Home / Jaringan / Internet / Kelebihan Dan Kekurangan Internet Dan Intranet

Kelebihan Dan Kekurangan Internet Dan Intranet

Kata internet mungkin sudah sering Anda dengar. Namun tidak dengan intranet. Untuk itulah pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba menjabarkan sejumlah kelebihan dan kekurangan internet dan intranet serta lengkap dengan pengertian dari masing-masing jaringan tersebut sehingga kita akan lebih paham lagi mengenai 2 kata tersebut, yaitu internet dan intranet.

Kelebihan Dan Kekurangan Internet Dan Intranet

Pengertian dari internet

Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang menghubungkan antara komputer satu dengan komputer yang lainnya untuk mempermudah proses pendistribusian informasi dan komunikasi. Komputer yang terhubung dengan jaringan internet tentunya tidak terbatas oleh tempat karena lokasi dari sebuah komputer pada jaringan internet bisa berada di seluruh Indonesia, bahkan seluruh dunia.

Bisa dikatakan pula bahwa internet merupakan sebuah jaringan komputer yang berada di seluruh dunia di mana isinya adalah informasi yang mempermudah proses komunikasi data berupa gambar, suara, text dan juga video. Informasi yang nantinya digunakan tentunya dibuat oleh pemilik jaringan komputer atau penyelenggara. Bisa pula dibuat oleh pemilik informasi yang meletakkan informasi tersebut pada penyedia layanan jaringan internet.

Baca Juga:   Cara Mendengarkan Lagu Online dan Gratis

Pengertian dari intranet

Jaringan intranet merupakan sebuah jaringan yang berisi komputer komputer yang tentunya saling berhubungan dan dipakai pada sebuah organisasi. Sebagai contoh, misalnya adalah jaringan pada komputer yang dimiliki oleh PT Telkom yang berada di seluruh wilayah Indonesia. Bisa disimpulkan bahwa jaringan Intranet bisa dikatakan sebagai jaringan internet khusus. Intranet memiliki kegunaan di dalam mengkomunikasikan antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya, sama persis yang terjadi pada jaringan internet. Hanya saja dalam jaringan intranet ada keterbatasan pada layanan yang dimilikinya, sehingga luasnya tidak sebesar internet.

Kelebihan internet

  1. Kecepatan di dalam mengakses sejumlah informasi
  2. Biaya akses dari internet lebih murah
  3. Luasnya Jangkauan yang dimiliki oleh internet
  4. Bisa dijadikan sebagai sarana untuk belajar
  5. Internet mampu membuat semuanya menjadi lebih mudah

Kekurangan internet

  1. Informasi-informasi yang beredar tidak semuanya memiliki manfaat dan tidak semuanya bisa dipertanggungjawabkan
  2. Kejahatan kejahatan atau cybercrime banyak muncul dari internet
  3. Internet juga bisa membawa sejumlah virus dan juga malware
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Internet Banking

Kelebihan intranet

  1. Produktivitas kerja pada jaringan intranet bisa lebih meningkat
  2. Waktu yang digunakan untuk berkomunikasi lewat intranet bisa lebih baik
  3. Komunikasi menggunakan intranet bisa lebih lancar
  4. Komunikasi yang terjalin menggunakan jaringan intranet bisa lebih baik
  5. Manajemen dan operasi pada jaringan internet lebih baik
  6. Bisa membuat perubahan pada budaya serta Kerangka kerja

Kekurangan intranet

  1. Informasi yang tidak sesuai dan informasi yang salah serta tidak bisa dipertanggungjawabkan tentunya bisa mengurangi efektivitas kerja
  2. Ada kemungkinan interaksi di jaringan intranet tidak bisa dipertanggungjawabkan
  3. Untuk bisa menggunakan jaringan internet, diperlukan adanya pelatihan khusus karena proses pengoperasiannya yang berbeda dengan internet
  4. Dibutuhkan tenaga khusus dan ahli di dalam mengembangkan serta membangun intranet pada sebuah organisasi maupun perusahaan-perusahaan.
  5. Ada kemungkinan terjadinya overload pada bagian data yang disebabkan oleh proses Pengiriman data antar pengguna yang terlalu besar ataupun tidak terkontrol

Demikianlah informasi dan ulasan tentang kelebihan dan kekurangan internet dan intranet lengkap dengan pengertiannya. Mudah-mudahan, informasi singkat yang saya tulis pada kesempatan yang baik ini mampu menambah ilmu dan pengetahuan Anda semuanya seputar jaringan internet dan intranet. Selanjutnya, kita sudah mengetahui secara umum bahwa jaringan internet adalah jaringan yang umum dan bisa digunakan oleh siapapun, sementara jaringan intranet adalah sebuah jaringan khusus layaknya internet namun hanya bisa diakses dan dioperasikan oleh organisasi tertentu. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan HTML

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Web Server

Apa Yang Dimaksud Dengan Web Server

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba mengulas Apa yang dimaksud dengan web server. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *