Home / Otomotif / Sepeda Motor / Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Led Pada Motor

Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Led Pada Motor

Di jaman sekarang ini, kebanyakan sepeda motor diproduksi sudah menggunakan lampu LED. Bahkan, tiga raksasa besar produsen sepeda motor mulai dari Honda, Yamaha serta Suzuki sudah menerapkan pemakaian lampu LED sebagai lampu standar pada sepeda motor produksi mereka. Salah satu contohnya adalah Honda yang memproduksi model Vario, Yamaha memproduksi nmax serta Suzuki memproduksi Satria F150 injeksi. Bisa dilihat bahwa penerapan teknologi lampu LED pada sepeda motor merupakan penerapan teknologi modern serta teknologi yang terbaru. Hanya saja, terdapat kelebihan dan kekurangan lampu LED pada motor yang perlu kita pahami bersama sehingga kita lebih bisa memaksimalkan penggunaan lampu LED pada sepeda motor tersebut.

Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Led Pada Motor

Nantinya, ketika kita sudah mengetahui sejumlah kelebihan dan kekurangan lampu LED pada motor maka kita bisa lebih berhati-hati untuk meminimalisir kekurangan yang dimiliki Pada lampu LED sekaligus memaksimalkan kelebihan yang dimiliki oleh lampu LED. Sebenarnya, bukan hanya lampu LED pada sepeda motor saja yang memiliki kelebihan dan kekurangan, namun untuk lampu yang lain seperti lampu HID juga memiliki kekurangan dan kelebihan.

Kelebihan dan kekurangan lampu LED pada motor

Berikut ini akan saya ulas pertama kali adalah kelebihan lampu LED pada sepeda motor. Silahkan anda perhatikan sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh lampu LED di sepeda motor sehingga Anda bisa lebih meningkatkan kemampuannya supaya mendapatkan penerangan yang lebih baik.

Kelebihan lampu LED pada motor

1. Keawetan terjamin

Karena penggunaan daya masuk ke kategori kecil maka akan membuat lampu LED lebih awet dan tentunya bahan cukup lama. Akan tetapi, beberapa waktu yang lalu saya pernah mendapatkan pertanyaan ” lampu LED pada motor saya kok cepat sekali mati?”. Pernyataan, setelah ditelusuri bahwa lampu LED yang dia miliki dipasang pada sepeda motor Honda Vario yang masih menggunakan karburator dimana sistem kelistrikan nya masih menggunakan arus AC.

Baca Juga:   Inilah Cara Memperbaiki Motor Berasap Paling Simpel

Sementara itu, lampu LED sebenarnya haruslah menggunakan arus DC. Ketika kita memaksakan lampu LED untuk dipasang pada sepeda motor yang menggunakan arus AC maka tentunya akan membuat lampu LED tersebut cepat mati. Apabila kita tengok lebih jauh sepeda motor apa saja yang sudah menggunakan lampu LED, maka ternyata sepeda motor tersebut sudah menggunakan sistem kelistrikan full DC. Sebagai contohnya adalah Honda CB150R, Honda Vario 125, CBR150R, GTR 150, serta CBR250RR.

2. Proses maintenance tidak terlalu ribet

Penggunaan lampu LED pada sepeda motor membutuhkan riset yang bisa dilakukan dalam jangka waktu sangat lama. Oleh sebab itulah, maka lampu LED memang sangat jarang diganti. Bentuknya berbeda dengan pemakaian lampu bohlam biasa yang kadangkala lebih cepat putus. Demikian juga pada penggunaan lampu halogen yang sama-sama masih menggunakan kawat ataupun filemen.

3. Cahaya yang dihasilkan lebih terang

Berdasarkan pengalaman ketika sepeda motor diganti lampunya menggunakan lampu LED akan didapat cahaya yang lebih terang dibandingkan dengan lampu bohlam biasa. Selain lebih terang, cahaya yang dipancarkan oleh lampu LED bisa lebih jauh jaraknya. Hal tersebut dilatarbelakangi karena lampu LED telah menggunakan sistem arus DC atau daerah Karang yang tentunya akan menghasilkan cahaya yang lebih stabil dan lebih terang. Berbeda dengan penggunaan arus AC yang kadangkala meredup dan kadangkala lebih terang tapi semuanya tergantung dari RPM sepeda motor itu sendiri.

4. Lebih tinggi di bidang efisiensi

Lampu LED memang dibuat berbeda dengan lampu bohlam biasa ataupun lampu halogen. Lampu LED dibuat seefisien mungkin sehingga membutuhkan daya yang sangat kecil. Hal tersebut tentu akan memiliki efek dimana panas yang ditimbulkan juga tidak terlalu tinggi atau bahkan tidak mengalami panas sama sekali. Hal tersebut tentunya akan menghindari reflektor cepat kusam atau bahkan meleleh.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Knalpot Bocor Paling Benar

Salah satu contoh penggunaan lampu LED yang sangat rendah adalah pada sepeda motor Honda Vario FI dimana pada spesifikasi lampu yang digunakan yaitu pada jarak pendek hanya membutuhkan daya 2,2 watt 2 kali Sedangkan untuk lampu jarak jauh hanya membutuhkan daya 4,4 watt 2 kali. Sementara itu arus yang dibutuhkan hanya sekitar 0,7 ampere. Berbeda dengan penggunaan lampu halogen yang tentunya memiliki kebutuhan daya berkisar antara 18 hingga 35 watt. Lain lagi ceritanya apabila menggunakan lampu berjenis H4 yang mana membutuhkan daya sekitar 55-60 Howard. Sangat berbeda jauh bukan?

5. Cahaya yang dihasilkan lebih fokus

Selain lampu LED memiliki cahaya yang cukup terang, sinar yang dipancarkan juga sangatlah fokus. Oleh sebab itulah, maka objek yang terkena sinar lampu LED akan lebih jelas.

Kekurangan lampu LED pada motor

Selain Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh lampu LED pada motor diatas, ternyata lampu LED juga memiliki sejumlah kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh lampu LED pada sepeda motor

1. Cahayanya yang terlalu silau.

Sebenarnya, lampu LED yang ditanamkan pada sepeda motor sudah didesain sedemikian rupa sehingga tidak silau, terutama apabila dilihat oleh pengendara lain yang berlawanan arus. Namun nyatanya, rasa silau ketika berpapasan dengan sepeda motor yang menggunakan lampu LED masih sangat terasa. Apalagi jika sepeda motor yang menggunakan lampu LED tersebut memiliki settingan dimana lampu LED yang menyala Jauh masih terlalu tinggi sehingga bisa langsung mengenai penglihatan dari pengendara yang ada di depannya.

2. Tidak mampu untuk menembus kabut ataupun hujan lebat

Ternyata lampu LED yang memiliki nyala lebih terang dan juga lebih putih tidak mampu untuk menembus kabut ataupun dalam kondisi hujan yang lebat. Demikian juga ketika sepeda motor menggunakan lampu HID, kondisinya tetap sama yaitu tidak bisa menembus kabut yang cukup tebal. Oleh sebab itu tentu dibutuhkan lampu kabut sehingga mampu menginformasikan kepada pengguna jalan lain tentang keberadaan kita.

Baca Juga:   Kekurangan Dan Kelebihan Lampu LED

3. Terjadinya gangguan pancaran ketika hari sedang hujan ataupun gerimis

Lampu jenis LED ataupun HID yang memiliki kekuatan cahaya diatas 6000 Kelvin rata-rata akan mengalami kesulitan didalam menerangi aspal yang sedang atau baru saja terkena hujan karena warnanya hitam. Hal tersebut berkebalikan dengan lampu bohlam biasa atau halogen yang mana akan dengan mudah menembus kelamnya aspal basah. Intinya, semakin putih warna dari lampu akan semakin susah menembus aspal yang berwarna hitam akibat baru saja terguyur hujan.

4. Harganya yang masih mahal

Apabila kebetulan lampu LED yang berada pada sepeda motor kita mengalami masalah, misalnya mati karena terjadinya konslet maka mau tidak mau kita harus menggantinya. Hanya saja ternyata harga lampu LED masih tergolong mahal dibandingkan dengan lampu standar ataupun lampu halogen. Bisa dikatakan, harga lampu LED bisa mencapai 5 kali harga lampu standar. Apalagi jika proses penggantian lampu LED juga lengkap dengan headlampnya. Maka tentu uang saku yang harus anda keluarkan akan lebih banyak lagi.

Itulah penjabaran singkat mengenai kelebihan dan kekurangan lampu LED pada motor yang bisa saya ulas spesial untuk anda. Mudah-mudahan, artikel mengenai lampu led sepeda motor ini mampu Memberikan pengetahuan baru bagi anda para pengguna sepeda motor yang hendak beralih dari lampu standar atau halogen ke lampu LED. Selamat bereksperimen, semoga sukses dan anda bisa mendapatkan sepeda motor dengan tingkat pencahayaan yang cukup baik.

Artikel menarik lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi, maka marilah kita terlebih dahulu membahas pengertian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *