Home / Jaringan / Internet / Kelebihan Dan Kekurangan Internet Banking

Kelebihan Dan Kekurangan Internet Banking

Internet banking adalah salah satu fasilitas yang diberikan oleh sebuah bank dimana nasabah bisa melakukan sejumlah Transaksi dan aktivitas perbankan menggunakan fasilitas di internet. Cara ini Tentunya disediakan oleh pihak bank guna memberikan pelayanan yang lebih sehingga setiap nasabah bisa bertransaksi dengan mudah tanpa terhalang waktu dan tempat.

Kelebihan Dan Kekurangan Internet Banking

Dengan adanya fasilitas internet banking, maka setiap nasabah sudah tidak lagi perlu mengantri dan pergi jauh-jauh ke bank di malam hari untuk bertransaksi. Cukup dengan memanfaatkan smartphone ataupun komputer yang terkoneksi ke internet, maka sejumlah aktivitas transaksi bisa dikerjakan. Apabila kita tengok lebih jauh bahwa smartphone atau komputer tersebut mungkin mirip fungsinya dengan ATM, yaitu Anda bisa melakukan transfer dana, melakukan pengecekan saldo, membayar sejumlah tagihan seperti tagihan air, tagihan listrik, tagihan telepon, tagihan kartu kredit dan sejumlah tagihan bulanan lainnya.

Ketika anda ingin memakai fasilitas internet banking yang disediakan oleh bank, maka tentunya Anda harus login pada situs website dari bank yang anda miliki tersebut. Tentunya, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk mendapatkan kode login yang digunakan. Biasanya, Anda bisa mendapatkan akun dari internet banking dengan mendaftar di mesin ATM. Apabila anda sudah memiliki akun yang berisi username serta PIN, maka anda bisa manfaatkan untuk login ke akun internet banking dari website Bank masing-masing.

Disamping itu, tentunya Ada sejumlah kelebihan dan kekurangan internet banking yang perlu kita ketahui bersama supaya kita bisa lebih memaksimalkan fasilitas unggulan dari di zaman sekarang ini. Hal tersebut tentunya dilatarbelakangi karena fitur internet banking bukanlah sebuah produk baru karena dari jaman dahulu bank-bank di dunia juga secara mayoritas sudah memiliki layanan tersebut. Hanya saja, di Indonesia memang fasilitas Internet Banking belum memiliki umur yang cukup lama karena dukungan infrastruktur yang baru mulai mapan belakangan ini. Terutama terkait dengan isu keamanan yang ada di internet.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan ISP

Kelebihan dan kekurangan internet banking

Baiklah, Mari kita belajar Apa saja kelebihan dan kekurangan internet banking secara umum. Dengan mengetahui keunggulan dan kekurangan yang diberikan oleh setiap bank pada layanan internet banking mereka, maka kita bisa lebih hati-hati dan lebih maksimal di dalam memanfaatkan fasilitas tersebut.

Kelebihan Internet Banking

1. Tidak perlu repot dan mengantri

Dengan memiliki dan memanfaatkan fasilitas internet banking, maka setiap nasabah dapat melakukan sejumlah transaksi perbankan langsung di rumah tanpa harus pergi ke bank, apalagi di Tanggal muda di mana rata-rata Banyak nasabah yang memerlukan layanan di bank. Anda tentunya dapat melakukan sejumlah aktivitas perbankan, mulai dari transfer dana baik sesama bank ataupun antar bank serta melakukan pengecekan saldo dan membayar tagihan bulanan.

2. Waktu yang bisa dihemat

Anda tentunya tidak perlu antri di bank berlama-lama sepanjang hari hanya untuk melakukan sejumlah aktivitas keuangan. Dengan menggunakan internet banking, maka anda akan tertolong di dalam menghemat waktu. Bahkan, kapanpun dan dimanapun anda tetap bisa melakukan transaksi perbankan, misalnya adalah dirumah, di mobil, pada saat sedang bekerja, dan sejumlah kondisi lainnya.

3. Sebagai alat untuk pembayaran

Internet banking juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan sejumlah pembayaran yang sudah bekerjasama dengan bank yang bersangkutan. Sejumlah contoh aktivitas pembayaran yang bisa dilakukan dengan internet banking adalah pembayaran kartu kredit, pembayaran cicilan rumah, pembelian tiket, pembayaran tagihan tagihan bulanan serta pembayaran lainnya.

Baca Juga:   Cara Menampilkan Mozilla Firefox Pada Bagian Menu Bar nya

4. Biaya cukup murah

Memanfaatkan internet banking tentunya memiliki biaya yang sangat murah, kita hanya dikenakan biaya internetnya saja. Tentunya bisa anda bandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan pada saat Anda harus menuju ke bank untuk melakukan transaksi. Belum lagi resiko kemacetan, tenaga yang diberikan dan sejumlah resiko lainnya. Tentunya, internet banking adalah solusi yang sangat murah untuk melakukan sejumlah transaksi perbankan.

5. Proses yang cepat

Kecepatan di dalam melakukan transaksi perbankan haruslah baik dan menjadi sebuah kewajiban bagi setiap penggunanya. Tidak peduli anda sedang bekerja ataupun sedang bersantai, akses di dalam melakukan transaksi perbankan haruslah cepat. Hal tersebut sudah dijawab dengan fasilitas internet banking di mana Anda bisa dengan cepat melakukan sejumlah transaksi perbankan menggunakan fasilitas internet banking. Pengecekan saldo bisa dilakukan dalam hitungan detik, begitu juga proses transfer dana.

Kekurangan internet banking

1. Cukup perawan pembobolan

Kondisi ini Tentunya banyak dikeluhkan dan harus menjadi perhatian bagi Anda yang sekarang ini memiliki akun internet banking. Rata-rata, pencurian yang dilakukan menggunakan fasilitas internet banking tidak bisa dikembalikan dan tentunya yang mendapat kerugian adalah nasabahnya. Kadangkala, alasan lalai diberikan kepada nasabah oleh bank ketika hal tersebut terjadi.

2. Privasi yang kurang

Sejumlah pegawai bank rata-rata mengetahui informasi mengenai dana dan data nasabah yang tersimpan serta sejumlah aktivitas yang dilakukan oleh nasabah tersebut melalui internet banking.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Hyperlink

3. Ketergantungan pada koneksi internet

Polisi ini yang belum bisa diatasi Karena untuk melakukan sejumlah transaksi keuangan menggunakan internet ini haruslah tersedia koneksi internet. Bisa dibayangkan Ketika anda ingin bertransaksi di daerah yang tidak tersedia koneksi internet, maka tentunya hal tersebut mustahil untuk dilakukan. Untuk itulah, diharapkan ke depan koneksi internet bisa tersebar dengan lebih luas sehingga seluruh wilayah bisa recovery oleh jaringan internet tersebut sehingga proses transaksi keuangan melalui internet banking bisa berjalan lebih mudah.

4. Menjadi target dari cybercrime

Layanan internet banking satu target empuk dari kejahatan cybercrime. Banyak sekali nasabah yang kerugian cukup banyak akibat dari cybercrime tersebut. Sementara itu, kejahatan cybercrime ternyata juga belum menjadi prioritas utama oleh pemerintah sehingga pengguna Allah yang wajib selalu berhati-hati di dalam lindungi akun dari internet banking yang mereka miliki.

Sekian penjabaran mengenai kelebihan dan kekurangan internet banking yang bisa didapat oleh setiap nasabah yang sudah terdaftar pada bank di Indonesia. Kita bisa memanfaatkan internet banking dengan maksimal sehingga mendapatkan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh pihak bank sekaligus Kita juga harus selalu berhati-hati di dalam memanfaatkan internet banking sehingga kita bisa terhindar dari target cybercrime yang sekarang ini masih sangat tinggi. Mudah-mudahan, artikel singkat Pada kesempatan kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Web Server

Apa Yang Dimaksud Dengan Web Server

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba mengulas Apa yang dimaksud dengan web server. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *