Home / Umum / Pola Pikir / Jenis Jenis Pola Pikir Pada Manusia

Jenis Jenis Pola Pikir Pada Manusia

Sekarang ini, kita sering mendapati orang yang dengan Mudah terpengaruh kepada sejumlah pola pikir. Pola pikir bisa juga berpengaruh terhadap orang yang non verbal. Pola pikir merupakan sebuah kecenderungan yang bersifat dinamis pada manusia, sehingga pola pikir bisa berpengaruh kepada siapa saja. Pola pikir bisa merugikan kita, namun pola pikir juga bisa membantu kita.

Jenis Jenis Pola Pikir Pada Manusia

Tentunya ada orang yang memiliki pola pikir perfeksionis. Kita melakukan penilaian kepada diri masing-masing begitu tajam Yang mana secara sekilas kita tidak memiliki keberanian guna mencoba terhadap sesuatu yang sebenarnya tidak kita kuasai secara sempurna.

Sementara itu, ada pula orang yang memiliki pola pikir Obsesif, dimana orang tersebut akan selalu memiliki ingatan secara terus-menerus terhadap sesuatu yang cukup menakutkan Sehingga pada akhirnya bisa menjadikan teror terhadap diri sendiri dan pada akhirnya rasa takut tersebut bisa menjadi lebih besar dan akan mengakibatkan orang tersebut akan berhenti beraktivitas dan yakin bahwa kondisi tersebut merupakan sebuah malapetaka.

Disamping itu ada juga orang yang memiliki pola pikir pesimis. Orang tersebut meyakini bahwa dia sedang dikutuk. Apapun dan bagaimanapun dia di dalam berusaha, maka yang akan datang merupakan hal-hal yang buruk. Orang tersebut tentunya tidak memiliki kemampuan dan kepedulian di dalam melihat sebuah keberhasilan karena orang tersebut hanya mampu untuk melihat kepada kegagalan-kegagalan yang sudah pernah didapatnya.

Ketergantungan kepada orang lain juga merupakan pola pikir yang keliru. Kadangkala, ada seseorang yang memiliki keinginan untuk bebas, namun di sisi lain ada pihak yang merasa bahwa terdapat orang lain yang sudah menyelamatkan dirinya. Orang tersebut tentunya memiliki pola pikir bahwa orang lain tersebut mencintai Dia karena sudah pernah menyelamatkannya. Tentunya kehilangan orang tersebut adalah sesuatu hal yang sangat ditakutkan. Orang tersebut menginginkan adanya sebuah kebebasan, namun di sisi lain dia juga sangat bergantung kepada orang yang pernah menyelamatkannya.

Jenis pola pikir yang berikutnya adalah saling membutuhkan. Kita bisa untuk bisa mencintai orang lain serta kita juga bisa membuat orang yang kita cintai tersebut memiliki ketergantungan kepada kita dengan cara mencurahkan berbagai macam perhatian serta perasaan cinta tersebut.

Baca Juga:   Langkah Membentuk Pola Pikir Kreatif

Terdapat pula orang yang memiliki pola pikir tidak suka atau membenci dirinya sendiri. Mereka membuat diri mereka sendiri menjadi orang yang pesimis yang pada akhirnya akan mengerjakan hal yang sama dengan yang dikerjakan orang lain. Mereka akan selalu bertahan untuk tidak melakukan perubahan pada dirinya sendiri, Bahkan sebaliknya, mereka akan memberikan pengaruh kepada orang lain dengan langkah menakut-nakuti bahwa ada sesuatu yang cukup berbahaya ketika kita keluar dari pola Pikir yang sedang dimilikinya.

Pola pikir yang selanjutnya adalah pola pikir dogmatik atau birokrat. Pola pikir tersebut dijalankan dengan cara memaksakan sebuah kehendak untuk bisa selalu mengikuti segala macam aturan dan merasa bahwa Kitalah yang paling tahu segala-galanya.

Pola pikir yang baik merupakan pola pikir konstruktif. Pola pikir konstruktif merupakan pola pikir yang perlu dimiliki oleh setiap orang karena perkembangan pada pola pikir dan sikap di kehidupan masyarakat akan semakin baik.

Tidak ketinggalan pula adalah pola pikir optimis yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Maksudnya adalah kita mempercayai bahwa segala macam sesuatu pasti akan bisa dilaksanakan dan tidak ada sesuatu yang tidak mungkin. Hanya saja, untuk bisa melakukan sesuatu Kadangkala kita harus mengerjakannya secara bertahap, istilahnya adalah Biar lambat asal selamat.

Pola pikir realistis juga banyak dimiliki di masyarakat umum sekarang ini. Pola pikir realistis tersebut tentunya mampu untuk mengalahkan rasa takut serta berbagai macam hal negatif. Pola pikir tersebut dilaksanakan dengan cara melihat sesuatu tanpa memakai emosi, yang kemudian akan membuat sebuah rencana secara bertahap dan dilalui dengan rasa percaya diri.

Pola pikir yang lain adalah pola pikir taoisme. Pola pikir taoisme ini mampu mengartikan bahwa yang jelek bukan selalu hitam dan putih juga tidak selalu dalam kondisi yang baik. Bentuknya, sesuatu yang bisa amat berguna ketika ada di kondisi yang tepat. Bisa dikatakan pula bahwa sesuatu yang terlihat baik bisa saja mencelakakan kita. Kita bisa selalu ada di posisi Tengah, berjalan dengan sendiri tanpa ada yang mengatur, tanpa rasa emosi, serta bisa menerima segala macam sesuatu tanpa adanya rasa penyesalan bahwa hal tersebut merupakan langkah yang paling baik guna mencapai kebahagiaan.

Baca Juga:   Tiru Pola Pikir Kewirausahaan Jika Ingin Sukses

Satu sisi yang bisa kita pikirkan maupun kita khawatirkan yaitu di masa sekarang ini, detik ini, menit Ini, bukan esok hari maupun hari kemarin. Keseluruhan langkah yang sudah kita lakukan merupakan sesuatu yang benar dan tentunya kita tidak perlu memikirkan sesuatu hal yang menakutkan dan belum terjadi serta memiliki pemikiran bahwa hal yang menakutkan tersebut akan mengalami kegagalan. Apabila kita bisa fokus kepada diri kita di saat sekarang ini, maka tentunya kita bisa lebih jauh menuju kesuksesan.

Pola pikir seseorang yang lainnya adalah pola pikir Mandiri. Maksudnya adalah kita tidak terlalu fokus didalam memikirkan perasaan yang dimiliki oleh orang lain sehingga orang lain bisa merasa lebih bebas. Kita tentunya bisa menggali sejumlah kemampuan yang ada pada diri kita secara bertahap berdasarkan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing tanpa harus memiliki rasa malu, merasa bersalah, maupun perasaan dibebani. Pada kondisi tertentu, Kita juga bisa menentukan sebuah pilihan guna merubah pola pikir apakah Kita akan tetap bertahan pada pola pikir yang positif atau berubah memiliki pola pikir negatif.

Secara umum, pola pikir yang bisa merusak diri nyatanya bisa diubah sehingga kita bisa bekerja lebih baik, memiliki sifat pemaaf, bisa menguatkan sesama, bisa mengekspresikan diri, memiliki sifat Mandiri serta memiliki cita-cita.

Pikiran adalah hamba yang memiliki manfaat sangat baik, namun juga bisa menjadi majikan yang sangat kejam. Untuk itulah, kita memang harus memiliki rasa hati-hati terhadap pikiran yang dimilikinya. Manusia merupakan satu-satunya makhluk hidup di dunia yang memiliki kemampuan di dalam berpikir tentang sebuah sistem. Apabila diistilahkan disebut dengan kata metakognisi.

Baca Juga:   Ini Dia Pola Pikir Orang Cerdas Yang Bisa Anda Tiru

Cukup banyak orang yang tidak tahu, tidak sadar, tidak mau tahu, atau bahkan memiliki rasa pura-pura tidak tahu bahwa sebenarnya mereka mempunyai kemampuan diri. Untuk itulah, mereka jarang yang memiliki kesadaran bahwa umur yang dimiliki oleh mereka sudah menjadi hamba atau budak dari pikiran yang dimiliki oleh mereka sendiri.

Pola pikir yang dimiliki oleh seseorang rata-rata mengikuti pola pikir dari kebanyakan orang secara umum, yaitu pola pikir di dalam membela diri, mengucilkan diri, mengejar penghargaan, serta membuat sejumlah alasan.

Harus kita sadari bahwa apa saja yang terjadi pada kita di kehidupan sehari-hari adalah sebuah realisasi dari buah pikiran yang kita miliki. Semakin tinggi kita memiliki pikiran tentang hal-hal yang kita inginkan, maka hal tersebut juga akan menjadi sebuah kecenderungan untuk kita dapatkan.

Sebagai contoh mudah, misalnya ada seorang remaja putri yang tidak terlalu suka dengan tingkah polah ibunya, lalu mengatakan bahwa ketika nanti dia sudah beranjak dewasa, maka dia tidak ingin memiliki sifat seperti ibunya tersebut. Lantas, apa yang akan terjadi pada saat dia sudah menjadi dewasa? Justru ia akan memiliki tingkah pola yang mirip dengan ibunya. Mengapa hal tersebut terjadi? Hal tersebut dikarenakan semakin keras Dia memiliki pikiran untuk tidak memiliki tingkah polah seperti ibunya, maka justru pikiran tersebut akan menjadi semakin menguasai dirinya, semakin dominan dan pada akhirnya akan membentuk watak seperti yang dia pikirkan.

Demikianlah penjabaran tentang jenis-jenis pola pikir pada manusia yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, setelah anda memahami sejumlah jenis pola pikir manusia di atas, maka anda bisa menyimpulkan pola pikir mana yang anda miliki. Selanjutnya, pola pikir positif bisa anda kembangkan sementara pola pikir negatif bisa anda hilangkan. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Perkembangan Pola Pikir Manusia Paling Terpercaya

Perkembangan Pola Pikir Manusia Paling Terpercaya

Proses perkembangan pola pikir manusia dari tahun ketahun akan semakin berkembang. Semenjak manusia dilahirkan di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *