Home / Hardware / Inilai 8 Tips Jitu Memilih Modem GSM Yang Bagus

Inilai 8 Tips Jitu Memilih Modem GSM Yang Bagus

Tips Jitu Memilih Modem GSM Yang Bagus perlu anda ketahui agar anda bisa membeli dan mendapatkan modem yang berkualitas sehingga bisa mendukung anda untuk kegiatan berinternetan. Modem adalah alat yang digunakan untuk mengubah sinyal yang diterimanya untuk keperluan berinternet. Semakin bagus kualitas dari modem, maka akan semakin baik pula koneksi internet yang didapat.

Tips Jitu Memilih Modem GSM Yang Bagus

Disaat sekarang ini, rata-rata pengguna internet rumahan menggunakan modem. Hal tersebut tentunya bertujuan agar bisa berhemat biaya internet. Dengan menggunakan modem USB, maka kita cukup membeli kuota internet saja dengan harga yang relatif murah. Berbeda tentunya jika kita berlangganan koneksi internet dari ISP besar, pastinya biaya bulanan yang perlu kita keluarkan juga besar pula. Modem USB tentunya juga sudah didesain sedemikian rupa sehingga mudah untuk digunakan. Walaupun bentuknya yang kecil, namun fungsinya tetap mampu memberikan komunikasi data bagi penggunanya. Supaya anda bisa mendapatkan koneksi dan kecepatan internet yang bagus, maka pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Tips Jitu Memilih Modem GSM Yang Bagus.

Tips Jitu Memilih Modem GSM Yang Bagus

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan didalam memilih model GSM yang memiliki kualitas bagus sehingga nantinya koneksi dan kecepatan internet yang anda dapatkan bisa maksimal.

1. Kecepatan maksimal dari akses data

Bagian pertama yang perlu mendapatkan perhatian anda didalam memilih modem USB GSM adalah pada kemampuan kecepatan maksimal yang bisa ditangani oleh modem. Sekarang ini memang kecepatan maksimal dari modem hampir pasti sama, yaitu pada kecepatan HSDPA. Namun, walaupun semua produsen modem sudah meng klaim bahwa modem buatan mereka sudah mampu berjalan pada jaringan HSDPA, anda tetap harus hati-hati didalam memilihnya.

Baca Juga:   Fungsi Tombol Power Pada Komputer

2. Pilihlah modem dari Merek terkenal dan Ternama

Walaupun tidak ada jaminan, memilih modem dari merek terkenal dan ternama bisa menjadi salah satu upaya untuk mendapatkan modem berkualitas. Memang dalam memilih merek modem nantinya kembali ke selera masing-masing pengguna juga. Sekarang ini tentunya banyak produsen modem USB yang membuat perangkat modem dengan kualitas yang selalu ditingkatkan. Ketika kita membeli modem dari vendor yang terkenal, maka minimal kita akan mendapatkan support yang bagus pada saat modem kita mengalami masalah.

3. mendukung fitur Plug and play

Fitur plug and play sekarang ini juga sudah hampir pasti dimiliki oleh setiap modem USB. Dengan memiliki fitur plug and play, maka setiap pemasangan modem di komputer atau laptop tidak membutuhkan pemasangan driver yang berasal dari CD/DVD ROM Drive. Apabila dibutuhkan software driver, bisa langsung diinstall lewat driver yang sudah disediakan oleh modem USB itu sendiri.

4. Cari modem yang kompetibel dengan Sistem Operasi yang digunakan

Hal ini memang terlihat sepele, namun menggunakan modem USB yang tidak kompetibel dengan sistem operasi yang digunakan akan membuat kinerjanya tidak maksimal atau bahkan tidak bisa bekerja sama sekali. Untuk mengetahui kompetibilitas modem USB dengan sistem operasi komputer yang anda gunakan bisa melihatnya pada label atau kemasan dari modem USB itu sendiri. Apabila anda adalah pengguna sistem operasi Windows, maka kebanyakan modem sudah kompetibel dengan OS Windows tersebut. Lain ceritanya jika anda adalah pengguna sistem operasi Linux ataupun Mac OS X, dimana anda harus selektif didalam memilih modem USB, apakah sudah kompetibel atau belum, terutama dari sisi software drivernya.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Komputer Generasi Ketiga

5. Menyesuaikan dengan Operator yang digunakan

Sekarang ini, ada 2 jenis jaringan operator yang digunakan untuk koneksi data internet, yaitu CDMA dan GSM. Supaya modem USB bisa bekerja, anda juga harus memilih modem sesuai dengan jaringan yang hendak digunakan. Apabila anda akan menggunakan jaringan GSM, maka anda harus membeli modem USB untuk GSM, begitu juga sebaliknya, jangan sampai keliru. Karena apabila anda tertukar dalam membeli modem USB tersebut, maka modem USB anda tidak akan bisa menerima sinyal.

6. Carilah modem dengan Proses Instalasi yang Mudah

Carilah model modem yang bisa langsung diinstall tanpa harus ribel mencari drivernya. Biasanya driver modem untuk jaman sekarang ini sudah langsung menyatu dengan alat, sehingga ketika pertama kali anda menancapkan modem USB pada komputer atau laptop, maka secara otomatis proses instalasi driver akan dilakukan.

7. carilah modem model USB dengan Desain ramping

Memilih model modem USB yang ramping berkaitan dengan tata letak port USB yang ada pada laptop apabila anda ingin menggunakan USB modem tersebut dilaptop. Kadang kala, ada laptop yang menyediakan port USB dengan jarak yang cukup dekat antara port yang satu dengan port yang lainnya. Apabila model modem USB anda terlalu “gendut”, maka anda tidak akan bisa memanfaatkan port USB yang ada disebelah port yang digunakan untuk modem karena terhalang oleh modem USB yang sudah terpasang tersebut.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer HP

8. Pilih Operator GSM atau CDMA yang sinyalnya kuat.

Hal ini memang sedikit keluar jalur pembahasan tips memiliki modem yang bagus. Namun demikian, menentukan operator jaringan internet baik GSM maupun CDMA yang sinyalnya kuat didaerah anda akan memaksimalkan kinerja dari modem USB tersebut. Semakin kuat sinyalnya, maka akan semakin baik pula proses penerimaan dari modem USB, sehingga koneksi dan kecepatan internet akan semakin baik. Jangan sampai anda mengalami kerugian menggunakan modem USB namun sinyal yang diperoleh justru malah minim yang pada akhirnya akan membuat anda tidak nyaman didalam berinternetan.

Demikianlah 8 Tips Jitu Memilih Modem GSM Yang Bagus yang bisa saya ulas pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan tips diatas bisa bermanfaat untuk anda yang sedang mencari kriteria modem yang bagus sehingga anda bisa membeli modem berkualitas dengan harga yang murah namun tidak murahan. Terima kasih atas kunjungan anda.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Istilah storage device merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer, terutama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *