Home / Jaringan / Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Wireless

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Wireless

Jaringan wireless adalah salah satu teknologi jaringan komputer yang belakangan ini banyak dibicarakan serta sudah mulai banyak diterapkan pada tahun 1990-an. Tentunya, sejumlah manfaat dari adanya jaringan komputer sangat mempengaruhi terjadinya perubahan pada perilaku seseorang di dalam bekerja karena tentunya mampu untuk digunakan sebagai alat komunikasi antar komputer secara lokal maupun seluruh dunia.

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Wireless

Teknologi wireless adalah sebuah teknologi yang dipakai untuk ditransmisikan tanpa memakai kabel atau sering disebut dengan istilah nirkabel. Bisa dikatakan, wireless adalah salah satu perangkat yang melekat pada jaringan komputer sebagai salah satu syarat untuk mengakses internet yang sekarang ini sudah hampir pasti dibutuhkan oleh setiap pengguna internet.

Dalam kasus ini, bagian yang ditransmisikan dari jaringan wireless adalah paket data internet. Jaringan wireless memanfaatkan udara untuk proses transmisi data. Dengan kata lain maka jaringan wireless sebenarnya selalu ada di sekeliling kita namun tidak kelihatan. Jaringan wireless menjadi salah satu bagian di dalam udara yang selalu kita butuhkan sekarang ini.

Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Wireless

Untuk memenuhi sejumlah keperluan didalam dunia komputer, sekarang ini jaringan wireless memang banyak digunakan. Akan tetapi, jaringan wireless tetap saja memiliki kelebihan dan kekurangan karena teknologi tersebut selalu dikembangkan. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan jaringan wireless? Silahkan anda ikuti terus artikel kali ini dan anda akan mendapatkan secara lengkap informasi mengenai keunggulan dan kelemahan dari jaringan wireless.

Kelebihan jaringan wireless

1. Kabel yang panjang tidak dibutuhkan pada proses instalasi

Pada saat kita membangun sebuah jaringan dengan menggunakan banyak komputer, maka tentunya bisa dibayangkan betapa rumitnya mengatur kabel-kabel yang terhubung pada masing-masing komputer tersebut. Berbeda halnya dengan memakai teknologi wireless di mana konfigurasi kabel untuk setiap komputer bisa diminimalisir.Selain itu, karena jumlah kabel yang digunakan sangat sedikit maka proses penataan tempat juga akan semakin rapi.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Hosting

Disamping itu biaya yang dikeluarkan juga cukuplah hemat. Walaupun harga per meter kabel jaringan cukup murah, apabila jaringan yang hendak dibuat cukup luas pastinya akan membutuhkan kabel yang panjang dan pada akhirnya akan dibutuhkan biaya yang tinggi pula. Dengan menggunakan wireless, maka harga yang harus dikeluarkan tentunya jauh lebih murah.

2. Sangat cocok diimplementasikan pada jaringan yang cukup luas

Teknologi jaringan wireless tentunya sangat cocok apabila diterapkan pada sebuah jaringan yang area coveragenya sangat luas, bahkan di seluruh dunia. Bisa anda bayangkan kebutuhan kabel ketika hendak menghubungkan sejumlah komputer yang jaraknya sangat jauh, misalnya adalah 50 km. Tentunya biaya yang dikeluarkan untuk membeli kabel jaringan tersebut sangatlah tinggi. Permasalahan tersebut sudah bisa diatasi dengan menggunakan jaringan wireless.

3. Memiliki kecepatan transfer data yang cukup stabil

Dari sejumlah orang mengatakan bahwa kecepatan transfer yang dimiliki oleh jaringan kabel lebih baik dibandingkan dengan jaringan wireless. Pernyataan tersebut tentunya tidak 100% benar. Nyatanya, apabila transfer data dilakukan pada jaringan wireless dengan topologi yang sudah baik maka tentunya kecepatan transfer yang didapat juga akan baik.

Anda tidak akan mendapatkan penurunan kualitas dari sisi kecepatan transfer data ketika jaringan wireless tersebut sudah dikonfigurasikan dengan baik. Oleh sebab itu hal yang penting di dalam menjaga kestabilan dan kecepatan transfer data adalah menjaga supaya kondisi jaringan tetap dalam kondisi baik.

4. Jaringan wireless bisa dimanfaatkan untuk sejumlah perangkat seperti laptop dan smartphone

Teknologi wireless merupakan sebuah teknologi jaringan yang sudah dikenal sejak lama. Kondisi tersebut tentunya membuat perangkat yang menggunakan teknologi wireless juga semakin berkembang, salah satunya adalah smartphone dan laptop. Dengan adanya jaringan wireless, maka smartphone dan laptop juga bisa dengan mudah mengakses jaringan tersebut, dan pada akhirnya memiliki kemudahan didalam mengakses internet apabila jaringan wireless tersebut terkoneksi dengan internet.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Server

5. Mempermudah sebuah perangkat bekerja secara portable

Artinya adalah ketika sebuah perangkat terkoneksi dengan jaringan wireless, maka perangkat tersebut bisa bekerja lebih portable. Artinya, perangkat tersebut bisa berpindah ke mana saja asalkan masih ada di wilayah cakupan dari sinyal wireless tersebut. Dengan demikian, secara lokasi kita sudah tidak perlu terikat karena bisa dengan mudah memindah perangkat tersebut.

Apabila diinginkan untuk mendapatkan area cakupan yang lebih luas, maka tentunya kita bisa menambah kekuatan sinyal wireless dengan cara menambahkan alat bantu spesial, misalnya adalah dengan menambahkan antena dan juga penguat sinyal. Dengan kata lain, sinyal wireless bisa dikuatkan hingga beberapa kali lipat dengan menggunakan alat bantu sehingga area cakupan yang didapat bisa lebih luas lagi sehingga Anda bisa lebih mudah berpindah lokasi ataupun bergerak.

Kekurangan jaringan wireless

1. Biaya cukup mahal untuk proses pengembangan dan instalasi

Salah satu hal yang menjadi kelemahan dari jaringan wireless adalah biaya implementasi yang cukup mahal. Terlebih bagi perusahaan telekomunikasi dimana untuk membuat jaringan wireless membutuhkan biaya yang sangat tinggi dibandingkan dengan membuat jaringan yang menggunakan kabel.

Apalagi bagi Anda yang hendak membangun jaringan MAN yang akan digunakan untuk menghubungkan kantor cabang dengan kantor pusat, maka tentunya biaya yang digunakan untuk membeli sejumlah perangkat jaringan wireless cukuplah Tinggi.

2. Perangkat keras Serta peralatan jaringan masih memiliki harga yang tinggi

Sejumlah hardware atau perangkat keras yang digunakan untuk membangun jaringan wireless tentunya mempunyai harga yang lebih tinggi Apabila dibandingkan dengan harga perangkat jaringan yang memakai kabel. Kita bisa tengok harga sebuah router atau wireless modem dengan modem biasa untuk membangun jaringan kabel. Tentunya, harga dari router atau wireless modem lebih mahal dibandingkan dengan modem untuk jaringan kabel.

Baca Juga:   Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Bandwidth

3. Cuaca mempengaruhi kualitas sinyal wireless

Kemampuan di dalam memancarkan sinyal sangat dipengaruhi oleh kondisi cuaca di sekitarnya. Apabila cuaca dalam kondisi buruk, maka kemampuan memancarkan sinyal wireless juga akan semakin memburuk. Begitu juga sebaliknya. Kondisi tersebut tentunya dipengaruhi oleh udara dan cuaca yang akan sangat berpengaruh terhadap kualitas serta proses transmisi data. Apabila kondisi sinyal wireless sudah tidak stabil, maka proses transmisi data juga tidak akan berjalan dengan baik.

4. Lingkungan fisik seperti penghalang dari tembok juga berpengaruh terhadap kekuatan sinyal

Hal lain yang mempengaruhi kekuatan sinyal wireless adalah Penghalang yang berasal dari tembok yang tebal serta tinggi. Apabila pada sebuah kantor yang memiliki jaringan wireless namun terdapat banyak tembok yang tinggi dan tebal, maka akan sangat mempengaruhi kualitas dari jaringan wireless tersebut. Adanya tembok yang tebal akan membuat sinyal wireless menjadi sulit untuk menyebar dan pada akhirnya akan dengan cepat berkurang dan pada akhirnya tidak sampai ke perangkat penerima.

Demikianlah informasi singkat mengenai kelebihan dan kekurangan jaringan wireless yang bisa saya ulas pada kesempatan yang baik ini. Adanya sejumlah kelebihan yang dimiliki pada jaringan wireless bisa menjadi pertimbangan khusus bagi anda untuk membangun jaringan wireless sendiri baik secara pribadi di rumah ataupun secara umum di kantor Sehingga anda bisa dengan mudah berbagi pakai kuota internet ataupun berbagi pakai data yang ada pada komputer sehingga pekerjaan akan semakin mudah dan ringan setelah cepat selesainya. Akhir kata selamat beraktifitas dan selamat membangun jaringan wireless.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan file server? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *