Home / Umum / Kode Etik / Inilah kode etik IT Yang Wajib Dipahami Bersama

Inilah kode etik IT Yang Wajib Dipahami Bersama

Arti dari etika profesi yakni syarat-syarat, norma-norma dan ketentuan-ketentuan yang wajib untuk dipatuhi dan dipenuhi oleh sejumlah orang yang masuk ke dalam kalangan profesional. Yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah, siapa yang wajib untuk disebut sebagai profesional? Seseorang yang memiliki sebuah profesi bisa dikatakan sebagai seorang yang profesional.

Inilah kode etik IT Yang Wajib Dipahami Bersama

Oemar Seno Adji berpendapat bahwa sejumlah aturan aturan yang berkaitan dengan profesi secara umum mengatur sejumlah hak secara fundamental yang memiliki sejumlah peraturan tentang perbuatan dan tingkah laku pada proses melaksanakan profesi dalam jumlah yang banyak di dalam proses penyaluran pada kode etik.

Pengertian Profesi

Pada bagian ini, Mari kita bahas mengenai profesi. Profesi merupakan sebuah masyarakat moral atau moral Community yang mempunyai sejumlah cita-cita dan nilai bersama. Masyarakat moral tersebut akan membentuk sebuah profesi yang dijadikan satu. Hal tersebut disebabkan karena mereka memiliki pendidikan yang sama serta bersama-sama mempunyai sejumlah keahlian yang tertutup bagi masyarakat umum.

Sejumlah kode etik TI atau teknologi informasi

Pada lingkungan atau teknologi informasi dan sering dikenal pula dengan IT, kode etik yang dimilikinya berisi sejumlah kajian ilmiah yang berisi tentang norma-norma dan prinsip yang berhubungan antara Profesional itu sendiri, developer TI dengan client, organisasi profesi dan pemerintah, beserta antar organisasi profesi.Contoh bentuk hubungan bagian profesional dengan pengguna jasa atau pelayan adalah Pada pembuatan software aplikasi.

Setiap profesional tentunya tidak bisa menciptakan software aplikasi semuanya. Ada sejumlah hal yang wajib ia perhatikan di dalam membuat software aplikasi yang nantinya bisa dipakai oleh user ataupun client. Ya harus bisa menjamin security atau keamanan sistem kerja pada software aplikasi yang dibuatnya dari sejumlah pihak yang bisa membuat kacau sistem kerja dari software yang dibuatnya.

Baca Juga:   Kode Etik Pendidik Paling Baru

Setiap profesional tentunya harus memiliki tanggung jawab di dalam mempromosikan dan menggunakan etika pemakaian teknologi informasi pada tempat kerja. Mereka tentunya memiliki tanggung jawab manajerial. Mereka wajib untuk bisa menerima sejumlah tanggung jawab secara etis berdasarkan dengan aktivitas pekerjaannya. Bagian yang tidak bisa terlepaskan adalah melaksanakan peran dengan sebaik-baiknya sebagai sebuah sumber daya manusia yang memiliki peranan penting pada sebuah sistem bisnis di dalam sebuah organisasi.

Bagian manajer ataupun pebisnis profesional memiliki tanggung jawab guna membuat sejumlah keputusan mengenai sejumlah aktivitas penggunaan teknologi informasi dan aktivitas bisnis. Model pekerjaan tersebut tentunya akan semakin memiliki sebuah dimensi etis yang wajib untuk dipertimbangkan. Di saat sekarang ini, banyak terdapat aplikasi serta proses peningkatan pemakaian dari IT yang sudah membuat sejumlah isu etika dimana isu etika tersebut dibedakan menjadi 4 bagian, yaitu:

1. Isu privasi

Isu privasi adalah sebuah rahasia pribadi yang seringkali disalah gunakan oleh pihak lain dengan cara memeriksa komputer orang lain, melakukan monitoring email, serta memonitor sejumlah perilaku kerja dengan menggunakan kamera tersembunyi. Penyimpanan, pengumpulan serta melakukan penyebaran sejumlah datang di informasi tentang sejumlah pelanggan Dan juga individu serta melakukan penjualan kepada pihak lain dengan tujuan untuk memperoleh laba.

Privasi informasi merupakan salah satu hak di dalam menentukan Kapan serta sejauh mana sebuah informasi tentang pribadi dan diri sendiri bisa dikomunikasikan dengan pihak yang lainnya. Hak tersebut tentunya berlaku secara kelompok, individu dan juga institusi.

2. Isu akurasi

Isu akurasi adalah kebenaran, autentikasi, serta akurasi sejumlah data dan informasi yang berhasil dikumpulkan serta diproses. Lalu, siapa yang memiliki peranan untuk bertanggung jawab terhadap berbagai macam kesalahan pada informasi dan kompensasi apa saja yang harus didapat oleh client yang sudah dirugikan?

Baca Juga:   Inilah Beberapa Kode Etik Humas Yang Perlu Anda Pahami

3. Isu properti

Isu property merupakan kepemilikan dari nilai informasi atau sering sekali dikenal dengan istilah hak cipta intelektual atau Haki. Hak cipta intelektual secara umum sangat berkaitan dengan TI. Contoh dari hak cipta tersebut adalah pada perangkat lunak. Proses pembajakan atau penggandaan perangkat lunak merupakan salah satu bentuk pelanggaran hak cipta dan tentunya hal tersebut adalah masalah yang cukup besar bagi para vendor software karena hal tersebut adalah salah satu karya intelektual yang perlu dijaga. Contoh lain dari karya intelektual adalah film dan musik.

4. Isu aksesibilitas

Aksesibilitas merupakan sebuah hak di dalam melakukan akses informasi serta melakukan pembayaran biaya untuk proses mengaksesnya. Hal tersebut juga tentunya dikaitkan dengan sejumlah problematika informasi dan keamanan sistem. Teknologi informasi memiliki pengaruh yang cukup besar pada kehidupan masyarakat.

Bisa dikatakan bahwa dunia TI adalah sebuah pisau yang memiliki mata dua, baik dan buruk, ilegal dan legal sehingga mau tidak mau bagian tersebut harus berkaitan dengan etika. Menjadi sebuah hal yang sangat penting di mana kita harus memahami hal-hal yang belum legal atau tidak etis. Intinya adalah Di dalam sebuah situasi, baik organisasi maupun seseorang Yang harus memutuskan sebuah hal kadangkala tidak memiliki pertimbangan Apakah keputusannya melanggar hukum ataupun tidak.

Secara umum, kode etik IT di Indonesia memang belum ada yang tertulis. Walaupun demikian, kita tetap dapat menerapkan kode etik IT tersebut yang disusun oleh IEEE. IEEE sudah membuat kode etik IT sedemikian rupa khusus untuk anggotanya dimana kode etik tersebut yaitu:

Seluruh anggota memiliki tanggung jawab pada pengambilan keputusan yang konsisten terhadap kesehatan, keselamatan serta kesejahteraan masyarakat dan juga bisa dengan segera mengungkapkan sejumlah faktor yang bisa berbahaya bagi lingkungan dan publik.

Baca Juga:   Kode Etik Pustakawan Paling Baru

Semaksimal mungkin dapat menghindari sejumlah konflik kepentingan serta meluruskan beberapa pihak yang sudah masuk dan terpengaruh terhadap konflik tersebut

Beberapa pedoman untuk profesional TI

1. Para profesional harus memahami tentang keberhasilan

Para pengembang dan juga pemakai sistem komputer wajib untuk melihat Tingkat keberhasilan sebagai sebuah bagian yang cukup baik Apabila dibandingkan dengan penulisan kode program

Melakukan pengembangan untuk pemakai guna menghasilkan sebuah sistem yang aman, berguna, maka setiap pemakai wajib diikutsertakan pada sejumlah tahapan pengembangan sistem

2. Buat jadwal dan rencanakan secara seksama

Pada tahapan ini, tentunya para profesional harus memperhatikan kedetailan dari produk, sekaligus mengerjakan dengan hati-hati dan seksama pada saat perencanaan dan penjadwalan sebuah proyek dan juga pada saat pembuatan penawaran

3. Melakukan kajian pemakaian kembali software

Seorang profesional tidak boleh memberikan asumsi bahwa software-software yang sudah ada memiliki keamanan dan bisa dipakai kembali. Ada kalanya Sebuah software harus diupdate supaya memiliki Security dan fitur baru yang lebih baik

4. Melindungi produk

Seorang profesional juga tentunya wajib untuk memberikan jaminan yang cukup meyakinkan terhadap keamanan sebuah sistem yang ada

5. Jujur

Seorang profesional wajib untuk jujur serta terbuka terhadap keamanan, kemampuan serta beberapa batasan dari software atau produk yang dibuat

Demikianlah tutorial singkat mengenai kode etik IT yang bisa saya angkat pada artikel kali ini. Dengan adanya sejumlah pengetahuan dan wawasan seputar kode etik IT, maka tentunya anda bisa lebih memaksimalkan kinerja dan lebih bertanggung jawab terhadap Profesi yang anda miliki. Terima kasih, Selamat beraktivitas dan semoga bermanfaat.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sanksi pelanggaran kode etik wajib untuk diperlakukan manakala terjadi pelanggaran kode etik. Hal tersebut memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *