Home / Otomotif / Kelebihan Dan Kekurangan Lampu HID

Kelebihan Dan Kekurangan Lampu HID

Apakah anda sudah mengetahui apa itu lampu HID serta kelebihan dan kekurangan lampu HID tersebut? Lampu HID memiliki kepanjangan high intensity discharge yang mana lampu tersebut sudah memiliki sebuah teknologi yang bernama arus terukur sehingga dapat membuat sinar yang dihasilkan sangatlah terang. Lampu HID tersebut tentunya sangat efektif untuk menggantikan lampu standar sebuah kendaraan yang tentunya cahaya yang dihasilkan tidak begitu terang atau bahkan mengalami Pelemahan karena reflektornya yang mulai memudar.

Kelebihan Dan Kekurangan Lampu HID

Di pasaran, disediakan berbagai macam jenis lampu HID mulai dari HB 4, HB 3, H11, H8, H7, H4, H3, H1.Letak perbedaan dari setiap jenis lampu HID tersebut adalah pada bagian ballast yang dimilikinya. Lalu, apa sebenarnya ballast tersebut? Balas yaitu sebuah bagian pada lampu HID yang memiliki kegunaan untuk mengendalikan dan menyediakan tegangan listrik untuk lampu HID. Tentunya, bagian ini sangat berperan besar terhadap tingkat pencahayaan yang dipancarkan oleh lampu HID itu sendiri.

Kelebihan dan kekurangan lampu HID

Apakah anda sudah mengetahui bahwa ternyata lampu HID memiliki sejumlah kelebihan. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh lampu HID adalah sebagai berikut:

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Led Pada Motor
  1. Lampu HID mempunyai tingkat keawetan yang cukup lama serta tentu tidak cepat putus. Kondisi tersebut disebabkan karena adanya sebuah sistem ketahanan yang ada pada rangkaian lampu HID sehingga bisa tetap mempertahankan kondisi lampu selalu baik.
  2. Sinar lampu yang dipancarkan oleh lampu HID sangatlah terang apabila dibandingkan dengan jenis lampu standar pada sebuah kendaraan. Bahkan, apabila dibandingkan lagi dengan lampu LED, lampu HID ini tetap jauh lebih terang nyalanya.
  3. Apabila kita tengok dari kebutuhan daya listrik lampu HID tentunya menggunakan sumber listrik yang cukup hemat. Rata-rata konsumsi dari lampu HID terhadap daya berkisar antara 35 what yang mana untuk jenis lampu yang memiliki tingkat pencahayaan yang sama setara dengan lampu yang membutuhkan daya 100 watt.

Lalu, apa kekurangan dari lampu HID? Selain kelebihan diatas, lampu HID juga memiliki sejumlah kekurangan. Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh lampu HID adalah sebagai berikut:

  1. Apabila kita tidak bisa melakukan setting dengan benar pada lampu HID, maka tentu cahaya yang dihasilkan pada lampu HID tersebut akan sangat kuat sehingga bisa berdampak menyilaukan mata, terutama bagi pengendara yang berlawanan arus. Apabila hal tersebut terjadi, pengendara lain tentunya bisa mengalami kebutaan sementara sehingga tentu sangat membahayakan bagi dirinya dan juga bagi orang-orang yang berada disekitarnya.
  2. Kualitas yang dimiliki pada sejumlah lampu HID tentunya cukup berbeda-beda karena disebabkan banyaknya pabrik yang sudah memproduksi lampu HID. Pasaran, lampu HID dijual dengan berbagai macam merk. Sebagai contoh, ada lampu HID yang memang mampu menghasilkan cahaya yang sangat terang, namun ternyata cahaya tersebut tidak bisa untuk menembus tebalnya kabut ataupun hujan.
  3. Panas yang berlebihan bisa ditimbulkan dari nyala lampu HID. Panas tersebut tentunya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan panas yang dihasilkan oleh lampu standar. Efek samping dari munculnya panas berlebihan pada lampu HID adalah akan membuat bagian reflektor menjadi lebih cepat kusam.
  4. Harga untuk lampu HID bisa dikatakan cukup mahal dibandingkan dengan harga lampu standar baik pada sepeda motor ataupun pada mobil. Oleh sebab itu tentunya dibutuhkan biaya yang lebih tinggi untuk bisa membawa pulang lampu HID.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Halogen

Sekian penjabaran singkat mengenai kelebihan dan kekurangan lampu HID yang bisa saya ulas Pada kesempatan kali ini. Silahkan anda mempertimbangkan untuk membeli lampu HID yang nantinya bisa dipasang pada kendaraan sehingga aktivitas anda berkendara di malam hari akan lebih nyaman karena tingkat pencahayaan yang dimiliki oleh kendaraan Anda cukuplah baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Halogen

Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Halogen

Sebelum kita membahas mengenai kelebihan dan kekurangan lampu halogen, Mari kita Arahkan pembicaraan lampu halogen …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *