Home / Multimedia / Kelebihan Dan Kekurangan Gambar Vektor

Kelebihan Dan Kekurangan Gambar Vektor

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia desain grafis, yang tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya gambar vektor. Secara garis besar, gambar dibedakan menjadi dua macam yaitu gambar bitmap dan gambar vektor. Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas mengenai kelebihan dan kekurangan gambar vektor. Sementara itu, untuk gambar bitmap akan saya bahas pada ulasan yang lain.

Kelebihan Dan Kekurangan Gambar Vektor

Secara umum, bisa dikatakan bahwa gambar vektor sangat berbeda jauh dengan gambar raster atau gambar bitmap. Apabila gambar vektor tersusun dari garis-garis matematik, maka gambar bitmap tersusun dari titik titik pixel. Tentunya, perbedaan yang sangat mencolok tersebut akan membuat masing-masing jenis gambar, baik gambar vektor maupun gambar bitmap memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Kelebihan dan kekurangan gambar vektor

Gambar vektor sering digunakan pada proses desain grafis yang memiliki ukuran cukup besar. Beberapa contoh desain grafis yang menggunakan metode gambar vektor adalah membuat desain banner, desain baliho, desain papan reklame dan sejumlah desain lainnya yang memiliki ukuran cukup besar. Sementara itu, software yang digunakan untuk membuat gambar vektor juga cukup beragam, sebagai contohnya adalah coreldraw atau Adobe Illustrator.

Baca Juga:   Cara Membuat Efek Suara Pada Smartphone Android

Kelebihan gambar vektor

Baiklah, langsung saja Berikut ini akan saya jabarkan sedikit mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh gambar vektor.

  1. Gambar vektor memiliki sifat atau karakteristik scalable.lah pada saat gambar diubah ukurannya, baik diperkecil maupun diperbesar, maka penurunan kualitas dari gambar vektor tidak akan terjadi.
  2. Ketika dibandingkan dengan gambar bitmap, ukuran file dari gambar vektor adalah lebih kecil.
  3. Seperti yang sudah di singgung diatas bahwa gambar vektor merupakan gambar yang paling cocok digunakan untuk mendesain logo, baliho, papan reklame, gambar kartun, dan beberapa desain lainnya karena gambar vektor memiliki karakteristik warna-warna yang sulit.
  4. Gambar vektor dapat dikonversi ke tampilan tiga dimensi. Proses ini bisa diaplikasikan dengan memakai software untuk mendesain 3D.

Kekurangan gambar vektor

Sebenarnya, tidak banyak kekurangan yang dimiliki oleh gambar vektor. Beberapa kekurangan yang dimiliki gambar vektor diantaranya adalah:

  1. Warna yang dimiliki pada gambar vektor akan sedikit berbeda dengan warna benda atau objek aslinya. Artinya gambar vektor memiliki warna yang tidak natural dan juga tidak realistis.
  2. Efek khusus pada gambar vektor sulit untuk direalisasikan walaupun tetap bisa dikerjakan apa yang namun memiliki tingkat kesulitan yang jauh lebih tinggi dibandingkan pengolahan gambar bitmap.
Baca Juga:   Cara Membuat Logo Dengan Cepat dan Mudah

Sekian penjabaran singkat mengenai kelebihan dan kekurangan gambar vektor yang bisa saya tulis pada posting kali ini. Mudah-mudahan, informasi baru di bidang multimedia Mengenai kekurangan dan kelebihan gambar vektor tersebut mampu memberikan wacana baru bagi anda yang sekarang ini baru terjun untuk belajar desain grafis, terutama yang berkaitan dengan gambar vektor. Akhir kata, selamat berkreasi, semoga desain-desain yang anda ciptakan memiliki kualitas yang cukup baik sehingga bisa lebih mengembangkan diri untuk mampu mendesain yang lebih baik lagi. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Receiver Beda Receiver Mpeg4 Dengan Mpeg2

Apa Yang Dimaksud Dengan Receiver ? Beda Receiver Mpeg4 Dengan Mpeg2

Akhir-akhir ini, kata receiver mpeg4 cukup sering didengar di telinga kita. Untuk itulah, pada kesempatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *