Home / Elektronika / Kelebihan Dan Kekurangan Air Cooler

Kelebihan Dan Kekurangan Air Cooler

Air cooler merupakan alat pendingin pada sebuah ruangan yang bisa memproduksi udara dengan kesejukan tertentu. Sendiri sebenarnya berbeda dengan ac atau lebih dikenal dengan sebutan air conditioner. Air cooler merupakan sebuah alat yang berfungsi mendinginkan ruangan dan menggunakan bahan berupa es batu ataupun air biasa. Sementara itu pendingin ruangan berupa ac menggunakan freon.

Kelebihan Dan Kekurangan Air Cooler

Disamping bisa menghasilkan udara yang sejuk dan segar, air cooler merupakan salah satu alat yang sangat disenangi oleh masyarakat karena memiliki dimensi yang cukup kecil. Tentunya dengan ukuran yang kecil maka air cooler bisa dibawa ke mana saja serta dapat dengan mudah dipindahkan tempatnya.

Kelebihan dan kekurangan air cooler

Apakah sekarang ini anda sudah berminat untuk membeli air cooler tersebut? Sebelum memutuskan untuk membeli air cooler, ada baiknya anda mengetahui sejumlah kelebihan dan kekurangan air cooler sehingga anda lebih mantap di dalam menentukan pilihan apakah anda ingin membeli peralatan tersebut atau bahkan membeli air conditioner atau ac sekaligus.

Kelebihan air cooler

1. Air cooler membutuhkan daya listrik yang cukup rendah dibandingkan ac atau air conditioner

Apabila ac membutuhkan daya listrik paling kecil adalah 300 watt, maka air cooler hanya membutuhkan listrik dengan daya berkisar antara 75 watt sampai dengan 120 watt. Tentunya, sudah bisa anda bayangkan biaya tagihan listrik yang harus anda keluarkan nantinya apabila menggunakan ac. Untuk itu, tentunya air cooler sangat cocok bagi anda yang masih berstatus mahasiswa dan kebetulan kost dan juga hawa di sekitar tempat kos anda cukup panas. Atau bagi anda yang memang masih menggunakan listrik berdaya kecil, misalnya adalah 450watt, maka tentunya cocok menggunakan air cooler.

Baca Juga:   Cara Membuat Sekring Otomatis Hanya Memanfaatkan Lampu Bohlam

2. Mudah untuk dipindah-pindah serta dibawa kemana saja

Disamping mengkonsumsi listrik dengan daya yang kecil, air cooler juga memiliki ukuran yang bisa dikatakan cukup kecil sehingga menghemat ruangan. Selain itu, dengan ukuran yang kecil tersebut maka tentunya aircooler bisa dibawa ke mana saja serta dapat dengan mudah dipindah-pindah sesuai dengan keinginan sehingga kondisi udara di dalam ruangan selalu segar dan dingin.

3. Murah dan mudahnya proses perawatan

Karena air cooler hanya menggunakan bahan dasar berupa air maupun es batu apabila diinginkan hasil yang lebih optimal, maka tentunya proses perawatan bisa dilakukan dengan cukup mudah dan juga murah. Hanya diperlukan proses pembersihan bagian-bagian air cooler saja hingga air cooler tersebut mampu bekerja secara optimal. Berbeda dengan proses perawatan air conditioner atau ac dimana ada bagian-bagian khusus yang rata-rata tidak bisa ditangani oleh orang awam dan harus memanggil teknisi ac untuk melakukan pembersihan.

Kekurangan air cooler

1. Jarak pendinginan cukup terbatas dan hanya satu arah

Air cooler hanya bisa digunakan untuk mendinginkan ruangan dalam satu arah serta memiliki jarak yang cukup terbatas. Apabila ruangan cukup lebar, maka air cooler tidak akan mampu untuk mendinginkan ruangan yang lebar tersebut. Hal tersebut tentunya berkebalikan dengan ac atau air conditioner dimana peralatan tersebut bisa mendinginkan seluruh bagian ruangan yang ada

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Freezer Yang Tidak Dingin

2. Apakah air cooler aman bagi kesehatan?

Pertanyaan ini cukuplah singkat namun harus dijawab dengan benar? Apabila kita tengok kebelakang bahwa air conditioner atau ac bisa menyebabkan penyakit yang namanya “kantong kering” karena memang penggunaan daya listrik untuk ac cukuplah besar yang tentu bisa mengakibatkan tagihan listrik di akhir bulan cukup membengkak. Lalu apakah air cooler demikian? Air cooler merupakan sebuah alat yang berfungsi mendinginkan ruangan dengan cara meningkatkan tingkat kelembaban udara yang ada pada sebuah ruangan di mana hal tersebut dapat menimbulkan munculnya bakteri dan juga virus. Oleh sebab itulah, maka sangat disarankan pada pemakaian air cooler untuk tidak langsung diarahkan ke tubuh kita.

Dari penjelasan diatas maka bisa diambil kesimpulan bahwa peralatan air cooler merupakan peralatan yang sangat cocok untuk dipakai guna mendinginkan sebuah ruangan yang tidak berukuran terlalu besar dan juga memiliki harga yang terjangkau serta mengkonsumsi daya listrik yang tidak terlalu besar. Selain itu, proses perawatan yang dilakukan pada air cooler juga tidaklah terlalu rumit serumit perawatan untuk ac atau air conditioner.

Baca Juga:   Cara Setting Karburator Genset Dan Sistem Kerjanya

Mudah-mudahan, setelah anda memahami sejumlah kelebihan dan kekurangan peralatan air cooler, maka anda sudah bisa memutuskan apakah akan melanjutkan untuk membeli air cooler tersebut ataupun mengurungkan nya. Intinya, terdapat banyak kelebihan yang dimiliki oleh air cooler, namun juga memiliki kelemahan seperti apa yang sudah saya bahas pada bagian diatas. Terima kasih atas kunjungan anda selamat beraktifitas dan salam sukses untuk kita semuanya.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Di dunia elektronika, istilah elektromagnet bukanlah merupakan hal baru. Akan tetapi, bagi masyarakat umum tentunya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *