Home / Hardware / Inilah Cara Memperbaiki Audio Komputer Dengan Cepat

Inilah Cara Memperbaiki Audio Komputer Dengan Cepat

Cara Memperbaiki Audio Komputer ini bisa anda terapkan apabila anda menemukan permasalah dimana komputer yang anda miliki tidak bersuara, sementara kabel penghubung yang berasal dari sound card menuju speaker sudah terpasang dengan benar. Supaya speaker yang anda miliki bisa mengeluarkan suara, apalagi yang musti dilakukan? Seperti yang kita ketahui bersama bahwa komputer merupakan salah satu perangkat yang cukup komplek, sehingga ketika masalah speaker komputer tidak bersuara, maka tentunya ada beberapa hal yang bisa menyebabkannya.

Cara Memperbaiki Audio Komputer

Permasalahan tersebut juga tentunya bisa berasal dari sisi software, bisa juga dari sisi hardware. Salah satu jalan yang bisa ditempuh sebagai bagian dari Cara Memperbaiki Audio Komputer adalah dengan melakukan proses pengecekan bagian demi bagian dari sejumlah part yang ada pada komputer. Lalu apa saja tahapan yang harus anda lakukan? Berikut ini adalah penjelasannya.

Inilah Cara Memperbaiki Audio Komputer Dengan Cepat

  1. Cara Memperbaiki Audio Komputer bisa dimulai dengan melakukan pengecekan pada sisi hardware. Tahapannya bisa dimulai dengan klik Start Menu, lalu pilih menu “Control Panel”, lanjutkan dengan memilih “System and Security”, lalu klik menu “Device Manager” dan lanjutkan dengan klik dua kali pada bagian “Sound, video and game controller”. Pada jendela “Device manager” tersebut, pastikan bahwa driver sound card sudah terinstall dengan baik dan benar.
  2. Apabila tahapan diatas tidak membuahkan hasil, maka tahapan berikutnya adalah dengan melakukan update software driver. Caranya adalah dengan klik kanan pada menu “update driver software”. Pada pilihan cara install driver, silahkan anda memilih salah satu. Apabila komputer anda terkoneksi dengan internet, maka anda bisa memilih opsi “Download melalui internet”. Namun, apabila anda sudah memiliki software driver, silahkan anda memilih opsi “install dari komputer”.
  3. Setelah anda berhasil mempraktekan cara diatas, langkah selanjutnya anda harus memastikan bahwa software driver sudah terinstall dengan baik. Selain itu, setting pada bagian software driver juga musti mendapat perhatian. Contoh aplikasi yang sering ditemui oleh pengguna komputer adalah pada sound card merek “Realtek”, dimana pada saat anda memasang jack speaker pada port sound card, maka akan dimunculkan sebuah option atau pilihan untuk anda mengenai aksi yang hendak dilakukan, apakah anda memasang speaker atau memasang microphone. Pada saat anda memilih salah satu opsi, maka anda harus benar, karena ketika anda keliru didalam memilihnya, maka perangkat yang anda pasang tidak akan bisa bekerja.
  4. Tahapan berikutnya adalah dengan memanfaatkan fitur troubleshooting pada OS Windows. Dengan memanfaatkan fitur Windows tersebut, anda akan dibantu untuk mencari letak permasalah dari Audio Komputer yang tidak berbunyi, sehingga anda bisa dengan mudah mengatasinya. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, anda bisa mengunjungi website microsoft yang ada di alamat http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=260596. Setelah anda mengunjungi halaman tersebut, silahkan anda pilih menu “open with diagnostics troubleshooting Wizard” lalu klik tombol “OK”.
  5. Apakah semua cara diatas tidak mampu mengatasi masalah audio komputer yang tidak bunyi. Langkah terakhir yang bisa anda coba adalah dengan cara membuka casing komputer lalu melepas sound card dari slotnya. Lakukan pembersihan pada bagian konektor sound card tersebut. Anda bisa menggunakan penghapus pensil untuk mempermudah proses pembersihan konektor sound card. Setelah itu, silahkan anda pasang kembali sound card pada slot yang tepat.
  6. Apabila setelah anda memasang kembali sound card tersebut, namun audio komputer tetap saja tidak bunyi, maka ada kemungkinan sound card tersebut sudah rusak dan anda bisa mencoba menggantinya dengan yang baru.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Komputer Yang Mati Sendiri

Sekian pembahasan singkat mengenai Cara Memperbaiki Audio Komputer Dengan Cepat yang bisa anda terapkan ketika sound card pada komputer anda mengalami masalah. Cara diatas bisa anda lakukan dengan catatan kondisi load speaker 100% dalam kondisi bagus dan bisa bekerja dengan baik. Semoga tulisan diatas bisa menjadi inspirasi bagi anda didalam proses memperbaiki audio komputer yang tidak berbunyi. Selamat mencoba.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Fungsi utama prosesor

Fungsi Utama Prosesor Secara Umum Pada Beberapa Perangkat

Kata prosesor tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda yang berkecimpung di dunia ini. Hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *