Home / Umum / Kode Etik / Inilah Fungsi Kode Etik Profesi Paling Tersembunyi

Inilah Fungsi Kode Etik Profesi Paling Tersembunyi

Banyak di antara anggota masyarakat di mana ketika bekerja tidak mengindahkan atau menjalankan etika profesi dengan baik dan benar. Padahal sebenarnya ketika setiap profesi melaksanakan etika etika bekerja dengan sebenarnya, maka tujuan ataupun fungsi kode etik profesi bisa lebih maksimal sehingga pada akhirnya tujuan-tujuan dari setiap profesi bisa dicapai dengan lebih maksimal.

Inilah Fungsi Kode Etik Profesi Paling Tersembunyi

Banyak profesi yang menganggap bahwa etika profesi dalam bekerja hanyalah merupakan formalitas belaka Dan tidak memiliki fungsi yang berpengaruh terhadap hasil kerja. Padahal pemikiran tersebut merupakan pemikiran yang salah kaprah. Justru sebaliknya, ketika kode etik profesi tidak dijalankan dengan sebenar-benarnya, maka sistem kerja pada sebuah instansi ataupun perusahaan akan bekerja semrawut dan diluar dari sistem yang sebenarnya.

Setiap profesi yang ada di dunia ini Tentunya memiliki kode etik tersendiri. Kode etik dari masing-masing profesi tentunya juga memiliki fungsi yang berbeda-beda. Fungsi kode etik profesi antara yang satu dengan yang lainnya tentunya memiliki tujuan untuk mengatur dan menyelaraskan setiap pekerjaan yang dimilikinya sehingga bisa tercipta sebuah kedisiplinan dan keharmonisan pada dunia kerja yang sedang digelutinya.

Baca Juga:   Inilah kode etik IT Yang Wajib Dipahami Bersama

Fungsi kode etik profesi

Bisa dikatakan pula bahwa kode etik profesi adalah salah satu sarana guna membantu setiap pemilik dari profesi sebagai pekerja yang profesional agar tidak merusak tatanan dari etika profesi yang dimilikinya. Dengan adanya fungsi kode etik profesi tentunya Hubungan kerja antara pegawai yang satu dengan pegawai yang lain bisa berjalan lebih harmonis dan lebih kekeluargaan. Lalu, Apa saja fungsi kode etik profesi yang jarang diketahui oleh orang? Di bawah ini adalah tiga fungsi kode etik profesi yang bisa dianggap paling pokok.

  1. Adanya kode etik profesi mampu dijadikan sebagai panutan maupun pedoman untuk setiap pegawai atau karyawan berkaitan dengan prinsip-prinsip profesionalisme bekerja di sebuah instansi yang sudah ditetapkan. Artinya adalah dengan diterapkannya kode etik pada setiap profesi, maka setiap pegawai atau karyawan bisa mengetahui hal-hal yang tidak boleh untuk dikerjakan dan hal-hal yang boleh untuk dikerjakan.
  2. Adanya kode etik profesi juga bisa dijadikan sebagai salah satu sarana pengontrol sosial Bagi setiap anggota masyarakat atas profesi atau pekerjaan yang dilakoninya. Artinya adalah bahwa dengan adanya etika profesi bisa memberikan sebuah wawasan dan pengetahuan kepada setiap anggota masyarakat supaya bisa mengerti betapa pentingnya sebuah profesi yang mana hal tersebut sangat memungkinkan proses kontrol terhadap setiap pelaksanaan kegiatan di lapangan kerja di sebuah kalangan sosial.
  3. Adanya kode etik profesi juga mampu mencegah adanya campur tangan dari pihak luar tempat kerja maupun organisasi mengenai hubungan etika pada setiap keanggotaan profesi. Maksudnya adalah bahwa setiap pegawai atau karyawan pelaksana profesi pada sebuah tempat kerja maupun perusahaan yang lainnya tidak diperkenankan untuk campur tangan Pada pelaksanaan pekerjaan di perusahaan maupun instansi lainnya.
Baca Juga:   Kumuplan Kode Etik Auditor Eksternal Yang Sangat Penting

Pada ruang lingkup TI, fungsi dari kode etik profesi memuat sejumlah kajian ilmiah tentang norma-norma maupun prinsip-prinsip yang berkaitan dan berhubungan antara klien dengan developer TI secara profesional. Selain itu terdapat pula proses pengaturan hubungan antara setiap profesional sendiri, setiap organisasi profesi dan juga antara pemerintah dengan organisasi profesi.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai fungsi kode etik profesi yang jarang diketahui dan cukup tersembunyi pengetahuan kita selama ini. Mudah-mudahan, tiga fungsi kode etik profesi di atas mampu memberikan tambahan pengetahuan serta ilmu hitam di bidang kode etik Profesi dan tentunya bisa bermanfaat di dalam kehidupan keseharian kita. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Fungsi dan Manfaat Kode Etik Guru

Fungsi dan Manfaat Kode Etik Guru

Manfaat kode etik guru sangatlah baik apabila diterapkan dengan serius dan sungguh-sungguh. Seorang guru di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *