Home / Elektronika / Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Pijar Pada Kendaraan

Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Pijar Pada Kendaraan

Lampu pijar adalah salah satu jenis lampu konvensional yang sudah ditemukan sejak dahulu kala. Tentunya Banyak kelebihan dan kekurangan lampu pijar baik penerapan pada rumah maupun pada kendaraan. Secara umum teknik dalam memproduksi lampu pijar baik pada kendaraan maupun pada pemakaian rumah adalah sama. Di dalam lampu pijar terdapat kawat filamen yang nantinya akan berpijar atau menyala ketika ada aliran listrik.

Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Pijar

Di masyarakat, lampu pijar juga masih banyak digunakan. Masih mudah kita temukan sejumlah rumah yang menggunakan lampu pijar. Hal tersebut juga berlaku pada kendaraan baik mobil maupun sepeda motor di mana lampu utama yang menggunakan lampu pijar juga masih cukup banyak. Salah satu yang menyebabkan lampu pijar memiliki banyak pengguna diantaranya adalah bahwa lampu pijar merupakan lampu yang paling umum dikenal oleh masyarakat Indonesia. Disamping itu, harga Yang dimiliki oleh lampu pijar juga cukup murah sehingga lampu jenis ini masih menjadi favorit pada masyarakat secara umum.

Kelebihan dan kekurangan lampu pijar pada kendaraan

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas kelebihan dan kekurangan lampu pijar pada kendaraan. Namun, sejumlah kelebihan dan kekurangan lampu pijar yang ada pada kendaraan juga sebenarnya sama saja dengan kelebihan dan kekurangan lampu pijar Pada jenis lampu yang digunakan untuk penerangan rumah. Berikut ini adalah ulasannya.

Baca Juga:   Cara Memasang AVR Pada Genset

Beberapa kelebihan lampu pijar:

  1. Secara umum, cahaya yang dimiliki oleh lampu pijar tidak akan mengubah warna asli dari objek yang disini nya. Hal tersebut dikarenakan lampu pijar memiliki sebuah nilai yang bernama ” color rendering index”
  2. Lampu pijar mempunyai berbagai macam bentuk namun secara fisik lampu pijar merupakan lampu yang sangat sederhana.
  3. Lampu pijar sangatlah menarik dan sangat praktis pada proses pemasangannya.
  4. Lampu pijar masih sangat mudah didapat di toko toko elektronika serta memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga lampu neon ataupun lampu LED
  5. Lampu pijar merupakan salah satu jenis lampu yang bisa langsung menyala ketika teraliri arus listrik
  6. Lampu pijar bisa diatur terang dan redup nya dengan menggunakan alat yang namanya Dimmer
  7. Lampu pijar bisa di fokuskan cahayanya

Kekurangan dari lampu pijar:

  1. Efisiensi dari lampu pijar sangatlah rendah. Hal tersebut dikarenakan energi yang digunakan untuk menyalakan lampu pijar tersebut hanya 10% yang diubah ke cahaya. Sementara itu, sisanya diubah ke energi panas.
  2. Tingkat efikasi Pada lampu pijar juga sangatlah rendah, yaitu hanya berkisar 12 lumen setiap watt.
  3. Umur nyala dari lampu pijar sangatlah pendek, bahkan paling pendek diantara beberapa jenis lampu yang lainnya. Berdasarkan pengalaman, umur lampu pijar hanya sekitar 1000 jam.
  4. Lampu Pijar sangat sensitif terhadap perubahan tegangan. Apabila ada kenaikan tegangan, maka nyala lampu pijar akan berubah menjadi lebih terang. Begitu juga sebaliknya, Apabila ada penurunan tegangan, maka cahaya dari lampu pijar akan meredup.
  5. Nyala lampu pijar juga cukup Silau karena berasal dari kawat filamen yang menyala di bagian dalamnya.
Baca Juga:   Inilah Cara Membuat Rangkaian Flip Flop Sederhana

Demikianlah sedikit ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan lampu pijar baik pada kendaraan maupun pada penggunaan rumah. Intinya, kelebihan dan kekurangan pada sebuah lampu pijar adalah sama baik pada penggunaan kendaraan di mobil maupun motor serta pada rumah biasa. Mudah-mudahan, artikel pada kesempatan yang baik ini mampu memberikan wawasan baru bagi pengunjung sekalian terutama bagi yang sekarang ini sedang mencari informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari lampu pijar. Terima kasih dan selamat belajar

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Di dunia elektronika, istilah elektromagnet bukanlah merupakan hal baru. Akan tetapi, bagi masyarakat umum tentunya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *