Home / Software / Windows / Inilah Cara Memperbaiki Windows XP Dan 7 Tanpa Instal Ulang

Inilah Cara Memperbaiki Windows XP Dan 7 Tanpa Instal Ulang

Sesuai judul, pada postingan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai cara memperbaiki Windows XP dan 7 tanpa instal ulang. Keuntungan dari proses memperbaiki Windows XP danWindows 7 tanpa instal ulang adalah kita tetap bisa mempertahankan seluruh aplikasi yang sudah terinstal pada kedua sistem operasi tersebut. Di samping itu, seluruh setingan yang ada pada Windows XP dan Windows 7 juga tetap dipertahankan.

Cara Memperbaiki Windows XP Dan 7 Tanpa Instal Ulang

Sebenarnya, cara memperbaiki Windows XP dan 7 tanpa instal ulang yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini juga bisa diterapkan untuk memperbaiki versi Windows yang lain, misalnya adalah Windows 2000, Windows Vista, Windows 8 sampai dengan Windows 10. Kunci dari kesuksesan di dalam memperbaiki Windows versi Windows selain Windows XP dan 7 adalah proses pemahaman dari berbagai macam petunjuk yang muncul pada layar monitor ketika kita dalam proses memperbaiki sistem operasi Windows.

Seperti yang sudah disampaikan di depan, bahwa opsi memperbaiki Windows XP dan Windows 7 tanpa instal ulang dipilih karena nantinya setelah kita selesai melakukan proses perbaikan Windows XP dan 7, kita tidak perlu lagi repot-repot di dalam melakukan instalasi beberapa software driver dan juga software aplikasi serta software antivirus. Cukup melakukan reparasi atau perbaikan Windows XP dan 7, maka setelahnya kita bisa langsung menggunakan komputer tersebut.

Secara umum, cara memperbaiki Windows XP dan 7 tanpa instal ulang hampirlah sama. Namun demikian, alangkah baiknya apabila kita membahas lebih rinci bagaimana cara memperbaiki Windows tanpa instal ulang supaya kita benar-benar bisa paham dan bisa praktek. Mengawali proses perbaikan Windows XP dan Windows 7 tanpa instal ulang, alangkah baiknya apabila kita menyiapkan beberapa bahan dan alat.

Baca Juga:   Cara Membagi Partisi Windows 7 Tanpa Install Ulang

Bahan dan alat untuk keperluan memperbaiki Windows XP dan 7 tanpa instal ulang:

  1. CD atau DVD master instalasi Windows XP maupun Windows 7 berhenti alat ini tentunya disesuaikan dengan versi sistem operasi Windows yang akan diperbaiki apakah Windows XP atau Windows 7.
  2. Driver hardware untuk berjaga-jaga jika nantinya setelah instal ulang ada beberapa software driver yang terhapus dan meminta untuk di instal ulang.
  3. Segelas kopi dan cemilan untuk menemani kegiatan anda di dalam memperbaiki sistem operasi Windows XP dan 7.

Apabila beberapa alat diatas sudah siap, maka langsung saja kita mulai tahapan demi tahapan bagaimana cara memperbaiki Windows XP dan 7 tanpa instal ulang. Silahkan disimak dengan seksama.

Cara memperbaiki Windows XP tanpa instal ulang:

  1. Tahapan pertama silahkan anda masukkan CD master instalasi Windows XP
  2. Tahapan kedua silahkan anda menyalakan komputer dan setting BIOS supaya first boot dari BIOS menuju ke CD atau DVD ROM.
    setting BIOS first ke CD atau DVD ROM
  3. Setelah anda selesai melakukan set first boot ke CD atau DVD ROM, maka silahkan anda simpan settingan dan restart komputer.
  4. Setelah komputer restart, maka apabila proses booting dari CD atau DVD ROM berhasil akan muncul sebuah pesan yang berbunyi “Press Any Key To Boot From CD Or DVD”. Pada saat pesan tersebut muncul silahkan anda tekan sembarang tombol pada keyboard.
    menu press any key to boot from CD atau DVD
  5. Tunggulah beberapa saat hingga komputer meload seluruh file yang dibutuhkan untuk keperluan instalasi selesai.
  6. Silahkan anda ikuti terus beberapa petunjuk yang ditampilkan di layar monitor yang mana petunjuk tersebut membantu anda untuk melakukan proses instalasi Windows XP. Pada tahap pemilihan jenis instalasi yang hendak dilakukan, silahkan memilih menu “To Setup Windows XP Now, Press Enter”.
    menu repair Windows XP
  7. Setelah tahapan diatas, maka secara otomatis installer Windows XP kapan mendeteksi dan mengecek apakah komputer sudah terinstal semua operasi Windows XP atau belum. Apabila dalam komputer sudah terdeteksi adanya Windows XP, maka akan dimunculkan pilihan “Repair Windows XP”. Perhatikan gambar dibawah ini.
    Repair Windows press R
  8. Silahkan anda memilih menu repair dengan cara menekan tombol “R” pada keyboard.
Baca Juga:   Cara Menghapus Data Yang Tidak Bisa Dihapus

Dari tahapan ini, anda cukup menunggu saja sambil minum kopi dan makan camilan yang sudah disediakan sebelumnya. Proses memperbaiki Windows XP secara otomatis ini membutuhkan waktu yang cukup lama tergantung dari banyaknya aplikasi yang terinstall di dalamnya juga. Oleh sebab itu tentunya anda harus bersabar hingga proses memperbaiki Windows XP tanpa instal ulang selesai.

Cara memperbaiki Windows 7 tanpa instal ulang:

  1. Tahapan untuk memperbaiki Windows 7 tanpa instal ulang hampir sama dengan proses memperbaiki Windows XP. Langkah pertama tentunya adalah dengan melakukan setting BIOS supaya bisa booting pertama kalinya menuju ke CD atau DVD ROM.
    setting BIOS first ke CD atau DVD ROM
  2. Tahapan berikutnya adalah proses menekan sembarang tombol pada keyboard apabila muncul sebuah pesan di layar monitor “Press Any Key To Boot From CD or DVD”.
    menu press any key to boot from CD atau DVD
  3. Silahkan anda tunggu beberapa saat hingga muncul sebuah jendela install Windows seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Dari jendela tersebut silahkan anda memilih menu “Repair Your Computer”.
    repair windows 7
  4. Tahapan berikutnya akan dimunculkan jendela “System Recovery Option” dimana pada jendela tersebut anda bisa memilih beberapa opsi untuk memperbaiki Windows 7 tanpa instal ulang. Beberapa pilihan yang dimunculkan pada jendela system recovery option adalah System Restore, startup Repair, Windows Memory Diagnostic Tool, Windows Complete PC Restore, dan juga Windows command.
    system recovery option windows 7
  5. Apabila kita hendak melakukan perbaikan Windows 7 secara otomatis, maka kita bisa memilih menu “startup repair”. Pemilihan menu ini diambil apabila kondisi dari Windows 7 sudah tidak mau booting lagi.
  6. Tunggulah beberapa saat hingga proses perbaikan Windows 7 secara otomatis tanpa instal ulang bisa selesai.
  7. Apabila sebelumnya anda sudah memiliki atau melakukan backup sistem operasi Windows 7, maka pada jendela System Recovery Option, anda juga bisa memilih menu system restore untuk mengembalikan system Windows ke posisi paling bagus dimana anda pernah membackup sistem operasi Windows 7.
    System Restore windows 7
Baca Juga:   Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk Paling Cepat

Itulah 2 cara memperbaiki Windows XP dan 7 tanpa instal yang tentunya akan sangat menghemat waktu anda karena tidak perlu melakukan proses instalasi driver dan juga instalasi software aplikasi serta antivirus yang tumbuhnya memakan waktu cukup lama. Mudah-mudahan, artikel sederhana kali ini bisa berguna dan bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Apabila ada yang perlu dibahas bersama mengapa mari silahkan tinggalkan komentar. Secepatnya kami akan mereply komentar yang anda berikan. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Cara Menghapus Data Yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Menghapus Data Yang Tidak Bisa Dihapus

Kondisi dimana pada saat kita menghapus sebuah file namun file tersebut tidak bisa dihapus. Kondisi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *