Home / Jaringan / Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan MAN

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan MAN

Jaringan MAN memiliki kepanjangan metropolitan area network. Man merupakan sebuah jaringan komputer yang berada pada sebuah kota dan tentunya memiliki kecepatan transfer data yang sangat tinggi. Jaringan MAN berfungsi untuk menghubungkan sejumlah lokasi, misalnya adalah perkantoran, kampus, pemerintahan dan lokasi lainnya. Bisa dikatakan pula bahwa jaringan MAN merupakan sebuah gabungan dari sejumlah jaringan LAN.

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan MAN

Luas dari Jangkauan jaringan MAN berkisar antara 10 km hingga 50 km. Tentunya, jaringan MAN adalah sebuah jaringan yang sangat cocok digunakan di dalam membangun sebuah jaringan antar kantor dalam sebuah perusahaan ataupun pabrik dengan kantor pusat yang jangkauannya tidak terlalu jauh. Sejumlah teknologi yang dipakai di dalam jaringan MAN adalah FDDI, ATM atau asynchronous Transfer mode, dan juga SMDS. Teknologi tersebut pada saat ini sudah digantikan dengan ethernet yang menggunakan basis koneksi, sebagai contohnya adalah Metro ethernet yang rata-rata berada di daerah.

Jaringan MAN itu sendiri berfungsi untuk mengkoneksikan Beberapa jaringan lokal atau yang sudah dibangun baik menggunakan nirkabel atau tanpa kabel memakai radio, microwave, serta laser link infra merah. Untuk meminimalisir pengeluaran biaya yang cukup mahal di dalam membangun infrastruktur untuk man, maka sejumlah perusahaan akan meminjam sirkuit atau menyewa ke sejumlah operator umum di dalam proses peletakan kabel yang cukup panjang serta membentang.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel LAN Yang Putus

Kelebihan dan kekurangan jaringan MAN

Baiklah, dibawah ini akan saya ulas Beberapa kelebihan dan kekurangan jaringan MAN yang bisa didapat dan dialami oleh sejumlah kantor, perusahaan dan instansi lain yang hendak menerapkan jaringan MAN untuk berkomunikasi antara kantor yang satu dengan kantor yang lainnya.

Kelebihan jaringan MAN

  1. Server yang berada pada kantor pusat bisa digunakan dan dimanfaatkan sebagai server data Dari sejumlah komputer yang berada pada kantor cabang
  2. Informasi yang ada pada komputer bisa didistribusikan dengan lebih cepat, lebih luas dan lebih bermakna
  3. Kemampuan transfer yang D update pada saat itu juga atau diistilahkan dengan Real Time, misalnya data pada komputer server dilakukan update, maka secara otomatis bisa langsung dirasakan perubahannya pada komputer client. Sebagai contoh adalah yang terjadi pada ATM pada sebuah bank di wilayah nasional.
  4. Pemanfaatan chatting dan email bisa digunakan antar kantor guna memperlancar komunikasi
  5. Komunikasi antar kantor juga bisa menggunakan video conference

Kekurangan jaringan MAN

Setelah kita mengetahui sejumlah kelebihan jaringan MAN, maka ulasan berikutnya adalah kekurangan yang dimiliki oleh jaringan MAN. Silahkan disimak.

  1. Biaya di dalam membangun dan juga biaya operasional untuk jaringan MAN tergolong cukup mahal
  2. Proses pembangunan infrastruktur jaringan MAN juga tergolong cukup rumit dan tidak mudah
  3. Ketika sebuah komputer personal dipakai atau dimanfaatkan sebagai Terminal, tentunya proses file transfer software ataupun kegiatan memindah file memperbolehkan setiap pengguna untuk mendownload ataupun mengambil file yang berasal dari host maupun mengupload data file host
  4. Apabila terjadi kerusakan pada jaringan MAN, maka proses trobelshoting jaringan akan cukup rumit karena coverage yang dimiliki pada jaringan MAN cukup luas
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Wireless

Demikianlah informasi singkat tentang kelebihan dan kekurangan jaringan MAN yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Dengan melihat sejumlah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh jaringan MAN, maka tidak ada salahnya apabila anda memiliki sejumlah kantor yang berada pada satu kota, maka anda bisa mengkonfigurasikan dan mencoba jaringan tersebut sehingga sejumlah kemudahan yang bisa didapat dari pemanfaatan jaringan MAN bisa diperoleh. Sejumlah komunikasi dan proses pemindahan file tentunya bisa dilakukan pada jaringan MAN dengan cukup mudah dan cepat tanpa harus bersusah payah menggunakan storage untuk proses pemindahan data secara manual. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menyambung Kabel LAN Yang Putus

Cara Menyambung Kabel LAN Yang Putus

Mari belajar cara menyambung kabel LAN yang putus karena bisa jadi suatu saat nanti anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *