Home / Elektronika / Kekurangan Dan Kelebihan Lampu LED

Kekurangan Dan Kelebihan Lampu LED

Lampu LED memiliki kepanjangan light emitting diode dimana jenis lampu LED ini masuk ke dalam jenis semikonduktor yang memiliki prinsip kerja mengubah ke energi cahaya dari energi listrik. Teknologi lampu LED ini merupakan teknologi yang sangat cocok untuk dipakai di masyarakat yang sekarang ini sedang mendambakan biaya listrik yang murah.

Kekurangan Dan Kelebihan Lampu LED

Perkembangan dari lampu LED juga diprediksi mampu menggeser pertumbuhan lampu pijar dan juga lampu neon.Namun tentunya walaupun lampu LED memiliki banyak kelebihan ternyata dibalik kemewahan lampu LED juga terdapat kekurangan. Untuk itulah pada kesempatan yang baik ini saya ingin mencoba berbagi informasi mengenai kekurangan dan kelebihan lampu LED.

Kelebihan Dan Kekurangan Lampu LED

Manfaat penting dari lampu LED adalah digunakan untuk media penerangan. Sebenarnya, lampu LED barulah booming pada beberapa tahun kebelakang. Dari jaman dahulu, keberadaan lampu LED Sudah dimiliki pada beberapa produk elektronik, mulai dari Televisi, komputer sampai dengan radio. Lalu, apa saja kekurangan dan kelebihan lampu LED? Berikut ini akan saya jabarkan kekurangan dan kelebihan lampu LED yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan yang dimiliki oleh lampu LED adalah:

1. Hemat dalam penggunaan energi

Lampu LED memiliki kemampuan didalam membuat cahaya lebih terang namun tetap hemat energi yang mana hal tersebut bisa berdampak penggunaan dari listrik akan semakin berkurang dan tentunya tagihan listrik akan semakin mengecil. Disinyalir, kebutuhan listrik untuk menyalakan lampu LED bisa dihemat dari 80% sampai dengan 90% Apabila dibandingkan dengan lampu yang lainnya.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Bass Dengan Memodifikasi Amplifier

Hal tersebut tentu bisa disimpulkan bahwa lampu LED sangatlah hemat energi listrik. Selain itu, lampu LED juga bisa dinyalakan dengan menggunakan energi alternatif, seperti menggunakan aki dan juga menggunakan sumber tenaga listrik mikroba yang tentunya memakai turbin yang dibantu dengan tenaga air.

2. Lampu LED memiliki umur nyala yang panjang atau awet

Umur pakai dari lampu LED bisa dikatakan sangatlah panjang, bahkan lebih panjang dibandingkan dengan jenis lampu neon. Secara teori, umur nyala dari lampu LED bisa mencapai 50.000 jam atau setara dengan 5 tahun. Bahkan, pada sejumlah merk lampu LED tertentu, mereka berani memberikan garansi sampai dengan 150.000 jam atau setara dengan 15 tahun pemakaian.

Tentunya, Salah satu hal yang menyebabkan usia lampu LED sangat panjang adalah pada komponen dioda yang digunakan untuk memancarkan cahaya. Pemakaian jenis dioda ini tidak menimbulkan panas yang berlebihan sehingga tentu tidak akan membuat kondisi rumah lampu mengalami kerusakan atau bahkan putus.

3. Lampu LED sangat ramah lingkungan

Nyala dari lampu LED tidaklah menimbulkan radiasi sinar ultraviolet yang mana hal tersebut tentu sangat aman bagi penggunanya, yaitu manusia. Pemakaian sumber energi listrik Juga tentunya akan sangat bisa dihemat karena memang jenis lampu ini sangatlah hemat di dalam mengkonsumsi energi listrik. Oleh sebab itulah, minimnya kebutuhan energi listrik akan membuat alam semakin baik karena tidak terlalu banyak terkuras.

Baca Juga:   Inilah Perbedaan TV Analog, TV digital dan HDTV

Kekurangan yang dimiliki oleh lampu LED adalah:

1. Harga lampu LED masih tergolong mahal

Apabila kita bandingkan antara harga lampu LED dengan harga lampu yang lainnya, maka tentu kita bisa menyimpulkan bahwa harga lampu LED masih diatas harga rata-rata jenis lampu neon pada umumnya. Lampu LED sebenarnya sudah cukup lama ditemukan, namun baru akhir-akhir ini lampu LED dikembangkan dalam jumlah yang banyak atau masal untuk kebutuhan penerangan.

Dahulu kala, lampu LED hanya dimanfaatkan sebagai indikator pada perangkat elektronika. Namun, tentunya anda tidak perlu khawatir karena suatu saat nanti pastinya harga dari lampu LED akan semakin murah karena perkembangan teknologi sekarang ini sangatlah pesat.

2. Lampu LED tidak bisa digunakan sebagai pemanas

Jenis lampu LED tentunya tidak cocok digunakan oleh para peternak ayam yang membutuhkan energi panas hasil pancaran dari lampu. Hal tersebut disebabkan karena lampu LED tidak memancarkan sinar UV atau ultraviolet. Apalagi bagi peternak ayam yang membutuhkan energi panas sebuah lampu untuk menetaskan telur, maka lampu LED sangat tidak cocok untuk digunakan. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menghindari penggunaan lampu LED untuk kebutuhan pemanasan di peternakan Ayam maupun di penetasan telur.

Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Listrik Seri Sederhana

Tentunya, sudah menjadi hal yang wajar Apabila sebuah produk mengalami kekurangan dan kelebihan. Salah satunya adalah kekurangan dan kelebihan lampu LED yang saya bahas Pada kesempatan ini. Setelah kita mengetahui bersama Apa saja kekurangan dan kelebihan dari lampu LED, maka tentu kita bisa menempatkan posisi mengenai Kapan kita memerlukan lampu LED dan kapan kita membutuhkan jenis lampu yang lainnya.

Namun, bisa disimpulkan bahwa Apabila Anda ingin menggunakan lampu LED sebagai penerangan, maka hal tersebut sangatlah cocok. Silahkan anda Gunakan lampu LED untuk menerangi ruangan ruangan yang ada di dalam rumah. Namun, Apabila Anda ingin menggunakan lampu LED sebagai pemanas, maka hal tersebut sama sekali tidak cocok. Terima kasih atas kunjungan anda, semoga informasi sederhana ini bisa bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Di dunia elektronika, istilah elektromagnet bukanlah merupakan hal baru. Akan tetapi, bagi masyarakat umum tentunya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *