Home / Jaringan / Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Kabel

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Kabel

Sistem komputer sekarang ini bisa dimanipulasi dengan teknik tertentu hingga bisa membuat komputer bekerja lebih mudah dan lebih maksimal. Salah satunya adalah dengan membuat jaringan komputer sehingga proses penggunaan komputer semakin mudah dan cepat serta bisa menghemat sumber daya alat dari komputer itu sendiri. Tentunya, dengan adanya jaringan komputer lokal aktivitas di dalam per komputer semakin lancar mendapatkan hasil yang semakin baik.

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Kabel

Proses membuat jaringan pada komputer juga bisa dilakukan dengan sejumlah metode baik menggunakan kabel ataupun menggunakan nirkabel atau sering disebut dengan istilah tanpa kabel. Tentunya metode dengan menggunakan kabel ataupun tanpa kabel memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Dari latar belakang tersebut, maka pada artikel kali ini saya akan mencoba mengulas kelebihan dan kekurangan jaringan kabel. Sementara itu kelebihan dan kekurangan jaringan nirkabel akan saya ulas pada kesempatan yang lain.

Jaringan menggunakan kabel adalah sebuah sistem jaringan yang memiliki fungsi sangat baik dan dijadikan sebagai salah satu solusi di dalam menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer yang lain atau bahkan menghubungkan komputer ke internet. Apalagi sekarang ini komunikasi komputer dengan internet jika bisa didapat dengan sangat mudah sehingga teknik tidak membangun jaringan kabel untuk mengakses internet juga bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Kelebihan dan kekurangan jaringan kabel

Baiklah, dibawah ini adalah sejumlah kelebihan dan kekurangan jaringan kabel yang bisa kita dapatkan. Berikut ini adalah ulasannya.

Kelebihan jaringan kabel

1. Jaringan kabel mempunyai kecepatan transfer data yang tinggi

Jaringan komputer yang menggunakan kabel cenderung mempunyai tingkat kecepatan transfer data yang tinggi. Meskipun sebenarnya dapat pula kecepatan transfer data pada kabel bisa kalah dengan jaringan wi-fi, akan tetapi setidaknya dari sisi kecepatan transfer data, Kedua jenis jaringan tersebut tentunya mempunyai kecepatan yang selisihnya tidak terlalu jauh.

Apalagi ketika jenis kabel yang dipakai adalah jenis kabel fiber optik. Sistem kerja yang dimiliki oleh kabel fiber optik di dalam proses transmisi datanya janganlah cepat sehingga hal tersebut merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh kabel fiber optik. Dengan begitu, kabel fiber optic merupakan salah satu media untuk membuat jaringan komputer jangka panjang.

2. Murahnya biaya implementasi dan pemasangan Apabila dibandingkan dengan jaringan wireless

Ketika kita hendak membangun sebuah jaringan menggunakan kabel, maka biaya yang dikeluarkan untuk mengimplementasikan hal tersebut cukuplah murah ketika dibandingkan dengan membuat jaringan menggunakan wireless. Tidak dibutuhkan peralatan-peralatan khusus layaknya kebutuhan untuk membangun jaringan wireless.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan E Learning

Dengan memakai jaringan menggunakan kabel, maka penekanan pada biaya yang dikeluarkan bisa dilakukan. Dengan demikian maka tentunya kita bisa memperoleh sebuah jaringan yang mempunyai nilai tidak semahal jaringan Wifi. Hal tersebut pada akhirnya juga akan berpengaruh pada besarnya nilai investasi untuk membuat sebuah jaringan. Disamping itu, konfigurasi di dalam membuat jaringan menggunakan kabel juga cukup sederhana tapi tidak serumit membuat jaringan menggunakan wireless.

3. Kabel memiliki harga yang relatif terjangkau dan mudah diperoleh

Bisa dikatakan, kabel untuk membuat jaringan komputer merupakan salah satu perangkat yang sangat mudah untuk didapatkan. Bahkan, di setiap toko komputer tentunya sudah menyediakan kabel untuk membuat jaringan dan memiliki harga yang relatif cukup murah. Jadi, bisa disimpulkan bahwa jaringan yang dibuat menggunakan kabel untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lain merupakan teknik yang cukup ekonomis serta sangat cocok diimplementasikan dan diterapkan pada jaringan komputer yang memiliki skala kecil seperti di rumah ataupun di perkantoran.

Pengguna tentunya tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup tinggi guna mendapatkan jaringan kabel, dan ketika dihitung maka sudah bisa dipastikan bahwa implementasi dari jaringan kabel murah Apabila dibandingkan dengan memakai jaringan Wifi.

4. Jaringan kabel lebih stabil

Jaringan komputer yang dibangun menggunakan kabel dinilai cukup stabil dan tentunya bebas dari masalah gangguan cuaca. Hal tersebut tentunya dikarenakan kabel memiliki sifat tidak akan terpengaruh dengan lingkungan luar karena sudah memiliki jalur tersendiri. Hal tersebut berkebalikan dengan sifat wireless yang memakai jalur udara. Ketika terjadi gangguan cuaca, maka secara otomatis jaringan tersebut akan ikut terpengaruh.

Berbeda dengan jaringan kabel, dimana walaupun cuaca di sekitarnya sedang sangat buruk tetap saja jaringan kabel tidak akan mendapatkan pengaruh berarti sehingga bisa disimpulkan bahwa jaringan kabel tentunya sangat stabil Apabila dibandingkan dengan jaringan wireless pada komputer.

5. Kompetibel dengan sejumlah alat elektronik

Teknologi kabel yang digunakan untuk jaringan komputer sudah diperkenalkan sejak Lama, dimana penggunaan telepon rumah mulai terkenal, yaitu sekitar tahun 1990-an. Dalam hal tersebut maka sudah bisa dipastikan bahwa sejumlah peralatan elektronika seperti laptop, gadget, smartphone dan sejumlah peralatan Elektronika yang lain memiliki desain supaya cukup kompetibel dengan jaringan kabel.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan 4G

Intinya, setiap pengguna tentunya tidak perlu mengkhawatirkan Apakah perangkat tersebut nantinya bisa terkoneksi ke jaringan menggunakan kabel atau tidak. Hal tersebut tentunya sejumlah perangkat elektronika sudah didesain sedemikian rupa supaya bisa terkoneksi ke jaringan menggunakan perangkat kabel.

Kekurangan jaringan kabel

1. Instalasi yang cenderung repot dan cukup rumit

Di dalam melakukan instalasi jaringan komputer menggunakan kabel cenderung terlihat merepotkan dan cukup terlibat untuk dikerjakan. Kondisi tersebut tentunya dilatarbelakangi karena di dalam proses pembuatan jaringan kabel tersebut haruslah tepat di dalam menentukan lokasi dari kabel yang digunakan. Kekeliruan di dalam memilih lokasi kabar akan memiliki akibat yang cukup batal.

Disamping itu, ketika kita membuat jaringan kabel berskala besar, tentunya pasti memerlukan kabel dalam jumlah yang cukup banyak. Hal tersebut tentunya akan menambah kerepotan di dalam mengerjakan pembuatan jaringan kabel tersebut.

2. Dibutuhkannya proses penyusunan dan manajemen kabel yang benar dan baik

Kabel pada jaringan komputer memang sudah didesain supaya memiliki ketahanan dari sejumlah kondisi di lingkungan sekitar, seperti tanah api air dan juga kondisi geologis Yang lain. Namun, hal tersebut bukan memiliki arti bahwa kabel jaringan kebal dan tidak akan bisa mengalami kerusakan karena kesalahan di dalam pemasangan. Pada saat terjadi kekeliruan di dalam pemasangan, hal tersebut akan mengakibatkan kerusakan kabel secara fisik. Disamping itu, pemasangan kabel yang acak-acakan dan keliru juga bisa berpengaruh pada kecepatan transfer data didalam jaringan kabel tersebut sehingga pastinya akan sangat mengganggu kenyamanan bekerja dari pengguna jaringan di dalamnya.

3. Pada jaringan yang luas, kabel sulit untuk diaplikasikan

Secara umum, jaringan kabel sebenarnya dapat diimplementasikan pada jaringan yang cukup luas, misalnya adalah WAN. Namun, tentunya bisa anda bayangkan berapa kebutuhan yang harus dikeluarkan untuk membeli kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer antar benua atau antar negara? Berapa panjang kabel yang harus disiapkan. Konsep ini Tentunya kurang cocok karena selain kabel yang harus disiapkan terlalu panjang juga kondisi geologi dari posisi penempatan kabel berbeda-beda. Misalnya ketika jaringan kabel harus melewati lautan, maka siapa yang akan memasang kabel pada lautan tersebut.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Komunikasi Dalam Jaringan

4. Letak dan posisi kabel cukup rentan terhadap serangan hama

Kasus dimana terjadi kerusakan kabel jaringan secara fisik sering dilakukan oleh hama sangatlah umum terjadi. Kondisi tersebut merupakan salah satu kelemahan pada sistem jaringan menggunakan kabel. Misalnya adalah hama tikus dimana Ketika tikus memotong kabel jaringan, maka tentunya komunikasi data pada komputer akan terganggu.

5. Sulit mendeteksi lokasi kerusakan Apabila terjadi gangguan

Kesulitan berikutnya yang sering terjadi pada jaringan kabel adalah sulitnya menemukan posisi kerusakan Apabila terjadi gangguan. Apalagi jika jaringan kabel yang mengalami gangguan tersebut memiliki skala cukup besar, maka tentu kita bisa dibuat kerepotan untuk menemukan lokasi di mana kabel yang bermasalah tersebut mengalami kerusakan. Teknisi tentunya harus memiliki kemampuan dan kemauan di dalam berjuang ekstra tinggi di dalam menemukan kabel-kabel yang bermasalah. Belum lagi ketika jalur yang dilewati kapal tersebut berada di bangunan yang cukup tinggi. Hal tersebut tentunya sangat merepotkan.

Apabila kabel yang bermasalah sudah ditemukan dan harus diganti dengan kabel yang baru, Maka hal tersebut juga menjadi PR lagi. Proses penggantian kabel yang memiliki ukuran cukup panjang tentunya harus dilakukan dengan hati-hati supaya tidak mengganggu kestabilan dari kabel yang lainnya.

6. Kualitas dari masing-masing kabel tidaklah sama

Dari sisi teknis, kita tentunya harus jeli didalam memilih kabel yang nantinya akan dibuat untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lain didalam jaringan. Walaupun namanya sama, namun kabel jaringan memiliki kualitas yang berbeda-beda. Alangkah baiknya kita benar-benar memahami merek dan kualitas dari kabel jaringan yang hendak dibeli sehingga nantinya jaringan komputer yang kita buat tidak bermasalah di kemudian hari.

Demikianlah ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan jaringan kabel yang bisa kita implementasikan di dalam membangun jaringan komputer secara umum. Mudah-mudahan, informasi sederhana pada kesempatan yang baik ini mampu memberikan wacana baru bagi kita semua sehingga kita benar-benar mampu untuk memahami sejumlah kelebihan yang bisa didapat dari jaringan komputer menggunakan kabel dibandingkan dengan jaringan komputer yang menggunakan wifi. Akhir kata, selamat beraktifitas dan semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan file server? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *