Home / Umum / Kesehatan / Kelebihan Dan Kekurangan Air Raksa Dan Alkohol Untuk Mengisi Termometer

Kelebihan Dan Kekurangan Air Raksa Dan Alkohol Untuk Mengisi Termometer

Air raksa merupakan salah satu jenis air yang juga disebut dengan istilah merkuri. Air raksa tersebut adalah sebuah cairan yang terbuat dari logam transisi dan mempunyai warna yang cukup khas layaknya seperti perak yang menyala per kilo serta berbentuk cairan dimana memiliki fungsi bisa membantu perkembangan sebuah industri pada proses pembuatan kertas, cat, serta sebagai bahan penunjang pada dunia kedokteran, misalnya adalah pada dokter gigi karena air raksa ternyata bisa dipakai guna menambal bagian gigi yang rusak baik berlubang maupun bergerak.

Kelebihan Dan Kekurangan Air Raksa Dan Alkohol Untuk Mengisi Termometer

Sementara itu, alkohol merupakan salah satu bahan dasar atau bahan baku untuk proses pembuatan berbagai macam minuman yang mengandung alkohol, sebagai bahan bakar di dunia otomotif, sebagai bahan make up tertentu, sebagai bahan untuk mencegah terjadinya pembekuan pada radiator, serta bisa pula dipakai sebagai salah satu bahan pengembangan di dunia farmasi. Dan ternyata salah satu fungsi yang cukup unik dari kedua jenis cairan tersebut yaitu air raksa dan juga alkohol bisa dipakai dan dimanfaatkan untuk mengisi alat yang namanya termometer.

Keunikan lain yang bisa didapat dari alkohol dan air raksa tersebut yaitu bisa dipakai sebagai salah satu bahan pemeriksaan dan juga bahan penelitian pada laboratorium kimia yang tentunya dipakai pada tahapan pengisian tabung termometer.

Air raksa juga tentunya memiliki keunikan di dalam industri emas. Hal tersebut dikarenakan air raksa bisa digunakan untuk memurnikan sekaligus membersihkan emas pada kegiatan pertambangan di seluruh indonesia bahkan seluruh dunia. Sampai dengan saat ini, belum ada satu jenis cairan lain yang mampu menggantikan peran dan fungsi dari air raksa di industri emas.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Alkohol

Kelebihan dan kekurangan air raksa

Kelebihan air raksa

  1. Tampilan dari air raksa cukup mudah terlihat karena warnanya yang cukup ngejreng putih layaknya seperti perak
  2. Pada saat suhu air raksa meningkat, maka dapat mengalir dengan area yang cukup luas dan lebar. Begitu juga sebaliknya, air raksa juga ternyata bisa menggumpal dan mengeras apabila berada pada suhu yang sangat rendah misalnya adalah minus 40 derajat celcius. Demikian juga sebaliknya, air raksa bisa mendidih bergejolak di suhu 360 derajat celcius
  3. Sifat dari air raksa adalah berkelompok serta licin dan juga tidak dapat menempel pada bagian yang dilewati baik pada tepi tabung kapiler dan pada dinding disaat air raksa tersebut bergerak. Kondisi tersebut tentunya amat ideal dan bagus untuk mendapatkan keakuratan di dalam pengukuran.
  4. Air raksa ternyata bisa naik suhunya karena dipengaruhi oleh benda-benda yang sedang dilakukan proses pemeriksaan dan penelitian pada laboratorium yang tertutup.

Kekurangan air raksa

  1. Cukup sulit untuk mendapatkan air raksa, karena air jenis ini hanya bisa anda dapatkan pada toko-toko yang menjual bahan bahan kimia serta memiliki harga yang cukup mahal. Air raksa juga hanya bisa didapat apabila kita mempunyai tujuan tertentu yang pasti.
  2. Suhu yang ada di bawah angka 300 derajat celcius cukup sulit untuk diukur menggunakan termometer yang menggunakan air raksa.
  3. Di dalam air raksa mengandung partikel yang cukup beracun dimana partikel tersebut bisa melukai seseorang apabila wadah atau tempat yang berupa tabung pada termometer mengalami kerusakan atau kebocoran.
  4. Pigmen pada kulit manusia dapat berubah menjadi cukup gelap apabila terkena oleh air raksa karena air raksa tersebut mampu untuk melakukan hal tersebut.
  5. Secara umum, air raksa merupakan cairan yang sangat berbahaya apabila mengenai kulit atau bahkan tertelan. Air raksa yang tertelan bisa menimbulkan kerusakan jaringan pada bagian kulit terdalam, menimbulkan penyakit parkinson, menimbulkan kerusakan pada sistem saraf, terjadinya anemia di skala yang cukup kecil serta sejumlah penyakit lainnya.
Baca Juga:   Akibat Kekurangan Dan Kelebihan Air

Kelebihan dan kekurangan alkohol

Kelebihan alkohol

  1. Alkohol tentunya memiliki harga yang cukup murah serta bisa dengan mudah diperoleh di sejumlah toko obat-obatan dan juga toko kosmetik.
  2. Alkohol bisa dipakai untuk mengukur suhu badan yang cukup rendah. Hal tersebut dikarenakan cairan alkohol mempunyai titik beku yang sangat rendah, yaitu minus 1300 derajat celcius.
  3. Pada suhu yang cukup rendah, alkohol bisa bereaksi sehingga memiliki beban yang berat dan volume yang besar.
  4. Cairan alkohol bisa memuai di udara dengan cukup cepat serta dapat masuk ke dalam pori-pori kulit yang memiliki ketebalan berbeda. Demikian pula pada tabung termometer yang berada dalam kondisi terbuka.
  5. Alkohol memiliki karakter mudah menghilang dan bersifat menyerap pada seluruh jenis benda. Termasuk adalah tabung termometer yang mengalami keretakan ataupun kebocoran.

Kekurangan alkohol

  1. Untuk mengukur suhu yang sangat tinggi alkohol tidak bisa digunakan karena alkohol hanya memiliki titik didih kurang lebih 78 derajat celcius
  2. Dalam kondisi terbuka, alkohol dapat melumasi kaca tabung sekaligus bisa memuai. Alkohol tersebut hanya bisa bertahan dalam hitungan detik saja.
  3. Alkohol memiliki sifat tidak berwarna dan sangat ringan serta tentunya tidak dapat disentuh karena bentuknya tidak menggumpal layaknya air raksa. Selain itu, alkohol juga merupakan cairan yang sangat mudah menguap.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Air Raksa

Demikianlah informasi singkat mengenai kelebihan dan kekurangan air raksa dan alkohol untuk mengisi termometer. Mudah-mudahan, artikel singkat pada kesempatan kali ini mampu memberikan tambahan informasi dan wawasan anda di bidang kesehatan, terutama pada peralatan termometer yang mana peralatan tersebut merupakan peralatan yang cukup penting di dunia kesehatan guna mengukur suhu tubuh seseorang. Terima kasih dan selamat bekerja.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Sel

Apa Yang Dimaksud Dengan Sel

Halo pengunjung setia inanesia.com. Apa kabar semuanya ? Semoga saja anda sekalian selalu dalam kondisi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *