Home / Jaringan / Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan 4G

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan 4G

Jaringan 3G saat ini masih banyak digunakan oleh masyarakat di dalam mengakses internet. Akan tetapi, Apakah anda sudah mengetahui bahwa sekarang ini sudah ada peningkatan teknologi dari jaringan 3G ke 4G yang tentunya jaringan 4G tersebut akan menggantikan jaringan 3G sebelumnya? Jaringan 4G adalah sebuah jaringan tanpa kabel yang merupakan jaringan generasi keempat yang ditujukan untuk mempermudah komunikasi data secara mobile.

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan 4G

Dengan memanfaatkan jaringan 4G, kecepatan di dalam komunikasi data akan jauh lebih cepat Apabila dibandingkan dengan jaringan 3G. Jaringan 4G tersebut lebih dikenal dengan sebutan 4G LTE. Hanya saja, sementara ini jaringan 4G memang masih cukup terbatas area coverage Nya sehingga tidak semua masyarakat bisa menikmati jaringan cepat 4G tersebut. Namun tentunya hanya dengan menunggu beberapa periode saja maka tentu kita sudah mampu untuk menikmati jaringan 4G tersebut.

Berdasarkan sejarah, jaringan tanpa kabel yang digunakan oleh masyarakat dahulu kala menggunakan teknologi 1G yang dikembangkan mulai tahun 1980. Cukup lama Para pengembang di dalam mengembangkan teknologi jaringan sehingga didapat teknologi jaringan terbaru yang dikenal dengan sebutan 2G pada tahun 1990. Tentunya kemampuan jaringan 2G bisa digunakan untuk melakukan transmisi data yang lebih baik Apabila dibandingkan dengan jaringan 1G.

Baca Juga:   Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Bandwidth

Pengembangan teknologi kecepatan transmisi data tersebut juga terus dilakukan hingga didapat jaringan 3G yang tentunya jauh lebih cepat dan lebih baik Apabila dibandingkan dengan generasi 2G. Dengan menggunakan jaringan 3G, maka teknologi dan kecanggihan dari aplikasi multimedia semakin baik. Tidak cukup sampai dengan teknologi 3G saja karena teknologi 4G sekarang ini juga sudah dikembangkan dan sudah bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia dimana kecepatan dari jaringan 4G tentunya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi 3G.

Dengan menggunakan jaringan 3G, maka tentunya Anda bisa memanfaatkan jaringan tersebut untuk bisa melakukan sejumlah hal misalnya adalah bertukar informasi atau mencari informasi sesuai dengan kebutuhan dalam waktu yang lebih singkat dan lebih cepat. Secara teori, jaringan 3G mampu memberikan kecepatan transfer data minimal adalah 100 Megabit per second. Jaringan standar 4G yang sekarang dikembangkan adalah teknologi LTE yang sekarang sudah banyak dipakai di teknologi televisi maupun game.

Teknologi LTE dari 4G tentunya memiliki banyak keunggulan dan juga kekurangan. Dari latar belakang itulah pada kesempatan yang baik ini ijinkan saya untuk berbagi ilmu mengenai kelebihan dan kekurangan jaringan 4G. Jaringan 4G teknologi LTE menggunakan jaringan pada frekuensi 1800 mhz yang tentunya memiliki lebar data yang cukup baik dibandingkan dengan jaringan yang lainnya.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Penggunaan jaringan 4G pada smartphone

Perangkat yang terlebih dahulu menggunakan teknologi 4G LTE adalah pada smartphone. Beberapa contoh smartphone yang sudah mendukung jaringan 4G LTE adalah HTC One, iphone 5S, Nokia Lumia 820, Samsung Galaxy S4, dan sejumlah smartphone lainnya. Smartphone Smartphone sekarang yang baru beredar juga bisa dipastikan memiliki kemampuan di dalam menerima jaringan 4G LTE tersebut.

Kekurangan dan kelebihan jaringan 4G

Kelebihan jaringan 4G LTE

Beberapa kelebihan jaringan 4G bisa anda Simak pada uraian berikut ini:

  1. Jaringan 4G LTE mempunyai kecepatan upload sampai dengan 75 mbps dan kecepatan download Sampai dengan 300mbps.
  2. Jaringan 4G LTE sudah mendukung sistem IMT dan sistem ITU-R dimana teknologi tersebut memakai gelombang frekuensi
  3. Jaringan 4G LTE sudah memiliki dukungan pada kecepatan transfer broadband. Hal tersebut disebabkan karena jaringan 4G LTE mempunyai frekuensi band yang lebih tinggi
  4. Jaringan 4G LTE memiliki dukungan pada multicast broadcast single frequency Network
  5. Mobilitas tinggi sangat didukung oleh jaringan 4G LTE
  6. Minimalnya gangguan pada jaringan 4G LTE
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Komunikasi Dalam Jaringan

Kekurangan jaringan 4G LTE

Di samping sejumlah kelebihan yang dimiliki pada jaringan 4G LTE, terdapat pula beberapa kekurangan, diantaranya yaitu:

  1. Tentunya kebutuhan infrastruktur dan biaya untuk pengelolaan jaringan 4G LTE jauh lebih mahal Apabila dibandingkan untuk jaringan 1G, 2G maupun 3G.
  2. Apabila di diperlukan pembaharuan sistem, maka tentunya diperlukan penginstalan peralatan yang baru
  3. Dikarenakan jaringan 4G LTE memakai MIMO atau multiple input multiple output, maka tentunya diperlukan sebuah tambahan antena untuk keperluan transmisi data
  4. Sekarang ini, coverage dari jaringan 4G LTE masihlah terbatas

Demikianlah sekelumit informasi mengenai kelebihan dan kekurangan jaringan 4G LTE yang bisa saya ulas pada kesempatan yang baik ini. Walaupun area yang didukung pada jaringan 4G LTE masih terbatas, pastinya ke depan setiap operator seluler akan mengembangkan area yang didukungnya sehingga jaringan 4G LTE bisa dinikmati oleh siapa saja yang menggunakan operator tersebut. Terima kasih atas kunjungan anda, semoga informasi sederhana ini bisa berharga dan bermanfaat untuk pengunjung sekalian.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan file server? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *