Home / Multimedia / Kelebihan Dan Kekurangan Gambar Bitmap

Kelebihan Dan Kekurangan Gambar Bitmap

Pada artikel yang lain yang pernah saya tulis pada blog sederhana ini sudah pernah mengulas mengenai kelebihan dan kekurangan gambar vektor. Sebagai pelengkap nya, pada kesempatan yang baik ini saya akan mengulas tentang kelebihan dan kekurangan gambar bitmap. Gambar bitmap merupakan salah satu jenis gambar yang cukup populer digunakan pada proses desain grafis selain gambar vektor.

Kelebihan Dan Kekurangan Gambar Bitmap

Gambar Bitmap atau yang sering dikenal pula dengan sebutan gambar raster adalah sebuah gambar yang dibuat dari kumpulan titik titik pixel yang membentuk sebuah gambar. Titik-titik pixel tersebut tentunya berjumlah cukup banyak sehingga pada akhirnya akan membentuk sebuah pola gambar tertentu yang memiliki arti tertentu. Ketika kita memahami secara penuh mengenai kelebihan dan kekurangan gambar bitmap, maka secara otomatis kita juga mampu memaksimalkan fungsi dari gambar bitmap tersebut.

Kelebihan dan kekurangan gambar bitmap

Gambar bitmap merupakan gambar yang diolah atau diproduksi dari beberapa software pengolah gambar raster, misalnya adalah Adobe Photoshop, Corel Photo paint, microsoft paint dan beberapa software lainnya. Tentunya, software pengolah gambar Bitmap atau gambar raster memiliki kemampuan di dalam memberikan sentuhan efek khusus tertentu sehingga foto-foto yang diedit tersebut memiliki nilai estetika yang lebih bagus. Untuk lebih memperjelas tentang kelebihan dan kekurangan gambar bitmap, Berikut ini adalah ulasannya.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Receiver ? Beda Receiver Mpeg4 Dengan Mpeg2

Kelebihan gambar bitmap

  1. Gambar bitmap merupakan gambar yang terlihat sangat nyata Karena komposisi dari warna yang digunakan sangatlah mirip dengan objek atau benda aslinya.
  2. Gambar bitmap tentunya salah satu jenis gambar yang sangat cocok apabila diterapkan pada background wallpaper di komputer. Hal tersebut dikarenakan file gambar bitmap secara otomatis bisa langsung diterjemahkan pada layar monitor.
  3. Memiliki kemudahan di dalam pemberian efek-efek khusus dengan menggunakan software aplikasi khusus pula.
  4. Gambar bitmap banyak dimanfaatkan oleh para editor foto yang berada di studio foto karena memiliki kompatibilitas yang cukup tinggi pada proses editing gambar.
  5. Kedalaman warna yang cukup baik, yaitu sampai dengan 32 bit

Kekurangan gambar bitmap

  1. Pada saat gambar bitmap diubah ukurannya, maka secara otomatis kualitas dari gambar tersebut akan mengalami pengurangan. Pada proses tersebut, Pixel Pixel gambar akan lebih jelas terlihat Sehingga nantinya akan berakibat gambar terkesan pecah.
  2. Gambar bitmap memiliki ukuran file yang jauh lebih besar dibandingkan dengan gambar vektor sehingga tentu akan lebih membuat komputer bekerja dengan berat. Ukuran file dari gambar bitmap sangat dipengaruhi oleh banyaknya titik titik atau pixel pembentuk gambar.
  3. Pada saat gambar bitmap diubah Ukurannya apa baik diperkecil ataupun diperbesar, maka secara otomatis pula gambar tersebut akan berubah kualitasnya.
  4. Ukuran dari gambar bitmap cepat besar maka apabila gambar tersebut digunakan sebagai wallpaper desktop pada komputer akan membuat performa komputer semakin menurun.
Baca Juga:   Cara Membuat Logo Dengan Cepat dan Mudah

Demikianlah penjabaran singkat yang merupakan kelanjutan dari kelebihan dan kekurangan gambar bitmap yang sudah pernah saya pulang sekolah arti kalau yang lainnya. Mudah-mudahan, artikel Pada kesempatan kali ini yang mengangkat judul kelebihan dan kekurangan gambar bitmap mampu memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan bagi anda sekalian, terutama yang berkecimpung di dunia desain grafis sehingga pemahaman tentang teori dan praktek mengenai gambar bitmap akan semakin lengkap. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Receiver Beda Receiver Mpeg4 Dengan Mpeg2

Apa Yang Dimaksud Dengan Receiver ? Beda Receiver Mpeg4 Dengan Mpeg2

Akhir-akhir ini, kata receiver mpeg4 cukup sering didengar di telinga kita. Untuk itulah, pada kesempatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *