Home / Jaringan / Kelebihan Dan Kekurangan Komunikasi Dalam Jaringan

Kelebihan Dan Kekurangan Komunikasi Dalam Jaringan

Penggunaan jaringan komputer sekarang ini sudah cukup banyak dilakukan di berbagai macam kehidupan, misalnya adalah di perkantoran yang menerapkan teknologi wireless untuk mempermudah proses akses data internet. Dengan menggunakan perangkat laptop ataupun smartphone maka kita bisa mengakses internet dengan cukup mudah dan cepat.

Kelebihan Dan Kekurangan Komunikasi Dalam Jaringan

Disamping itu, dengan adanya teknologi jaringan juga akan mempermudah proses komunikasi di dalam jaringan tersebut sehingga kita bisa lebih cepat di dalam menyampaikan sejumlah informasi. Namun tentunya komunikasi yang dilakukan didalam sebuah jaringan memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan komunikasi dalam jaringan? Silahkan anda ikuti terus ulasan berikut ini sehingga anda benar-benar paham dan mengetahui secara pasti keunggulan dan kelemahan komunikasi yang memanfaatkan sebuah jaringan.

Kelebihan dan kekurangan komunikasi dalam jaringan

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa jaringan bisa digunakan untuk berkomunikasi antar pengguna komputer, misalnya adalah aplikasi chatting, aplikasi email dan sejumlah aplikasi komunikasi lainnya. Dibalik kemudahan dan fitur yang ditawarkan pada aplikasi tersebut ternyata terdapat sejumlah kelebihan dan kekurangan yang harus dipahami oleh setiap pengguna sehingga bisa memaksimalkan kelebihan yang dimilikinya serta mengurangi segala macam resiko yang bisa ditimbulkan dari kekurangan yang ada pada komunikasi didalam jaringan tersebut.

Kelebihan komunikasi dalam jaringan

1. Berkomunikasi dalam jaringan tentunya bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja.

Tentunya, dengan memanfaatkan aplikasi daring yang sekarang ini sudah banyak beredar di internet setiap penggunanya bisa berkomunikasi tanpa adanya kendala waktu dan tempat, cukup dengan memanfaatkan jaringan yang terkoneksi dengan internet maka kita sudah bisa melakukan komunikasi dengan siapapun yang terkoneksi dengan internet pulang.

Baca Juga:   Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Bandwidth

2. Biaya yang cukup hemat dan efisien.

Tentunya, proses komunikasi konvensional jauh membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan komunikasi menggunakan jaringan. Bisa anda bayangkan berapa harga kirim surat melewati kantor pos untuk pengiriman jarak jauh.

Coba anda bandingkan dengan proses komunikasi langsung lewat jaringan internet yang mana hanya membutuhkan sedikit kuota saja maka kita bisa berkomunikasi secara real time langsung pada saat itu juga. Disamping itu, fasilitas yang ditawarkan pada komunikasi dalam jaringan juga cukup baik, salah satunya adalah teleconference video call yang akan menampilkan gambar dari masing-masing orang yang berkomunikasi tersebut

3. Adanya integrasi dengan sejumlah layanan tik

Komunikasi daring bisa dimanfaatkan beriringan dengan pemanfaatan layanan tik sehingga tentu akan lebih mempermudah di dalam melakukan berbagai macam komunikasi didalam jaringan tersebut. Sebagai contoh, penerapan di dalam proses presentasi, saling berbagi layar pada proyektor, serta berbagi dokumen.

4. Komunikasi yang semakin meningkat

Proses komunikasi pada jaringan akan semakin meningkat seiring dengan perkembangan aplikasi daring. Dengan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan pada aplikasi daring membuat seseorang akan menjadi lebih aktif untuk berkomunikasi di internet maupun di dunia maya

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

5. Partisipasi yang semakin meningkat

Jalur komunikasi internet yang semakin lebar akan membuat semakin banyak orang memanfaatkan aplikasi daring untuk berkomunikasi dengan teman, kerabat ataupun keluarga. Tentunya sejumlah kelebihan tentu didapat setiap pengguna aplikasi daring di dalam berkomunikasi dalam jaringan tersebut.

Kekurangan komunikasi dalam jaringan

Selain kelebihan-kelebihan yang ditawarkan ketika kita berkomunikasi dalam jaringan, ternyata juga ada sejumlah kekurangan yang dimiliki ketika kita berkomunikasi dalam jaringan. Berikut ini adalah ulasannya

1. Emosi pengguna tidak terwakili

Dalam hal ini, raut muka intonasi bicara, gerakan tubuh, dan sejumlah kondisi emosi pengguna tidak akan bisa diketahui dari lawan bicara ketika sedang berkomunikasi. Oleh sebab itu, tentunya setiap pengguna komunikasi didalam jaringan harus berupaya menjaga komunikasi agar berjalan dengan baik dan lancar karena emosi dari pengguna tidak bisa terlihat secara langsung.

2. Membutuhkan peralatan khusus

Di dalam melakukan komunikasi di dalam jaringan, tentunya membutuhkan sejumlah perangkat khusus baik dari sisi hardware maupun software. Salah satu contohnya adalah webcam dimana peralatan tersebut digunakan untuk menampilkan gambar dan video dari pengguna.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Peer To Peer

3. Banyaknya informasi yang tidak penting

Seringkali, karena komunikasi di dalam jaringan sudah semakin sering kita akan mendapatkan sejumlah informasi yang tidak terlalu penting. Padang kalah pula informasi-informasi tersebut justru akan membuat bingung bagi si penerimanya. Oleh sebab itu, tentunya kita harus bijak di dalam menerima segala macam informasi yang masuk sehingga informasi tersebut memang benar-benar informasi yang bermanfaat dan penting untuk penggunanya.

4. Konsentrasi yang semakin persita

Bisa dikatakan dan bisa dipastikan bahwa berkomunikasi dalam jaringan akan menyita banyak konsentrasi, baik dari sisi waktu maupun tempat. Kadangkala pula sejumlah pekerjaan akan tertunda dan terabaikan ketika kita sudah berkomunikasi di dalam jaringan karena begitu asyiknya. Oleh sebab itulah maka menjaga konsistensi terhadap waktu sangat penting supaya konsentrasi terhadap seluruh pekerjaan yang ada tetap terjaga.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai kelebihan dan kekurangan komunikasi dalam jaringan yang bisa saya ulas pada kesempatan yang baik ini. Setelah anda mengetahui sejumlah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki ketika kita berkomunikasi dalam jaringan, maka tentunya kita bisa mengambil sisi positif dan sisi negatif dari berkomunikasi di dalam jaringan tersebut. Dengan begitu, seluruh manfaat yang bisa didapat dari berkomunikasi didalam jaringan akan didapat secara maksimal. Akhir kata, selamat beraktivitas dan terima kasih atas kunjungannya.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan file server? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *