Home / Jaringan / Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Pada Komputer

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Pada Komputer

Hampir seluruh kegiatan manusia sekarang ini tidak terlepas dari yang namanya perangkat komputer. Hal tersebut tentunya disebabkan karena sejumlah kebutuhan manusia tentunya bisa dipenuhi oleh komputer. Berbagai macam informasi serta pengetahuan juga sangat dibutuhkan oleh manusia yang bisa didapat dari komputer yang terhubung ke jaringan, salah satunya adalah jaringan internet. Selain itu, fungsi komputer yang lain adalah membantu menunjang aktivitas dan pekerjaan manusia.

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Pada Komputer

Ada lagi manfaat yang bisa diperoleh dari komputer yaitu komputer bisa digunakan dalam sebuah jaringan. Lalu apa yang dimaksud dengan jaringan komputer? Jaringan komputer merupakan komputer yang dihubungkan antara satu dengan yang lainnya sehingga antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya tersebut bisa saling berkomunikasi dan tentunya bisa digunakan untuk melakukan proses transfer data antar komputer client maupun dari komputer client ke komputer server.

Dengan adanya jaringan pada komputer, maka tentunya akan diperoleh Banyak kelebihan dan kekurangan. Untuk itulah pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas kelebihan dan kekurangan jaringan pada komputer sehingga kita bisa lebih mendalami mengenai jaringan komputer serta memanfaatkan dengan sebaik-baiknya fasilitas yang diberikan pada jaringan komputer.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan WAN

Kelebihan dan kekurangan jaringan pada komputer

Kita tahu bahwa apapun sistem yang diberikan pada sebuah jaringan komputer pastinya akan memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk membantu anda di dalam memahami kelebihan dan kekurangan jaringan pada komputer sehingga Anda bisa lebih memaksimalkan kelebihan yang dimiliki pada jaringan komputer serta meminimalisir kekurangan pada jaringan komputer, maka saya akan mencoba mengulasnya secara spesial untuk anda.

Kekurangan jaringan pada komputer

Bagian yang akan pertama diulas adalah Mengenai kekurangan jaringan komputer. Di bawah ini adalah sejumlah kekurangan yang dimiliki pada jaringan komputer, yaitu:

Jaringan komputer memerlukan biaya operasional yang tinggi dan akan semakin meninggi Seiring dengan berjalannya waktu. Kondisi tersebut dilatarbelakangi karena di dalam membuat sebuah jaringan komputer memerlukan sejumlah alat pendukung agar dapat mengoperasikan sebuah jaringan komputer dengan lancar dan juga normal. Beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk pembuatan jaringan komputer meliputi Biaya pembelian software, biaya pembelian hardware, biaya perencanaan jaringan, biaya untuk konsultasi, serta jasa di dalam membuat jaringan tersebut.

Besarnya biaya rata-rata akan dibebankan kepada perusahaan yang tentunya mempunyai kebutuhan jaringan komputer yang luas juga. Kondisi ini Tentunya bisa berakibat pada meningkatnya biaya yang dibutuhkan untuk operasional. Akan tetapi, bagi pemakai jaringan komputer yang ada dirumah, biaya yang harus dikeluarkan bentuknya cukup kecil. Jadi, Ketika anda ingin menciptakan sebuah jaringan komputer di rumah dalam skala kecil, maka tentunya Anda cukup merencanakan sebaik mungkin jenis jaringan yang akan dipakai. Dengan demikian, maka tentunya Anda tidak akan perlu lagi mengeluarkan biaya di kemudian hari akibat kekeliruan di dalam mengelola jaringan.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Aplikasi virus yang akan semakin merajalela karena proses penyebaran antivirus tentunya sangat marah dilakukan pada sebuah jaringan komputer. Dengan adanya serangan virus tentunya bisa mengakibatkan kondisi jaringan semakin menurun Sehingga pekerjaan yang membutuhkan jaringan komputer akan semakin lambat selesainya.

Kelebihan jaringan Pada komputer

Itulah sejumlah kekurangan yang dimiliki pada jaringan komputer. Di balik kekurangan yang dimiliki pada jaringan komputer tersebut, tentunya Ada sejumlah manfaat dan kelebihan yang bisa dinikmati pada jaringan komputer. Berikut ini adalah ulasannya.

Kegiatan berbagi file serta data-data pada sebuah komputer bisa dilakukan dengan cukup mudah dan cukup cepat. Anda tidak lagi membutuhkan flashdisk untuk memindahkan data dari komputer yang satu dengan komputer yang lainnya, namun cukup memanfaatkan fasilitas sharing data yang ada pada komputer tersebut. Fasilitas berbagi-pakai tersebut bisa anda lakukan juga pada sejumlah perangkat yang terhubung pada jaringan tersebut, mulai dari modem, Printer serta hardisk.

Dengan sejumlah kelebihan yang ditawarkan pada jaringan komputer tersebut, maka akan sangat membantu Anda yang mempunyai sejumlah pekerjaan kantor yang tentunya berurusan dengan sejumlah teknologi. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan pada jaringan komputer akan sangat membantu mempercepat proses pekerjaan Anda sekaligus mempermudah proses pengerjaannya.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan MAN

Demikianlah ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan jaringan pada komputer yang bisa saya sampaikan khusus untuk anda pada posting kali ini. Setelah anda mengetahui begitu besarnya manfaat yang diberikan pada jaringan komputer, maka tentunya Anda bisa mencoba untuk membuat sebuah jaringan komputer berskala kecil di rumah ataupun di kantor supaya proses transfer data bisa dilakukan dengan mudah sekaligus kegiatan berbagai fungsi alat bisa dilakukan sehingga penghematan bisa didapat. Akhir kata-kata selamat mencoba dan semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan file server? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *