Home / Jaringan / Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Bandwidth

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Bandwidth

Pernahkah anda mendapatkan pertanyaan dari guru untuk menjelaskan apa yang dimaksud dengan Bandwidth? Mari kita sedikit ulas pengertian dan definisi dari bandwidth secara umum. Pada proses penggunaan sebuah blog maupun website online memang selalu dikait-kaitkan dengan hosting, domain, bandwidth dan beberapa bagian lainnya. Ketika unsur tersebut tentunya tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Walaupun unsur-unsur pada sebuah website cukup banyak, pada ulasan kali ini saya akan mencoba untuk mengerucutkan pembahasan hanya pada bagian bandwidth saja.

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Bandwidth

Apa yang dimaksud dengan Bandwidth?

Apa sebenarnya arti kata dan pengertian serta definisi Bandwidth? Bandwidth merupakan salah satu dari sebuah ukuran proses transfer data baik berupa download maupun upload yang sudah dilakukan oleh website yang tentunya dihitung dengan menggunakan satuan bit per detik. Satuan lain yang digunakan adalah bit per second. Proses transfer data tersebut dihitung dari besarnya file yang merupakan lalu lintas data dari server kepada klien ataupun user.

Tentunya, benwit sangat dipengaruhi dan ditentukan oleh banyaknya pengunjung pada sebuah website, banyaknya halaman yang dibuka atau dikunjungi, besarnya file yang dibuka ( sebagai contoh adalah gambar, teks, video, musik) yang awalnya berada di server namun dibuka pada komputer client.

Apabila kita sering mengakses sebuah website maupun situs maka tentunya jatah bandwidth pada situs tersebut akan semakin berkurang. Demikain juga ketika sebuah situs ataupun website kehabisan bandwidth maka tentunya akan mengalami error dan akan menampilkan sebuah pesan “bandwidth limit Execceded” dan tentunya halaman website tersebut sudah tidak bisa diakses lagi untuk sementara. Namun demikian, banyak juga pihak hosting sekarang ini yang menyediakan bandwidth unlimited di mana proses transfer data dari server ke client sudah tidak dibatasi lagi benwit nya.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Hosting

Bandwidth pada sebuah hosting biasanya akan direset secara penuh pada awal bulan. Jadi, Ketika anda kehabisan bandwidth pada bulan ini, maka nantinya bandwidth anda akan dikembalikan secara penuh pada awal bulan berikutnya. Lalu, Bagaimana jika anda ingin website yang sudah kehabisan bandwidth bisa dibuka kembali? Salah satunya adalah dengan upgrade paket hosting yang memiliki fasilitas untuk menambah besarnya bandwidth.

Fungsi dan manfaat dari bandwidth

Manfaat pertama dan utama dari bandwidth yaitu untuk melakukan penghitungan besarnya proses transfer maupun transaksi data dari client yang mengakses sebuah server. Apabila hal ini disangkutpautkan dengan sebuah website, maka besarnya bandwidth yang digunakan akan dihitung sama dengan Besarnya jumlah aset ataupun data yang diakses oleh setiap pengunjung sebuah website.

Perbedaan antara data transfer dengan Bandwidth

Tentunya, kita harus mampu membedakan antara data transfer dengan b. Kedua istilah tersebut tentunya sangat familiar di telinga kita sebagai pemakai internet. Lalu, apa perbedaan antara data transfer dengan Bandwidth? Bandwidth merupakan sebuah kata yang merujuk pada besarnya volume data yang bisa ditransfer setiap unit waktu. Sementara itu, data transfer merupakan besarnya ukuran lalu lintas data dari website yang kita miliki. Lebih gampangnya bisa dikatakan bahwa benwit merupakan rate dari setiap data transfer.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan FTP

Ketika sebuah benwit yang disediakan cukup besar, maka tentunya website akan terlewat dengan lebih cepat. Hal tersebut dikarenakan server memiliki kemampuan didalam mentransfer data yang lebih besar setiap detiknya. Kondisi tersebut tentunya tidak membuat data transfer menjadi lebih besar, Hal tersebut dikarenakan jumlah setiap data transfer tentunya sangat bergantung pada jumlah pengunjung website serta ukuran dari file yang ada pada website tersebut yang mana didalamnya secara umum terdiri dari video, suara, gambar dan juga teks. Semakin tinggi angka pengunjung website maka akan semakin besar kebutuhan jumlah data yang akan ditransfer dari website yang anda miliki dan tentunya data transfer pun akan semakin besar.

Hal-hal yang berpengaruh terhadap pemakaian Bandwidth

Ada sejumlah hal yang bisa berpengaruh terhadap penggunaan bandwidth di sebuah website. Berikut ini adalah sejumlah hal yang sangat mempengaruhi besar kecilnya pemakaian Bandwidth

1. Tampilan dari website

Setiap kali website Anda diakses oleh client, maka bandwidth yang anda miliki juga akan semakin berkurang, sesuai dengan besarnya halaman yang dilewati. Website dengan tampilan banyak Gambar Dan Video tentunya akan memakan Bandwith lebih besar dibandingkan dengan website yang hanya menampilkan teks saja.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Komunikasi Dalam Jaringan

2. Upload dan download

Bisa dipastikan bahwa kegiatan upload serta download file akan sangat cepat mengurangi jatah bandwidth anda. Untuk itulah, sangat disarankan untuk lebih bijaksana di dalam menggunakan akun hosting Anda sehingga Anda bisa menghemat bandwidth hosting, kecuali hosting Anda menyediakan bandwidth unlimited.

3. SMTP dan POP3

Pemakaian email client, seperti pada Outlook juga akan membutuhkan bandwidth baik itu pada proses menerima email maupun mengirim email. Termasuk didalamnya adalah file lampiran atau Attach file yang bisa dipastikan akan mengurangi jatah bandwidth anda di hosting.

Kesimpulan yang bisa diambil pada ulasan diatas adalah bahwa band with yang kita perlukan pada sebuah website tentunya sangat bergantung pada besarnya file pada website yang kita bangun serta seberapa popularitas dari website yang kita miliki tersebut. Semakin besar ukuran file pada website Yang kita miliki, maka kebutuhan bandwidth yang kita harus siapkan juga semakin besar. Demikian juga ketika website yang kita bangun semakin populer, maka kebutuhan bandwidth juga akan semakin besar supaya setiap pengunjung kebagian jatah bandwidth sehingga halaman website bisa terbuka.

Itulah penjelasan singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan benwit. Mudah-mudahan, Bagi anda yang sekarang ini hendak membangun website dengan menggunakan hosting sendiri, maka anda sudah mampu untuk menganalisa kebutuhan Bandwidth dari website yang hendak Anda bangun tersebut. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan file server? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *