Home / Jaringan / Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Peer To Peer

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Peer To Peer

Apabila kita lihat dari Tipe koneksinya, maka sebuah jaringan dibedakan menjadi dua, yaitu jaringan peer to peer dan jaringan client server. Jaringan client server adalah sebuah jaringan yang sangat umum dipakai sekarang ini, di mana pada jaringan tersebut memakai sebuah komputer server yang digunakan sebagai penyedia data, dan juga komputer client atau komputer user yang digunakan untuk mengakses dari komputer server tersebut.

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Peer To Peer

Tentunya berbeda dengan jaringan peer to peer yang mana jaringan tersebut tidak memerlukan komputer server untuk bisa beroperasi. Pada jaringan peer-to-peer cukup menyediakan komputer sejumlah 2 buah supaya sebuah jaringan peer to peer bisa berjalan. Jaringan peer-to-peer ini merupakan jaringan yang sangat sederhana. Akan tetapi, walaupun jaringan peer to peer merupakan jaringan yang sangat sederhana ternyata jaringan tersebut juga memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Pada artikel kali ini saya akan mencoba membahas Apa saja kelebihan dan kekurangan jaringan peer-to-peer.

Kelebihan dan kekurangan jaringan peer to peer

Untuk mempermudah anda di dalam mempelajari seluk beluk mengenai jaringan peer to peer, kelebihan dan kekurangan jaringan peer to peer serta karakteristik yang dimiliki oleh jaringan peer to peer, maka silakan Anda ikuti terus ulasan berikut ini yang akan membahas tentang keunggulan dan kelemahan jaringan peer to peer tersebut.

Kelebihan jaringan peer to peer

1. Jaringan ini bisa diimplementasikan dengan sangat sederhana dan cukup mudah

Bagian pertama yang menjadi kelebihan jaringan peer to peer adalah proses implementasi yang bisa dilakukan secara sederhana dan juga sangat mudah. Jaringan ini adalah salah satu jaringan yang sangat mudah karena hanya membutuhkan 2 buah komputer saja untuk membentuk jaringan tersebut

Baca Juga:   Apa yang dimaksud dengan protokol

Di dalam membangun jaringan pear to pear tersebut, kita hanya membutuhkan perangkat keras berupa 1 buah kabel jaringan, atau bisa juga diganti dengan wifi eksternal yang digunakan untuk mempermudah proses transfer data atau transmisi data. Tentunya, siapa saja bisa belajar dengan mudah untuk membangun jaringan peer-to-peer tersebut.

2. Tidak memerlukan adanya komputer server

Kita tidak perlu kerepotan untuk mencari Biaya yang tinggi guna merakit ataupun membeli komputer server yang harganya cukup mahal. Seperti yang sudah diulas sebelumnya bahwa jaringan pear to pear adalah sebuah jaringan yang tidak membutuhkan komputer server. Oleh sebab itu, cukup menyediakan dua buah komputer dengan spesifikasi standar, maka kita sudah bisa membangun jaringan peer-to-peer tersebut. Dengan demikian, proses implementasi jaringan peer to peer bisa dilakukan dengan biaya yang murah.

3. Cukup menyediakan dua buah komputer

Untuk bisa mengimplementasikan dan membangun jaringan pear to pear, anda hanya perlu menyediakan komputer sebanyak 2, lengkap dengan kartu Lan ataupun kartu wifi. Dengan sedikit konfigurasi pada LAN card ataupun kartu wifi, maka anda sudah bisa berhasil membangun jaringan peer to peer

4. Kesamaan level pada kedua komputer yang terhubung di jaringan

Jaringan peer to peer akan menjadikan dua komputer yang terhubung pada jaringan tersebut mempunyai level yang sama. Tentunya Hal tersebut berkebalikan dengan jaringan client server, Dimana ada jaringan pear to pear tersebut tidak membutuhkan adanya komputer server sehingga setiap perangkat yang terhubung pada jaringan peer to peer akan mempunyai peranan yang setara atau seimbang.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Port

Dengan kata lain, komputer yang terhubung pada jaringan peer to peer bisa bertindak sebagai server dan bisa bertindak sebagai client secara bergantian.

5. Bisa dipakai guna mentransfer data serta sejumlah berkas antar komputer

Ketika anda hendak memproses transfer data dari salah satu komputer, maka anda tidak perlu direpotkan karena anda dapat memakai koneksi jaringan peer to peer ini. Selain kemudahan di dalam mengimplementasikan dan membangun jaringan peer to peer, anda juga akan mendapatkan kecepatan transfer yang cukup cepat apabila Dibandingkan dengan memakai flashdisk ataupun menggunakan DVD ROM drive.

Kekurangan jaringan peer to peer

Setelah anda mengetahui Beberapa kelebihan dari jaringan peer-to-peer, Mari kita lanjutkan dengan membahas kekurangan yang dimiliki oleh jaringan peer-to-peer tersebut.

1. Hanya dapat memakai dua komputer saja

Kekurangan jaringan peer to peer yang sangat menonjol adalah keterbatasan dari sisi jumlah komputer yang bisa terkoneksi. Jaringan komputer peer to peer tentunya hanya dapat memakai dua komputer saja, tidak bisa lebih dari itu. Hal tersebut tentunya akan membuat jaringan peer to peer mempunyai kemampuan yang amat terbatas dan juga mengurangi jumlah fungsi dari sebuah jaringan.

2. Efisiensi yang cukup buruk

Apabila kita lihat dari segi efisiensi waktu yang ada pada jaringan peer to peer, maka terlihat bahwa jaringan tersebut mempunyai efisiensi dari sisi waktu yang kurang baik. Tentunya, Apabila dibandingkan dengan jaringan client-server maka jaringan peer-to-peer akan kalah dari sisi tersebut. Hal tersebut dikarenakan komputer yang digunakan pada jaringan peer to peer tidak selalu dapat menanggung proses yang tinggi sebagai sebuah server, sehingga komputer yang tidak mampu menangani sejumlah proses yang berat akan membuat jaringan tidak optimal.

Baca Juga:   Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Bandwidth

3. Tingkat keamanan yang kurang baik

Tingkat keamanan pada jaringan pear to pear kurang lah baik Apabila dibandingkan dengan jaringan client server. Walaupun demikian, karena jaringan peer to peer hanya memanfaatkan dua komputer saja maka tentunya keamanan dari masing-masing komputer yang terhubung pada jaringan tersebut bisa terkontrol Baik pada penggunaan data ataupun pada penggunaan perangkat yang saling berbagi pakai.

4. Sempitnya cakupan wilayah

Kekurangan terakhir dari jaringan peer to peer adalah sempitnya cakupan wilayah yang bisa dijangkau. Hal tersebut dikarenakan jaringan pear to pear merupakan jaringan yang paling sederhana. Dengan kata lain, jaringan peer-to-peer juga akan sulit untuk diimplementasikan pada sejumlah situasi yang membutuhkan jumlah komputer lebih banyak untuk berkoneksi ikan didalam jaringan tersebut.

Demikianlah informasi singkat mengenai kelebihan dan kekurangan jaringan peer to peer. Apabila Anda ingin mendapatkan melakukan transfer data antar komputer yang jumlahnya tidak lebih dari 2, maka jaringan peer to peer Bisa Anda coba manfaatkan karena dengan begitu anda akan mendapatkan kemudahan di dalam proses transfer data sekaligus mendapatkan kecepatan yang lebih baik dibandingkan proses pemindahan atau transfer data menggunakan flashdisk ataupun media penyimpanan lainnya. Mudah-mudahan, artikel ini bisa bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan file server? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *