Home / Hardware / Kelebihan Dan Kekurangan Komputer Generasi Ketiga

Kelebihan Dan Kekurangan Komputer Generasi Ketiga

Halo apa kabar semuanya? Penulis harapkan anda dalam kondisi sehat walafiat. Pada kesempatan yang baik ini ijinkan saya untuk mencoba mengulas kelebihan dan kekurangan komputer generasi ketiga. Komputer generasi ketiga adalah komputer yang dibuat antara tahun 1964 sampai dengan 1970. Adapun ciri-ciri dari komputer generasi ketiga adalah masih memakai IC atau integrated circuit yang mana komponen tersebut merupakan komponen penggabungan dari sejumlah transistor. Komponen inilah yang menyebabkan komputer generasi ketiga mempunyai dimensi yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya.

Kelebihan Dan Kekurangan Komputer Generasi Ketiga

Walaupun komputer generasi ketiga mempunyai sejumlah kelebihan, termasuk didalamnya dari sisi ukuran, namun komponen transistor yang dipakai pada komputer generasi sebelumnya yaitu generasi kedua tetap saja tidak dapat meminimalisir timbulnya panas pada saat komputer sedang digunakan. Komponen transistor menimbulkan suhu panas yang cukup besar sehingga sangat berpotensi menimbulkan kerusakan komponen lain di dalam komputer.

Pada tahun 1958 seseorang bernama Jack kilby membuat pengembangan pada komponen elektronika yang bernama isi atau integrated circuit. IC adalah sebuah piringan silikon yang berdimensi kecil dan diproduksi dari pasir kuarsa. Pasir kuarsa tersebut dipakai karena bahan tersebut bisa mereduksi panas yang dihasilkan pada komponen transistor.

Baca Juga:   Fungsi Utama Prosesor Secara Umum Pada Beberapa Perangkat

Pada komponen piringan silikon tersebut, Jack kilby membuat kombinasi dari tiga komponen elektronik. Untuk selanjutnya, sejumlah komponen yang dipadatkan pada chip IC tersebut akan semakin ditambah, hingga jumlahnya mencapai miliaran transistor yang sudah digunakan saat ini. Tentunya, adanya penemuan IC mampu mengubah sistem arsitektur komputer dan tentunya dimungkinkan untuk pembangunan komputer yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan komputer yang Ada pada generasi sebelumnya.

Kelebihan dan kekurangan komputer generasi ketiga

Walaupun komputer generasi ketiga ini bukanlah merupakan komputer baru, namun tidak ada salahnya kita membahas mengenai sejumlah kelebihan dan kekurangan komputer generasi ketiga sebagai media pembelajaran bagi kita sekalian untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing generasi komputer. Berikut ini saya spesifikasi kan pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan komputer generasi ketiga tersebut.

Kelebihan komputer generasi ketiga

  1. Komputer generasi ketiga tentunya memiliki ukuran dimensi yang jauh lebih kecil Apabila dibandingkan dengan komputer pada generasi sebelumnya baik generasi kedua ataupun generasi pertama
  2. Produksi panas yang dihasilkan dari komponen komputer bisa sedikit direduksi dibandingkan generasi sebelumnya
  3. Kemampuan di dalam melakukan perhitungan dalam periode nanodetik dimiliki komputer generasi ketiga
  4. Rendahnya biaya perawatan dimiliki oleh komputer generasi ketiga
  5. Sumber daya listrik yang dibutuhkan untuk komputer generasi ketiga juga jauh lebih kecil dibandingkan dengan generasi kedua ataupun generasi pertama
  6. Dari sisi kinerja, komputer generasi ketiga jauh lebih bisa dipercaya
  7. Komputer generasi ketiga memiliki tujuan umum
  8. Media yang dimiliki komputer generasi ketiga jauh lebih baik Dibandingkan komputer generasi pertama ataupun kedua
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Kekurangan komputer generasi ketiga

Ada sedikit kekurangan yang dimiliki oleh komputer generasi 3 apabila dilihat pada zaman dimana komputer generasi ketiga masih eksis. Berikut ini adalah contohnya.

  1. Komputer generasi ketiga membutuhkan pendingin berupa AC supaya proses pendinginan pada komputer tersebut bisa lebih maksimal
  2. Pada saat komputer generasi ke 3 masih eksis, maka harga dari komputer tersebut cukuplah mahal.

Itulah sejumlah kelebihan dan kekurangan komputer generasi ketiga yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, apa yang saya Tuliskan pada kesempatan yang baik ini mampu memberikan tambahan ilmu serta wawasan baru bagi anda sekalian apa yang terutama yang sedang mempelajari generasi-generasi komputer mulai dari generasi pertama sampai dengan generasi kelima.. Semoga tulisan ini bermanfaat dan terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Fungsi utama prosesor

Fungsi Utama Prosesor Secara Umum Pada Beberapa Perangkat

Kata prosesor tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda yang berkecimpung di dunia ini. Hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *