Home / Elektronika / Inilah Perbedaan TV Analog, TV digital dan HDTV

Inilah Perbedaan TV Analog, TV digital dan HDTV

Pastinya, anda sudah sering mendengar istilah TV analog , TV digital dan juga HDTV. Jenis televisi tersebut tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Lalu apa saja perbedaan TV analog , TV digital dan HDTV tersebut? Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas apa saja yang menjadi letak perbedaan antara TV analog, TV digital dan juga HDTV.

Inilah Perbedaan TV Analog, TV digital dan HDTV

Jenis TV yang pertama adalah TV analog. TV analog adalah TV yang pertama muncul dan dibuat oleh manusia di sepanjang sejarah dunia elektronika. Pada perkembangan televisi pertama kali, tentunya model televisi yang digunakan masih memakai jenis TV analog. Gangguan gangguan juga tentunya banyak dijumpai pada jenis TV analog ini. Gangguan yang paling jelas muncul pada jenis TV analog adalah dari segi noise gambar. Penggunaan CRT atau tabung adalah kelemahan berikutnya yang dimiliki oleh TV analog. Dengan pemakaian tabung CRT, maka tentunya konsumsi listrik akan semakin tinggi. Saking banyaknya kekurangan yang dimiliki oleh TV analog ini, maka dicarilah terobosan-terobosan baru pada teknologi televisi sehingga nantinya televisi generasi berikutnya akan memiliki banyak kelebihan dan mengurangi banyaknya kekurangan pada TV analog.

Baca Juga:   Cara Ganti Oli Genset Dengan Baik Dan Benar

Generasi TV yang berikutnya adalah Digital televisi. Model Digital televisi sudah cukup banyak digunakan pada saat ini, karena tentunya teknologi digital akan jauh lebih maju dibandingkan dengan teknologi TV analog. Jenis sinyal yang diolah pada digital televisi adalah kode 01. Pada proses penyiaran televisi, digital TV yg dipancarkan memakai jenis sinyal Ultra High Frekuensi atau sering dikenal dengan istilah UHF yang memakai frekuensi radio mulai dari 6 Mega hertz. Karena frekuensinya sudah menggunakan frekuensi UHF, maka tentunya gambar yang dihasilkan memiliki kualitas sangat jernih walaupun televisi yang digunakan memiliki ukuran kecil. Resolusi yang dimiliki oleh digital televisi bisa mencapai 704 pixel sehingga tentunya akan berimbas gambar akan selalu jernih walaupun ditampilkan dalam layar yang cukup besar.

Kelebihan yang lain dari digital televisi adalah penggunaan resolusi yang cukup tinggi, sehingga FPS yang dihasilkan juga akan sangat halus dan minum akan kedipan. Hal tersebut tentunya berbeda dengan televisi analog di mana apabila video ditampilkan pada televisi analog berlayar lebar, maka gambar yang dihasilkan akan mengalami penurunan kualitas menjadi buram dan juga terputus-putus. Sebagai informasi, digital televisi juga tentunya sudah mendukung penerimaan frekuensi dari siaran high definition televisi.

Baca Juga:   Cara Meredam Suara Genset Portable

Pada jenis televisi berikutnya adalah HDTV yang memiliki kepanjangan dari High-Definition Television. Bisa dikatakan HDTV merupakan bagian dari jenis televisi yang sudah ditetapkan untuk masuk kedalam generasi digital televisi. Bagian yang menetapkan standarisasi tersebut terkait dengan proses pengiriman dan penerjemahan sinyal video dan audio. Bisa disimpulkan bahwa masing-masing dijalan televisi tentunya mempunyai kualitas yang berbeda, tergantung dari level kualitas yang dimiliki oleh digital televisi itu sendiri. Pada saat ini, HDTV merupakan standar sinyal digital yang paling tinggi. Bisa dikatakan pula bahwa format digital dengan kualitas terendah adalah kualitas tertinggi yang dipunyai oleh jenis TV analog.

Aspek rasio yang dimiliki oleh HDTV adalah 16:9 dimana aspek rasio tersebut sering digunakan pada pemutaran film di layar bioskop. Sementara itu, standar digital televisi memiliki aspek rasio 4:3 yang lebih dikenal dengan sebutan televisi kotak. Resolusi yang bisa dibangkitkan oleh HDTV dapat mencapai angka 1921 x 1080 pixel sementara itu resolusi terendah yang dimiliki oleh HDTV adalah 1280 x 720.

Sementara itu, digital televisi umumnya cuma memiliki resolusi yang mencapai angka 704 x 480 pixel. Dengan perbandingan angka tersebut maka bisa diartikan bahwa resolusi yang dimiliki oleh HDTV adalah 10 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan TV analog. Sementara itu, untuk FPS ataupun Frame Rate dari masing-masing jenis televisi bisa dikatakan sama. Pada kasus tertentu ada sedikit perbedaan yang cukup mencolok yaitu televisi analog tidak akan mampu bisa menampilkan resolusi video yang tingginya 1920 x 1080 dengan FPS sebesar 60.

Baca Juga:   Cara Hidupkan Genset Dan Mematikannya Sesuai Prosedur

Demikianlah sedikit ulasan mengenai perbedaan antara TV analog, TV digital dan HDTV. Setelah anda memahami berbagai macam kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing jenis televisi, maka anda tidak akan merasa bingung lagi pada saat anda membutuhkan televisi baru sehingga anda bisa lebih mudah memilih menentukan jenis provinsi mana yang perlu anda beli untuk dipindah ke rumah. Terima kasih dan salam sukses.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Di dunia elektronika, istilah elektromagnet bukanlah merupakan hal baru. Akan tetapi, bagi masyarakat umum tentunya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *