Home / Hardware / Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Komputer

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Komputer

Kegiatan manusia sekarang ini memang tidak bisa terlepas dengan peralatan yang namanya komputer. Hampir seluruh pekerjaan membutuhkan komputer untuk mempercepat kerja dari manusia. Komputer juga memiliki kemampuan di dalam memberikan informasi yang tentunya sangat berguna di dalam menunjang Aktivitas kehidupan manusia. Salah satu fungsi komputer yang sekarang ini cukup populer dan tentunya sangat mempermudah di dalam menunjang pekerjaan yang dimiliki oleh manusia adalah sebagai jaringan komputer. Adanya jaringan komputer tentunya memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Dalam kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk mengulas Apa saja kelebihan dan kekurangan jaringan komputer yang bisa anda dapatkan manakala anda memiliki sebuah jaringan komputer baik bersifat pribadi maupun yang berada di kantor.

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Komputer

Yang dimaksud dengan jaringan komputer merupakan hubungan minimal dua buah komputer supaya komputer komputer yang terhubung tersebut bisa berkomunikasi baik itu menerima ataupun mengirim file dari satu komputer ke komputer lain menggunakan sejumlah media. Media penghubung pada jaringan komputer saat ini masih bisa dilakukan menggunakan kabel dan juga bisa dilakukan dengan menggunakan media wifi.

Kelebihan dan kekurangan jaringan komputer

Setiap sistem yang dibuat oleh manusia tentunya memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan termasuk adalah pada jaringan komputer. Bagi anda yang sekarang ini sedang mengelola sebuah jaringan komputer tentunya tidak asing lagi dengan adanya sejumlah keunggulan serta kekurangan jaringan komputer. Namun bagi Anda yang baru terjun di dunia jaringan komputer, maka tentunya harus belajar banyak terlebih dahulu supaya benar-benar mampu menguasai jaringan komputer tersebut. Untuk membantu anda di dalam mengenali Apa saja kelebihan dan kekurangan jaringan komputer, maka tulisan dibawah ini anda bisa jadikan sebagai rujukan untuk mengenali apa saja kekurangan dan kelebihan jaringan komputer.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Mesin Printer

Kelebihan jaringan komputer

  1. Memiliki kecepatan akses data yang cukup tinggi karena proses pengiriman dan penerimaan data diatur oleh satu komputer khusus yang disebut dengan komputer server dimana komputer tersebut tentunya memiliki spesifikasi cukup tinggi dan kinerja nya tidak dibebani oleh kinerja client sebagai workstation.
  2. Karena pada sebuah jaringan komputer rata-rata memiliki administrator, makna sistem keamanan pada jaringan komputer tersebut bisa terjaga dengan baik karena ada pengelolaan khusus yang mampu menangani segala macam kejadian pada jaringan komputer.
  3. Proses backup data bisa dilakukan dengan cukup baik karena keseluruhan proses backup data tersebut dilakukan secara terpusat yang ada di komputer server. Data yang di backup merupakan data keseluruhan yang dipakai di dalam jaringan tersebut.
  4. Pada komputer yang terhubung dalam satu jaringan tentunya bisa berbagi-pakai sejumlah fasilitas yang ada pada masing-masing komputer, semisal adalah printer, modem atau fax, drive, harddisk, dan beberapa perangkat lainnya.
  5. Untuk masalah biaya operasional tergolong cukup murah Apabila dibandingkan dengan jaringan komputer yang berbasis client server karena pada jaringan komputer sederhana tentunya kita tidak membutuhkan komputer server dengan spesifikasi sangat tinggi dan memiliki kemampuan khusus di dalam mengelola jaringan komputer yang ada.
  6. Sistem kerja pada jaringan komputer rata-rata sangat tergantung pada sebuah server. Namun, pada beberapa kondisi keberadaan server tidaklah terlalu penting karena bisa jadi kita tetap dapat memanfaatkan sejumlah fasilitas yang ada pada jaringan komputer tersebut tanpa adanya bantuan dari komputer server itu sendiri
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Canon MG2570

Kekurangan jaringan komputer

  1. Kekurangan pertama terletak pada dana untuk kebutuhan trobelshoting yang cenderung lebih mahal karena proses trobelshoting jaringan tentunya lebih rumit. Tingkat kerumitan dari trobleshoting jaringan juga sangat bergantung kepada jenis jaringan yang digunakan, apakah jaringan peer to peer atau jaringan client server.
  2. Sistem keamanan yang diterapkan pada jaringan komputer sentuhnya diatur oleh setiap pengguna komputer pada jaringan tersebut sehingga keamanan di dalam menjaga akses komputer pada jaringan tersebut juga merupakan tanggung jawab dari masing-masing personal pengguna komputer client atau workstation.
  3. Proses make up harus selalu rutin dilakukan karena data-data penting yang ada pada komputer yang terhubung pada jaringan komputer tersebut tentunya tersebar dimana saja.
  4. Dibutuhkan biaya operasional yang cenderung lebih mahal.
  5. Secara umum maka sebuah jaringan terdapat 1 buah server yang mampu memberikan permintaan data untuk Komputer klientnya. Oleh sebab itu, ketika komputer server mengalami permasalahan atau gangguan maka tentunya seluruh sistem pada jaringan tersebut akan mengalami kerusakan.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Canon E500

Demikianlah tutorial singkat mengenai kelebihan dan kekurangan jaringan komputer yang bisa saya ulas Pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan, Bagi anda yang sekarang ini sedang memanfaatkan jaringan komputer maka tentunya Anda bisa lebih memaksimalkan fungsi dari jaringan komputer tersebut sehingga sejumlah manfaat yang sudah saya ulas pada bagian di atas bisa anda dapatkan.Akhir kata, selamat beraktifitas dan semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Istilah storage device merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer, terutama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *