Home / Otomotif / Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Halogen

Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Halogen

Sebelum kita membahas mengenai kelebihan dan kekurangan lampu halogen, Mari kita Arahkan pembicaraan lampu halogen yang digunakan oleh sepeda motor maupun mobil. Hal tersebut tentunya dilatarbelakangi bahwa ketika kita sedang memperbincangkan sepeda motor ataupun mobil, pemakaian lampu jenis halogen adalah sebuah standar yang digunakan pada lampu utama.

Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Halogen

Tidak bisa kita pungkiri bahwa nyala lampu ataupun cahaya yang didapat dari lampu halogen lebih kuat dan terang serta lebih awet jika dibandingkan dengan penggunaan lampu biasa. Terdapat sejumlah jenis lampu halogen yang sering dipakai pada kendaraan baik motor maupun mobil, di antaranya adalah H1, H4, H3, H8, A7, H10, H9, H12, H11, serta H13.

Perlu kita ketahui bersama bahwa lampu halogen sebenarnya masuk ke dalam kategori jenis lampu pijar. Lampu halogen dibuat dengan teknik memperbaiki sistem kerja dari lampu pijar standar. Proses perbaikan kualitas lampu pijar yaitu dilakukan dengan cara mereduksi ataupun mengurangi terjadinya penguapan tungsten. Bahan kaca untuk lampu halogen dibuat dari kaca kuarsa yang tentunya tahan panas dan tips. Sementara itu di dalam kaca lampu halogen akan diisikan Sejumlah gas halogen sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga:   Apa Arti Dari Telolet Yang Sedang Naik Daun

Ketika Suhu yang berada pada kaca lampu halogen ada di bawah standar, maka lampu halogen tidak akan bisa melakukan pengikatan bagian uap tungsten. Hal ini tentunya akan berefek tungsten bisa menempel di bagian dinding kaca bagian dalam. Apabila hal tersebut terjadi secara terus menerus dan dalam waktu yang cukup lama, maka kondisi kaca lampu akan menghitam. Selain itu lampu halogen juga akan lebih mudah putus. Oleh sebab itulah maka kita mengetahui alasan kenapa lampu halogen tidak boleh langsung dipegang pada kacanya.

Apabila jari tangan kita menempel pada bagian kaca lampu halogen sudah bisa dipastikan akan meninggalkan bagian sidik jari yang rata-rata berupa lapisan lemak walaupun tipis. Lapisan lemak yang tertinggal pada bagian kaca lampu halogen tentunya akan menjadikan suhu pada permukaan kaca lampu halogen lebih dingin Apabila dibandingkan dengan bagian Permukaan kaca lainnya. Kondisi ini tentu dilatarbelakangi karena lemak yang menempel pada kaca lampu halogen tadi pada kondisi dimana suhu amat tinggi akan melebur, dan menyatu dengan bagian kaca yang terbuat dari quartz, yang mana hal tersebut tentu akan menjadikan koefisien muai dari kaca lampu halogen Yang terkena lemak berbeda dengan bagian kaca yang bersih.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Lampu HID

Kelebihan dan kelemahan lampu halogen

Sesuai dengan judul pada artikel ini, selanjutnya saya akan membahas mengenai Apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh lampu halogen. Berikut ini adalah ulasannya.

Kelebihan lampu halogen

Secara umum, lampu halogen merupakan lampu default yang sudah otomatis terpasang pada beberapa kendaraan baik sepeda motor maupun mobil. Asal mula pancaran lampu halogen sebenarnya berasal dari dalam tabung kaca lampu halogen yang didalamnya terdapat sejumlah kawat pijar serta gas halogen. Itulah mengapa, lampu halogen memiliki nyala yang jauh lebih terang dibandingkan dengan lampu pijar biasa.

Apabila kita tengok dari sisi harga, lampu halogen memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan lampu LED ataupun lampu HID. Disamping itu, jenis lampu halogen merupakan salah satu jenis lampu yang mudah sekali kita dapatkan di bengkel bengkel sepeda motor.

Kekurangan lampu halogen

Walaupun lampu halogen memiliki nyala dengan tingkat kecerahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan lampu pijar biasa, namun lampu halogen memiliki sejumlah kekurangan. Kekurangan yang pertama adalah dari sisi kebutuhan daya atau konsumsi listrik tentunya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan lampu pijar biasa.

Baca Juga:   Penyebab Lampu Sein Mati Lengkap Dengan Tahapan Berbaikan 100% Berhasil

Kadangkala, pada beberapa jenis sepeda motor ataupun mobil mengalami drop ketika menggunakan lampu halogen. Disamping itu, lampu halogen juga ternyata menimbulkan panas yang cukup besar Dimana hal tersebut berasal dari sejumlah kawat pijar yang berada di dalam tabung lampu halogen tersebut.

Itulah sedikit penjabaran mengenai kelebihan dan kekurangan lampu halogen yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Yang mungkin menjadi pertanyaan sekarang adalah Apakah pemakaian lampu halogen cukup efektif pada sebuah kendaraan baik sepeda motor maupun mobil? Jawabannya adalah cukup efektif karena nyala lampu halogen tentu lebih terang dibandingkan dengan lampu pijar biasa sehingga akan lebih membantu setiap pengendara di dalam Lihat kondisi pada bagian depan kendaraan mereka. Dengan adanya nyala lampu halogen yang lebih terang, maka tentu kegiatan berkendara akan semakin aman dan nyaman. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Sein Mati

Penyebab Lampu Sein Mati Lengkap Dengan Tahapan Berbaikan 100% Berhasil

Lampu sein tentunya memiliki peranan yang sangat penting, utamanya adalah untuk membantu pengendara memberikan isyarat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *