Home / Umum / Alam / Kelebihan Dan Kekurangan Energi Air

Kelebihan Dan Kekurangan Energi Air

Bentuk energi alternatif yang dapat dipakai guna mencukupi sejumlah  kebutuhan hidup dari manusia adalah energi air. Energi air adalah sebuah sumber daya kehidupan yang sangat berguna untuk kelangsungan hidup. Air tentunya mempunyai sejumlah manfaat yang sangat penting. Tanpa adanya air maka tentunya seluruh makhluk hidup tidak akan bisa bertahan hidup. Tentunya sejumlah kelebihan dan kekurangan energi air perlu kita bahas mengingat pentingnya peranan dari air tersebut.

Kelebihan Dan Kekurangan Energi Air

Ternyata, air juga tidak hanya berfungsi sebagai sumber kehidupan makhluk hidup, namun air ternyata juga bisa digunakan sebagai penggerak turbin yang nantinya bisa menghasilkan arus listrik yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia di bidang penerangan dan pengoperasian berbagai macam peralatan. Air termasuk salah satu bagian sumber energi yang terbarukan serta tentu tidak menghasilkan gas buang atau emisi yang bisa mengakibatkan terjadinya polusi udara.

Maksud dari energi terbarukan adalah bahwa air tidak akan mengalami kehabisan dengan catatan  air yang berada di dalam bumi masih ada dan tetap bersirkulasi seperti biasanya. Tentunya, sejumlah kelebihan dan kekurangan energi air yang digunakan sebagai sumber untuk membuat energi lain perlu kita bahas bersama, siapa tahu anda bisa mencoba membuat alternatif sumber energi menggunakan energi air tersebut .

Bisa dikatakan pula bahwa energi air merupakan salah satu sumber energi yang ramah lingkungan dan juga bersih. Dengan demikian, maka segala macam jenis pemanfaatan sumber energi yang berasal dari air tidak akan menimbulkan pencemaran baik di bumi maupun di udara yang berupa gas emisi karbondioksida. Hal tersebut tentu berkebalikan dengan pemanfaatan bahan bakar fosil yang mana sumber energi tersebut memproduksi sebuah senyawa yang bernama hidrokarbon yang mana senyawa tersebut akan memicu polusi udara apabila sudah dibuang.

Baca Juga:   Cara Menanggulangi Bencana Alam

Ketika kita bisa menggunakan energi air maka tentunya berbagai macam hal yang didapat dari energi air tersebut tidak akan terpengaruh dari adanya perubahan iklim yang rata-rata ditimbulkan dari adanya penggunaan bahan bakar fosil. Bisa dikatakan pula bahwa sumber energi yang berasal dari air merupakan sumber energi yang stabil dan konstan jika dibandingkan dengan sumber energi yang berasal dari angin ataupun surya.

Kelebihan Dan Kekurangan Energi Air

Apabila kita ingin menghasilkan listrik dengan memanfaatkan energi air, maka selesainya kita membuat bendungan, maka tentunya listrik yang dihasilkan akan lebih stabil. Pada saat kebutuhan listrik berkurang, maka tentunya kita dapat menghentikan beroperasinya pembangkit listrik tersebut dengan mudah.begitu juga sebaliknya, ketika permohonan akan arus listrik terus bertambah, maka tentunya kita dapat dengan cepat mengoperasikan bendungan tersebut kembali.

Ketika pembangunan bendungan sudah selesai, maka energi yang bisa dihasilkan dari air tersebut bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang cukup lama karena rata-rata umur bendungan juga cukuplah awet.  Biaya operasional yang dibutuhkan untuk pemeliharaan bendungan air juga tidaklah terlalu tinggi, apabila dibandingkan dengan harga listrik pln yang bersumber dari sumber energi lainnya.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Galaxy dan Jenis-Jenisnya

Rata-rata bagi masyarakat yang mampu memiliki ide brilian di dalam mengembangkan usaha, maka mereka juga rata-rata meningkatkan kondisi ekonomi rumah tangga dengan cara menjual sejumlah produk dan jasa pada area bendungan.selain digunakan sebagai pemutar turbin, bangunan bendungan juga bisa dimanfaatkan sebagai wahana untuk rekreasi, saluran irigasi serta untuk kebutuhan memancing .

Kondisi tersebut lah yang menjadikan bendungan dapat membuka lapangan kerja baru yang tentunya sangat menguntungkan bagi warga yang tinggal di sekitarnya. Apalagi jika penggunaan lahan pekerjaan baru tersebut tidak menimbulkan munculnya limbah atau sampah yang merugikan untuk warga sekitar. Hal berbeda akan terjadi manakala kita memanfaatkan sumber energi yang berasal dari bahan lain misalnya adalah energi nuklir ataupun bahan bakar fosil.

Kekurangan energi air

Namun demikian, disamping banyaknya kelebihan dari energi air, ternyata kita juga harus memiliki pengetahuan mengenai kekurangan dari energi air . Salah satu contoh yang berpotensi cukup tinggi akibat dari penggunaan energi air secara berlebihan adalah rusaknya kondisi alam yang disebabkan oleh munculnya sejumlah bendungan yang tentunya dapat memperlambat aliran air sungai dan tentunya berakibat buruk juga terhadap sejumlah ekosistem sungai yang ada.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Klorofil

Selain itu, ketika luas bangunan yang dibuat memiliki ukuran yang sangat luas, maka tentunya berpotensi  terjadinya erosi, tanah longsor serta kerusakan geologi . Efek negatif yang cukup buruk dari rusaknya biologi yaitu terjadinya bencana alam yang tentunya memiliki sifat merusak dan merugikan masyarakat.  Hanya saja sekarang ini memang kita merasa cukup kesulitan di dalam mempertimbangkan alternatif ataupun solusi yang bisa ditempuh untuk memaksimalkan pemanfaatan dari energi air tersebut.

Kerugian lain yang bisa ditimbulkan dari pemanfaatan tenaga air adalah muncul pada sisi ekonomi dimana terdapat biaya yang amat besar guna membangun sebuah bendungan yang digunakan sebagai plta. Ketika sudah dibangun bendungan plta dengan menggunakan biaya sangat tinggi, maka tentunya pembangkit listrik tersebut siap untuk dioperasikan, tinggal menunggu waktu saja kapan seluruh pekerjaan di dalam membangun sistem plta tersebut selesai .

Demikianlah tutorial mengenai kelebihan dan kekurangan energi air yang bisa saya ulas pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan, bagi anda yang sedang memiliki hobi di bidang pertanian, maka anda bisa mengembangkan sistem plta tersebut di persawahan. Siapa tahu, di sekitar sawah ada aliran air yang cukup cepat sehingga anda bisa memasang turbin pembangkit energi listrik. Terima kasih dan semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Planet

Apa Yang Dimaksud Dengan Planet

Pada saat kita masih belajar di bangku sekolah, khususnya di mata pelajaran IPA Kita pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *