rangkaian lampu flip-flop adalah sebuah rangkaian lampu yang nantinya nyala lampu tersebut akan bergantian atau berkedap-kedip. Model nyala lampu seperti ini tentu akan sangat menarik apabila digunakan sebagai lampu hias sehingga bisa memberikan nilai keindahan pada area disekelilingnya. Untuk membantu anda yang sekarang ini sedang mencoba untuk membuat rangkaian lampu flip-flop, maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas cara membuat rangkaian flip flop sederhana yang bisa anda coba dengan biaya yang cukup murah.

Pada proses pembuatan rangkaian lampu flip flop ini hanya dibutuhkan ketelitian saja. Tidak ada hal yang terlalu rumit, apalagi bagi anda yang sudah memiliki dasar pada ilmu elektronika, maka tentunya akan bisa dengan mudah merakit rangkaian lampu flip flop sederhana yang akan saya bahas kali ini. Sebelumnya marilah kita bahas beberapa bahan dan alat untuk keperluan membuat rangkaian flip flop sederhana.

Bahan dan alat yang dibutuhkan untuk merangkai lampu flip flop

Cara Membuat Rangkaian Flip Flop Sederhana

Beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan dalam pembuatan rangkaian flip flop sederhana bisa anda simak pada bagian dibawah ini:

  1. 4 buah lampu LED, usahakan dengan warna yang berbeda
  2. Resistor sebanyak 2 buah dengan nilai hambatan 470 ohm
  3. Resistor sebanyak 2 buah dengan nilai hambatan 100.000 ohm/100K ohm
  4. Elektrolit condensator/Elko dengan nilai 10uF dan tegangan kerja 16 Volt
  5. Transistor dengan seri 2N3904. Apabila sulit menemukan transistor seri tersebut, anda bisa menggunakan alternatif transistor seri BC457.
  6. Sumber daya listrik dengan ukuran tegangan 6 sampai dengan 12 volt. Sumber tagangan tersebut bisa anda dapatkan dengan memanfaatkan batu baterai. Apabila ingin berhemat, maka anda bisa menggunakan adaptor dengan range tergangan antara 6-12 volt.
  7. Unit solder lengkap dengan timahnya
  8. Papan PCB yang sudah dibuat pola terlebih dahulu.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Motor Kipas Angin Yang Berputar Pelan

Setelah anda menyiapkan seluruh kebutuhan alat untuk membuat rangkaian lampu flip-flop sederhana, maka anda bisa melanjutkan untuk proses pemasangan atau perakitannya. Pada tahapan pemasangan atau perakitan, anda harus hati-hati dan jeli didalam mengerjakannya. Hal tersebut dikarenakan ukuran dari komponen elektronika lumayan kecil sehingga rentan dengan kerusakan dan hilang.

Cara Cara Membuat Rangkaian Flip Flop Sederhana:

Cara Membuat Rangkaian Flip Flop Sederhana

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa ditempuh didalam merakit rangkaian flip flop sederhana:

  1. Tahapan yang pertama, anda bisa mengawali dengan membuat jalur PCB nya terlebih dahulu. Untuk lebih mudahnya anda bisa menduplikat pola yang sudah ada pada PCB. Dalam hal ini, tentunya anda bisa mendapatkan pola rangkaian lampu flip flop . setelah itu, anda cukup melanjutkan dengan mencetaknya saja.
  2. Begitu anda menyelesaikan dalam membuat pola PCB, tahapan berikutnya adalah dengan memasang seluruh komponen elektronika sesuai dengan pola yang sudah ada pada PCB. Lalukan dengan hati-hati. Pada tahapan ini, ketekunan dan ketilitian sangat dibutuhkan demi suksesnya pembuatan rangkaian flip flop sederhana. Jangan sampai terbalik didalam memasang kaki-kaki komponen elektronika. Komponen yang tidak boleh terbalik pemasangannya adalah komponen elko dan transistor serta lampu LED. Apabila pada pemasangan komponen terbalik, maka rangkaian lampu flip flop tidak akan bisa bekerja.
  3. Setelah keseluruhan komponen terpasang pada papan PCB, maka tahap berikutnya adalah proses pengecekan akhir pada arah pemasangan komponen elektronika. Pastikan tidak ada komponen elektronika yang terbalik pemasangannya. Setelah yakin bahwa seluruh komponen sudah terpasang dengan benar, maka silahkan anda lanjutkkan dengan menyolder kaki-kaki semua komponen elektronika.
  4. Lakukan proses penyolderan dengan hati-hati. Jangan menempelkan mata solder terlalu lama pada satu kaki komponen, terutama transistor. Hal tersebut dikarenakan komponen elektronika bisa mengalami kerusakan apabila terkena panas yang berlebihan. Hati-hati juga didalam penggunaan solder, jangan sampai kena tangan, karena hal tersebut dengan mudah bisa melukai tangan akibat panas mata solder.
  5. Pastikan bahwa anda sudah mensolder seluruh kaki komponen dengan benar dan merata serta terpatri dengan cukup kuat dan sempurna serta tidak mudah goyah. Pastikan pula tidak ada timah solder yang “Mbleber” ke kaki komponen lain yang bisa menyebabkan konsleting antar komponen.
  6. Tahap berikutnya, silahkan anda hubungkan rangkaian lampu flip flop ke sumber tegangan, baik ke batu baterai atau langsung ke sumber daya adaptop. Dalam waktu yang bersamaan, maka lampu LED yang terpasang pada rangkaian akan menyala secara bergantian apabila rangkaian lampu flip flop yang anda rakit sudah sempurna didalam merakitnya.
  7. Apabila ternyata anda menemui kegagalan dimana lampu LED tidak mau menyala secara bergantian, atau lampu LED tidak mau nyala sama sekali, maka dan bisa melakukan pengecekan kembali pada proses pemasangan seluruh komponen pada papan PCB. Patikan seluruh komponen terpasang dengan kuat oleh solder dan tidak terbalik posisi kaki-kakinya.
Baca Juga:   Cara Kerja Genset Yang Wajib Anda Pahami

Cukup mudah bukan Cara Membuat Rangkaian Flip Flop Sederhana ini? Mudah-mudahan eksperimen yang anda kerjakan didalam membuat lampu flip flop hias ini bisa langsung berhasil. Dari rangkaian lampu flip flop sederhana ini anda bisa kembangkan lebih jauh lagi, misalnya dengan menambah jumlah lampu sehingga lampu yang bisa menyala akan semakin banyak dan nilai keindahan yang didapat semakin baik. Apabila anda mengalami kegagalan eksperimen pertama pembuatan rangkaian lampu flip flop, maka jangan menyerah. Terus belajar hingga anda berhasil didalam membuat rangkaian lampu flip flop ini.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Di dunia elektronika, istilah elektromagnet bukanlah merupakan hal baru. Akan tetapi, bagi masyarakat umum tentunya …

One comment

  1. untuk mempercepat atau memperlambat tempo kedip, apa yang diganti?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *