Home / Jaringan / Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan WAN

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan WAN

Pada artikel kali ini saya akan mencoba mengulas mengenai WAN atau wide area network, khususnya tentang kelebihan dan kekurangan jaringan WAN. Mungkin saja, artikel ini nantinya bisa menjadi sebuah bahan rujukan sekaligus referensi anda untuk memahami satu persatu jenis jaringan yang ada. WAN atau wide area network adalah salah satu jenis jaringan komputer yang tentunya memiliki jangkauan geografis yang paling luas dibandingkan dengan jenis-jenis jaringan komputer lainnya.

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan WAN

Area cakupan dari WAN adalah antar negara dan juga antara benua. Dengan kata lain, jaringan WAN adalah salah satu jaringan komputer yang memerlukan adanya saluran komunikasi publik dan juga router. Secara umum, jaringan WAN terdiri dari sejumlah Kumpulan berbagai macam mesin yang tentunya memiliki tujuan guna menjalankan sejumlah program aplikasi. Tujuan dari jaringan WAN adalah untuk mengkomunikasikan sejumlah jaringan lokal atau LAN yang satu dengan yang lainnya Sehingga nantinya setiap pengguna maupun komputer yang berada pada sebuah lokasi bisa berinteraksi dengan komputer atau pengguna yang berada di lokasi lainnya.

Kelebihan dan kekurangan jaringan WAN

Berikut ini adalah sejumlah kelebihan dan kekurangan jaringan WAN yang akan saya ulas spesial untuk Anda sehingga Anda memiliki rujukan dan ilmu baru di dalam mengenali jaringan pada umumnya, dan jaringan WAN pada khususnya. Dengan memahami sejumlah keunggulan dan kelemahan jaringan WAN, maka Siapa tahu ke depan anda bisa ikut serta di dalam proses pengembangan dan pengimplementasian jaringan WAN tersebut.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Pada Komputer

Kelebihan jaringan WAN

  1. Jaringan WAN memiliki kemampuan untuk diakses pada area geografis yang sangat luas sehingga Komunikasi bisnis dengan memanfaatkan jaringan WAN sangatlah baik.
  2. Bisa digunakan untuk saling berbagi pakai atau share software dan sumber daya komputer dengan memanfaatkan koneksi workstation
  3. Ketika kita hendak berkirim pesan, maka aktivitas tersebut bisa dilakukan dan dikirim dengan sangat cepat, asalkan masih berada pada jaringan WAN tersebut. Sejumlah file juga turut serta bisa dikirim seperti file suara, file gambar, ataupun file data yang disertakan pada sebuah lampiran.
  4. Sejumlah perangkat yang memiliki harga mahal seperti Saluran telepon ke internet ataupun printer bisa dibagi pakai oleh setiap komputer yang terhubung pada jaringan WAN tersebut tanpa harus membeli perangkat baru yang berbeda pada setiap komputernya.
  5. Data yang sama bisa digunakan oleh setiap orang yang terhubung pada jaringan WAN tersebut. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk menghindari permasalahan di dalam penggunaan informasi yang berbeda.
  6. Kemampuan di dalam berbagi atau sharing file maupun informasi dalam area yang sangat luas
  7. Karakteristik jaringan yang tertutup walaupun areanya sangat luas
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Wireless

Kekurangan jaringan WAN

  1. Secara umum, biaya operasional yang harus dikeluarkan cukuplah mahal dan lambat
  2. Tentunya membutuhkan konfigurasi Firewall yang sangat baik guna melakukan pembatasan pada setiap pengguna luar yang hendak masuk yang berpotensi bisa mengganggu kestabilan jaringan.
  3. Di dalam persiapan membuat jaringan WAN bisa dijadikan sebuah pengalaman yang rumit dan sangat mahal. Ketika kita membangun sebuah jaringan uang yang cukup besar, maka harga yang harus dikeluarkan juga cukup mahal.
  4. Salah satu bagian yang perlu diperhatikan adalah pada sisi keamanan jaringan WAN. Setiap orang tentunya akan mempunyai akses di dalam memakai seluruh informasi yang yang terdapat di jaringan WAN. Oleh sebab itu tentunya pengelola dari jaringan WAN harus memiliki kemampuan di dalam melindungi jaringan tersebut dari ancaman virus ataupun para peretas.
  5. Setelah jaringan WAN selesai dibuat, maka tentunya dibutuhkan pengawasan full time dari seorang administrator yang memiliki keahlian teknis di dalam jaringan WAN.
  6. Sejumlah informasi yang berada di dalam jaringan WAN belum tentu bisa memenuhi semua kebutuhan lokal yang ada.
  7. Jaringan WAN merupakan jaringan yang cukup rentan terhadap serangan atas maupun sejumlah ancaman lain yang berasal dari luar jaringan
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Server

Demikianlah tutorial singkat mengenai kelebihan dan kekurangan jaringan WAN yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, setelah anda memahami keunggulan dan kelemahan jaringan WAN apa yang maka anda bisa mencoba untuk membangun jaringan tersebut di kemudian hari apabila dibutuhkan. Tutorial ini merupakan tutorial yang sangat berharga bagi seorang administrator jaringan guna menjaga keutuhan dari jaringan yang dikelolanya. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan file server? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *